Laman

Minggu, 14 Agustus 2016

IAN HAUGLAND




Lahir dengan nama Jan-Håkan Haugland pada 13 Agustus 1964 di Storslet, Nordreisa, Norwegia, yang dikenal sebagai drumer untuk band rock asal Swedia, Europe. Saat dia berusia 8 bulan, dia dan keluarganya pindah ke kawasan Marsta di Swedia. Dia bergabung dengan Europe pada musim panas 1984, menggantikan Tony Reno. Sebelumnya Ian telah bermain di sejumlah band, antara lain Trilogy, dimana bassis Candlemass Leif Edling menjadi vokalis, dan Yngwie Malmsteen's Rising Force. Dia muncul pertama kali di album Europe "The Final Countdown".

Setelah Europe hiatus pada 1992, Ian melakukan rekaman dan tur dengan band-band seperti Brazen Abbot, Clockwise, Last Autumn's Dream, sesama kolega Europe John Norum dan mantan vokalis Black Sabbath/Deep Purple Glenn Hughes. Pada 1998 Ian merekam sebuah cover version lagu Black Sabbath "Changes", untuk album tribute Ozzy Osbourne, Ozzified. Saat dia tidak melakukan tur dan rekaman, dia bekerja sebagai penyiar radio 106,7 Rockklassiker di Stockholm dan setelah itu dia bermain drum di dalam studio.



Secara musikal dia terpengaruh oleh Deep Purple, Rush, Aerosmith, Black Sabbath, The Sweet, Nazareth, Kiss, Rainbow. Permainan dramnya terpengaruh oleh Cozy Powell.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...