Laman

Rabu, 31 Agustus 2016

DAVE BROCKIE "ODERUS URUNGUS"



Dilahirkan dengan nama David Murray Brockie pada 30 Agustus 1963 di Ottawa, Ontario, Canada.

Brockie menggambarkan Oderus Urungus, vokalis Gwar, dari awal pembentukan Gwar pada 1984 sampai kematiannya. Oderus muncul sebagai barbar humanoid intergalaksi dengan tanduk setan dan wajah gemuk, dan membawa pedang panjang bernama "Unt Lick" dan cumi-cumi di sekitar pinggangnya.

Menurut latar cerita karakter, Oderus Urungus berusia 50 miliar tahun, dan dirakit di planet yang bernama Scumdogia di "Syntho Rahim 5" setelah potongan dari bingkai perang berjamur itu ditemukan tersebar di seluruh galaksi. Teman sejatinya adalah cumi-cumi miliknya, meskipun hilang untuk waktu yang singkat ia kembali ke tempat peristirahatan yang sebenarnya, yang ditempatkan secara strategis di pinggangnya. Menurut wawancara, ayah Oderus adalah sebuah superkomputer, dan ibunya adalah sebuah cawan petri. Selama pembacaan "Goodnight Moon," Oderus mengungkapkan bahwa ia dilahirkan dalam sebuah arena gladiator, selama waktu dimana ia diberi pedang, dan berjuang dalam serangan "slowtards" yang mencoba memperkosanya. Hal ini dijelaskan dalam lirik "Fire in the Loins" (dari Ragnarok) bahwa Slymenstra Hymen adalah adiknya, tapi ini tidak pernah sepenuhnya dijelaskan.



Oderus Urungus adalah satu-satunya karakter yang telah ada di setiap inkarnasi Gwar, setelah memulai sebagai gitaris, kemudian pindah ke bass, dan akhirnya vokal utama.

Seperti semua karakter Gwar, Oderus mengalami beberapa perubahan desain sejak awalnya. Dia pertama kali dimulai sebagai karakter yang relatif tampak normal dengan helm bubur kertas dengan paku yang tampaknya terbuat dari aluminium foil. Hal ini pada akhirnya berkembang menjadi wig karet. Pada akhir 1980-an Brockie, bersama dengan Chuck Varga, menciptakan topeng desain asli yang kini terkenal. Setelah Hell-O!, Ia menambahkan bantalan bahu besar. Ini relatif tidak berubah (kecuali untuk bahan yang digunakan) sampai 1994, ketika Brockie bereksperimen dengan gaya baru - lengan kiri menyerupai tentakel yang sangat bermutasi. Perubahan itu tidak berlangsung lama, dan pada akhir tahun, desain kembali ke bantalan bahu berbentuk helm Jerman era Perang Dunia I. Versi ini dapat ditemukan dalam video "Saddam A Go-Go" dari film "Rendezvous With Ragnarok". Pada 2001, setelah pembuatan film "It's Sleazy", Brockie mendesain ulang bantalan bahu untuk desain mereka saat ini - dua tengkorak dengan pisau berbentuk lebih panjang. Wajah rusak relatif tidak berubah sejak 1988, dengan penambahan sedikit dibuat pada 2001 (desain ulang Oderus dalam kerjasama dengan album Violence Has Arrived yang bertema kekerasan abad pertengahan, dirilis pada November tahun itu) - dua tanduk, dengan panjang kira-kira enam atau tujuh inci (178 mm).

Untuk album dan tur Beyond Hell keduanya mendahului dan meneruskan album tersebut, topeng Oderus sekali lagi didesain ulang. Tampil lebih berantakan dan menyimpang dari topeng sebelumnya, dan ada daging terlihat di dahi dan topeng memiliki warna yang lebih terang. Tambahan lainnya adalah bahwa jenggot lebih lebat dan lebih besar dan memiliki warna merah dan hijau menxolok di dalamnya. Topeng Oderus terbaru memiliki tanduk panjang dan tulang pipi yang lebih menonjol.

Sebagai ujung tombak untuk band, Dave Brockie adalah yang paling sering diwawancarai antara anggota grup (bergantian antara dirinya dan Oderus Urungus). Semua penampilan televisi utama Gwar menampilkan Dave memerankan Oderus.

Oderus muncul secara semi-rutin pada acara talk show Fox News tengah malam Red Eye w/ Greg Gutfeld sebagai Koresponden intergalaksi dari 8 Juli 2009, sampai dengan 30 September 2010.



Pada 3 April 2012, sit-com televisi Holliston menayangkan perdana televisi dunianya di jaringan televisi kabel FEARnet. Dibuat oleh pembuat film horor Adam Green (Hatchet, Frozen), seri ini dibintangi Dave Brockie dalam karakter "Oderus Urungus" sebagai teman alien khayalan pimpinan seri Adam Green dan malaikat penjaga yang tinggal di lemarinya. Dalam setiap episode, setiap kali "Adam" menghadapi masalah pribadi, "Oderus" akan keluar dari lemarinya dan memberikan nasehat yang lucu dan sangat sesat, seringkali menyebabkan "Adam" makin memiliki masalah yang bahkan lebih buruk. Seri ini juga menampilkan ikon heavy metal Dee Snider dari Twisted Sister. Holliston adalah sukses instan dengan horor dan penggemar metal dan musim kedua mendapatkan titik cerah setelah episode kedua ditayangkan. Musim kedua dari Holliston mulai ditayangkan di televisi pada 4 Juni 2012, dan memberikan seri ini sebagai sukses besar. Brockie melaukan tur dan tampil dengan sesama rekannya sebagai "Oderus Urungus" di banyak pertunjukan live dari Holliston di seluruh Amerika Serikat pada 2012 dan 2013. Green juga tampil di panggung dengan Gwar beberapa kali ketika band memperkenalkan dia selama penampilan encore mereka. Seluruh pemeran Holliston dibunuh di atas panggung dan diumpankan ke dunia belatung dan penggiling daging Gwar di beberapa pertunjukan AS. Musim ketiga Holliston sedang ditulis oleh Green ketika Brockie meninggal pada Maret 2014. Ketika ditanya dalam wawancara baru-baru ini tentang bagaimana dia akan mengatasi hilangnya Brockie dan apakah Holliston memang akan terus berlanjut atau tidak, Hijau menyatakan, "Saya terlalu patah hati atas kehilangan teman dan saudara saya untuk berpikir tentang itu sekarang." Green mengatakan dia akan fokus pada proyek-proyek film terbarunya yang lain sampai ia secara emosional siap untuk mengalihkan perhatiannya kembali ke serial TV-nya dan bahwa "namun hal itu mungkin akan membawa saya dalam waktu yang lama." Seorang penggemar Gwar selama 25 tahun dan salah satu teman terdekat Brockie, Green menganggap kematian Brockie ini sangat sulit. Green bergabung dengan Jello Biafra dan Randy Blythe di panggung sebagai salah satu pembicara pada peringatan publik Brockie di Richmond, Virginia pada Agustus 2014 dimana ia menyampaikan pidato selama 15 menit kepada orang banyak dan juga memberikan pidato publik di blog-nya pada www.ariescope. com yang menampilkan audio penuh pesan suara akhir Brockie kepadanya. Dalam pesan suara, Brockie memanggil Green dari tur Gwar di Australia hanya untuk mengatakan, "Saya merindukan keluarga Holliston saya dan saya mencintaimu ... seperti seorang adik. Aku sangat mencintaimu."

Pada 2012, ia bergabung dengan dewan hakim the 11th annual Independen Music Awards untuk membantu karir musisi independen.

Pada tahun 1990, Brockie ditangkap oleh polisi karena "kecabulan" setelah konser di Charlotte, North Carolina, yang hampir menyebabkan dia dideportasi (Brockie, pada saat itu, adalah seorang warga negara Kanada dan tidak memiliki SIM), dilaporkan membawa cumi-cumi ke tahanan sebagai "bukti." Pada akhirnya, Brockie tidak dideportasi.

Penangkapan ini ditulis dalam mitologi Oderus Urungus. Oderus mendapatkan kesulitan kemanapun ia pergi, termasuk satu contoh di mana, menurut cerita dari album America Must be Destroyed dan film Phallus in Wonderland milik Gwar, Corporal Punishment of The Morality Squad melepaskan dan menyebut penis miliknya (Oderus), the Cuttlefish of Cthulhu. Hal ini dirinci dalam lagu "Ham On The Bone" (meskipun lagu ini mendahului kejadian tersebut dengan lebih dari satu tahun, itu sesuai dengan konteks cerita yang sempurna). Sejak kejadian itu, Oderus telah membuat sebuah titik untuk muncul dengan cumi-cumi bila memungkinkan (meskipun beberapa tur menyebutnya "ikan", tur beriktunya milik Gwar telah menggunakan cumi-cumi yang dirancang ulang sebagai sarana untuk menyemprot penonton dengan berbagai cairan).

Meskipun ia adalah vokalis dari Gwar, Dave Brockie memainkan instrumen lain dengan band. Posisi aslinya adalah sebagai salah satu dari (tiga) gitaris, meskipun anggota Slave Pit lainnya (serta Brockie sendiri) mengklaim bahwa ia adalah seorang gitaris yang sangat payah. Don Drakulich, alias Sleazy P. Martini, telah memberikan jawaban yang sama di bagian "Ask Sleazy" dari Bohab Central (situs penggemar Gwar yang terbesar), bahkan sejauh mereka mengatakan bahwa semua bagian gitar Brockie pada Let There Be Gwar telah dihapus.

Namun, sebagai pemain bass, Brockie bernasib jauh lebih baik. Di video konser Live From Antarctica, Oderus bermain bass pada "Cool Place To Park," sementara Michael Bishop (Beefcake the Mighty pada saat itu) menyanyi - meskipun Bishop mampu bernyanyi dan bermain pada saat yang sama, bergerak dan melompat yang membuat yang tidak mungkin. Brockie juga bermain bass pada lagu "Eat Steel" dan "Fight", di album This Toilet Earth milik Gwar (kedua trek ini menampilkan Beefcake milik Bishop pada vokal). Selain itu, Brockie bermain bass untuk X-Cops, serta Dave Brockie Experience.

Pada Minggu 23 Maret 2014, Brockie ditemukan tewas, tubuhnya duduk tegak di kursi di rumahnya, oleh seorang anggota band. Penyebab kematian ditetapkan sebagai overdosis heroin. Manajemen Gwar menegaskan laporan awal dari kematian Brockie pada situs resmi Gwar pada 04:00 pada tanggal 24 Maret dan berita kematian Brockie menyebar dengan cepat dengan banyak sesama rekan musik dan rekan band menanggapi melalui media sosial. Mike Bishop, mantan anggota Gwar dan penggantinya pada vokal, adalah salah satu yang pertama untuk mengkonfirmasi kematian Brockie ini.

Berita kematian Brockie ini menyebar sangat cepat melalui komunitas metal, dengan banyak penggemar dan sesama musisi meluangkan waktu untuk menghormati kenangannya, termasuk vokalis Lamb of God Randy Blythe, vokalis Foo Fighters Dave Grohl, dan penulis The Daily Beast Andy Hinds. Oderus Urungus diberi pemakaman Viking tradisional dalam sebuah peringatan publik sebelum acara tahunan GWAR-BQ 5 pada 15 Agustus 2014.

Setelah kematian Brockie ini, petisi penggemar dimulai untuk membujuk para pengembang Mortal Kombat X untuk menyertakan Urungus ke dalam permainan sebagai penghormatan kepada Brockie. Selain itu, petisi kedua dibuat untuk membujuk para pengembang Killer Instinct untuk menyertakan Oderus.

Sebagai bagian dari mitologi kompleks band, pada Gwar Eternal Tour, Mr. Perfect mengatakan pada Gwar bahwa ia mencuri keabadian Oderus Urungus dan menusukkan dia di pedangnya sendiri.

Brockie meninggalkan ayahnya, William Brockie.

Pada April 2015, William Brockie mengajukan gugatan di Richmond, Virginia, Circuit Court terhadap anggota band yang masih hidup dan perusahaan manajemen mereka, Slave Pit Inc., mencari, "... $ 1 juta dalam kompensasi kerusakan, ganti rugi kerusakan, dan ganti-rugi atas klaim konversi, pelanggaran kontrak, dan penggunaan yang tidak sah dari citra David Brockie."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...