Laman

Senin, 22 Agustus 2016

JOE STRUMMER


Dilahirkan dengan nama John Graham Mellor, pada 21 Agustus 1952 di Ankara, Turki, dia dikenal sebagai seorang musisi, penyanyi, aktor dan penulis lagu yang merupakan pendiri, penulis lirik, ritem gitaris dan vokalis utama dari band punk rock, The Clash, yang dibentuk pada 1976 sebagai bagian dari the original wave of British punk. Musik mereka juga mencampur elemen-elemen dari reggae, ska, dub, funk, rap, dan rockabilly. The Clash merupakan salah 1 band yang paling produktif di punk rock scene di UK, album kedua mereka, Give "Em Enough Rope (1978) mencapai no. 2 di UK chart. Kemudian, mereka mencapai sukses di AS, mulai dengan London Calling (1979), dan puncaknya dengan Combat rock pada 1982, mencapai no. 2 di US chart dan diberi sertifikasi 2x platinum disana. Lirik yang politis, eksperimen musik dan sikap pemberontak milik The Clash menjadi pengaruh besar dalam musik rock, terutama di alternative rock.


Pengalaman musikalnya termasuk menjadi anggota dari the 101ers, Latino Rockabilly War, the Mescaleros dan the Pogues, dan juga karir solonya. Karya Joe sebagai musisi membuatnya dapat mengeksplorasi bidang lainnya, termasuk akting, membuat musik film untuk tv dan layar lebar, menulis lagu, penyiaran di radio, dan sebuah posisi sebagai penyiar radio. Joe adalah salah seorang sosok ikonik dalam gerakan Britsih punk.


Joe meninggal mendadak pada 22 Desember 2002 di rumahnya di Broomfield di Somerset, korban dari penyakit jantung yang tidak terdiagnosa. Rumahnya bernilai seharga dibawah 1 juta pound, dan dia meninggalkan semua uangnya kepada istrinya, Lucinda. Joe dikremasi dan abunya diberikan kepada keluarganya.

Joe dan the Clash dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada Januari 2003. Untuk mengenangnya, teman-teman dan keluarganya telah mendirikan Strummerville Foundation untuk promosi musik baru, dan tiap tahun diadakan festival-festival dan diadakan perayaan secara spontan untuk mengenangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...