Laman

Kamis, 04 Agustus 2016

STEPHEN CARPENTER




Lahir pada 3 Agustus 1970 di Sacraemento, California, dari dari ayah Amerika dan ibu Meksiko. Dia mempunyai seorang adik perempuan, Marci. Dia tumbuh di wilayah Sacramento dan mempunyai banyak hobi, antara lain skateboarding.


Saat Carpenter berusia 15 tahun, dia tertabrak mobil saat bermain skateboard. Dia menggunakan kursi roda selama beberapa bulan. Saat itulah dia mulai belajar bermain gitar dengan mendengarkan musik band-band seperti Anthrax, Stormtroopers of Death dan Metallica. Dilaporkan bahwa pengemudi itu meberi Carpenter uang tunai sebagai ganti rugi yang membuat band bisa membeli peralatan, tapi drummer Abe Cuningham berkomentar dalam sebuah wawancara bahwa itu adalah “sebuah mitos tentang cara band kami dimulai”.


Carpenter belajar di McClatchy High School dengan rekan band masa depan Chino Moreno dan Abe Cunningham. Mereka adalah teman masa kecil dan tetap berteman melalui skena skateboard di Sacramento. Saat Moreno mengetahui Carpenter bermain gitar, dia memulai latihan dengan Cunningham dan ketiganya mulai secara rutin bermai di garasi milik Carpenter sebelum 1989. Setelah bermain dengan beberapa bassis, band mantap dengan Chi Cheng dan dalam dua tahun band mulai bermain di klub-klub dan kemudian mengembangkan wilayah permainan mereka ke San Fransicco dan Los Angeles dimana mereka bermain dengan band-band seperti Korn.


Hubungannya dengan penyanyi utama Deftones dan rekan seband Chino Moreno dianggap sebagai kacau pada suatu masa. Akhirnya, rekaman dari Saturday Night Wrist adalah puncak dari “peperangan” mereka. Dengan hubungan pada rasa musik, Saturday Night Wrist digambakan sebagai “lebih agresif’ dan menjadi “lebih agresif untuknya (Chino)”; Carpenter berkata dia “sangat gembira untuk membawanya ke tingkatan selanjutnya, tapi hal itu meminta sangat banyak saat ini.” Dia adalah sepupu pertama penyanyi Testament, Chuck Billy.

Stephen mengaku sangat terpengaruh oleh musik hip hop, tapi selain hip hop, Meshuggah, Fear Factory, Metallica, Slayer, Anthrax, dan Faith No More adalah beberapa pengaruhnya. Dia juga menyatakan bahwa album favoritnya adalah Chaosphere oleh Meshuggah, mengatakan: “Rekaman yang paling brutal yang pernah saya dengarkan, dari detik pertama hingga detik terakhir. Rekaman itu membuat saya heran dimana saya selama ini.” Saat merekam Diamond Eyes milik Deftones, dia mengklaim bahwa satu-satunya artis yang dia dengarkan adalah raper Amerika Tech N9ne.

Carpenter adalah anggota dari proyek musik electronic Sol Invicto, dipimpin oleh Richie (alias Richie Londres) dengan Tech Itch. Band merilis EP debutnya, Initium pada 2011 secara gratis. EP kedua band, Initium II dirilis pada 2013 via laman SoundcLoud resmi band, grup merilis Initium III lagu per lagu hingga rilisan vinyl yang direncanakan pada awal 2015.

Carpenter terlibat dalam band rap metal Kusg, menampilkan Christian Ode Wolbers dan Raymond Herrera dari Fear Factory dan B-Real dari Cypress Hill. Album debut milik band, yang direncanakan dirilis pada 2003, tidak pernah dirilis.

Stephen juga bermain drum. Dalam sebuah wawancara dengan Guitar.com dia melaporkan bahwa dia sukda drum lebih dari dia menyukai gitar, “sepanjang hal itu menciptakan ide.” Juga dalam kemampuan permainan drumnya, dia berkata: “Saya bermain drum. Tapi saya bermain drum seperti seorang pemain gitar, jika hal itu masuk akal. Saya tidak bermain drum seperti seorang drummer, dimana seorang drummer memiliki kemampuan untuk memanipulasi perangkat itu ke dalam dimensi yang berbeda. Saya tidak bisa melakukannya. Saya bermain langsung ke riff dan saya tidak menunda-nunda. Saya bisa bermain sedikit drum dalam sebuah sesi latihan, tapi saat menulis lagu sebagai drummer, saya tidak bisa. Bagi saya, sebuah tempo dapat menjadi ketukan yang sama dalam setiap lagu, saat menjadi lagu. Sungguh, anda hanya harus merubah tempo kembali ke riff.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...