Laman

Sabtu, 06 Agustus 2016

ANGRY ANDERSON




Dilahirkan di Melbourne, Victoria, Australia, pada 5 Agustus 1947, dengan nama Gary Stephen Anderson, dari ayah Australia dan ibu Mauritius. Dia mempunyai seorang kakak yang tinggal di Melbourne bernama Rodney. Julukan "Angry Ant' didapat saat dia masih remaja karena sifatnya yang agresif dan suka kekerasan. Anderson tumbihan di pinggiran kota Coburg dan belajar di Coburg Technical School sebelum bekerja di sebuah pabrik. Awalnya dia ingin menjadi seorang gitaris blues. Anderson menemukan dirinya dalam sebuah band dengan tiga orang gitaris dan “dua orang lainnya lebih bagus dari saya, maka satu-satunya yang kami perlukan adalah seorang penyanyi… kami harus menyanyikan ‘Twist and Shout’ tanpa persiapan. Saya langsung bisa menguasainya.”


Dari 1971 hingga 1973, Anderson memimpin grup rock Peace Power and Purity dan mendapatkan pengenalan secara luas sebagai vokalis dengan Buster Brown. Dia memimpin band hard rock dan blues rock ini dari awal berdirinya pada 1973, lineup asli termasuk Phil Rudd pada drum, yang pergi pada 1974 untuk bergabung dengan AC/DC. Pada 1975, Buster Brown merilis sebuah album, Something to Say, di Mushroom Records/Festival Records sebelum bubar pada November tahun itu.


Pada 1976 di Sydney, Rose Tattoo dibentuk oleh Peter Wells dari band heavy metal Buffalo. Anderson sudah pindah ke Sydney dan menggantikan penyanyi asli grup ini Tony Lake. Sat drummer mereka Michael vandersluys pergi tidak lama setelah itu, dia digantikan oleh Dallas Royall, yang menjadi pengganti Rudd di Buster Brown. Single paling terkenal mereka di Australian Kent Music Report Singles Chart adalah “Bad Boy for Love” dari 1977, yang mencapai No. 19. Tur 1981 Rose Tattoo di Eropa termasuk sebuah penampilan di Reading Festival, dimana Anderson secara berulang membenturkan kepalanya ke tumpukan ampli hingga pelipisnya mulai berdarah.

Debut Anderson sebagai seorang aktor adalah peran kecil di Bullamakanka (1984). Pada 1985, dia muncul sebagai sebuah karakter Ironbar Bassey dalam film Mad Max Beyond Thunderdome. Kemudian tahun itu, Anderson bergabung sebagai vokalis tamu dengan The Incredible Penguins, untuk sebuah cover dari “Happy Xmas (War Is Over)”, sebuah proyek amal untuk riset pada penguin kecil, yang mencapai No. 11 pada Desember. Pada 1987, dia memainkan Lenin dalam musikal, “Rasputin”, di State Theatre di Sydney.

Anderson memimpin Rose Tattoo selama enam album studio hingga pembubaran grup pada 1987, dimana pada saat itu dia adalah satu-satunya anggota yang tersisa dari lineup awal. Selama 1986, saat Rose Tattoo menurun menyusul rekaman dari Beats from a Single Drum, Anderson bergabung dengan The Party Boys untuk tur Australia, tapi tidak rekaman dengan mereka. Pada saat ini Anderson sudah memantapkan dirinya sebagai seorang penasehat pada masalah sosial dan muncul secara rutin di acara Channel Nine, The Midday Show with Ray Martin dan A Current Affair sebagai seorang reporter yang berhubungan dengan manusia.

Pada 1987, Anderson memiliki hit terbesarnya, saat balada “Suddenly” dari album, Beats from a Single Drum, digunakan sebagai tema pernikahan untuk episode Neighbour dimana karakter terkenal Scott Robinson dan Charlene Motchell menikah. Karakter Mitchell diperankan oleh penyanyi pop, Kylie Minogue, yang merilis single debut miliknya pada Juli sebagai sebuah cover dari “Locomotion.” “Locomotion” ada di nomor satu di tangga lagu Australia yang menghalangi “Suddenly” untuk mencapai puncak tangga lagu. Beats from a Single Drum direncanakan sebagai rilisan solo debut Anderson, tapi awalnya sudah dianggap sebagai album Rose Tattoo karena masalah kontrak; namun, setelah kesuksesan “Suddenly”, album itu dirilis ulang pada 1988 sebagai album solo Angry Anderson. Pada November 1988, single itu mencapai nomor tiga di UK Singles Chart setelah episode itu diudarakan disana. Pada 2009, untuk mengenang pada saat ini, lagu ini ditampilkan di episode final dari komedi BBC Gavin & Stacey, selama pernikahan dari karakter Nessa dan Dave.

Dengan pembubaran Rose Tattoo, Anderson berkonsentrasi pada karir solonya, merilis album Blood from Stone pada 1990 yang memiliki single hit No. 11 “Bound for Glory.” Dia menampilkan lagu itu selama sebelum pertandingan hiburan di AFL Grand Final 1991 antara Hawthorn dan West Coast, muncul di atas sebuah Batmobile. Pada 1992, Anderson berakting di acara bergaya arena Australia dari Jesus Christ Superstar sebagai Herod. Pada Australia Day (26 Januari) 1993, dia menjadi Member of the Order of Australia. Juga tahun itu, Rose Tatto melakukan reuni untuk mendukung Guns N’ Roses di jadwal Australia dari Use Your Illusion mereka, Guns N’ Roses secara khusus meminta Rose Tattoo untuk mendukung mereka di Australia. Namun reuni itu hanya sebentar dan para anggota band kembali ke proyek solo mereka.

Rose Tattoo berkumpul kembali pada 1998 dan mengadakan tur Australia. Grup ini terus tampil meskipun lima mantan anggota band Rose Tattoo meninggal karena kanker: Dallas Royall (1991), Peter Wells (2006), Ian Rilen (2006), Lobby Lloyde (2007), dan Mick Cocks (2009). Pada 16 Agustus 2006, Rose Tattoo dilantik ke dalam the Australian Recording Industry Association (ARIA) Hall of Fame.

Pada awal 2000an, Anderson berpartisipasi dan mengatur sejumlah acara amal. Pada 2002, Anderson bermain dengan mantan anggota dari The Angels di konser Bali Relief di Perth, Western Australia yang diadakan untuk membantu para korban pemboman Bali. Anderson terlibat dalam Dunn Lewis Youth Development Foundation, yang melestarikan warisan 2 dari 88 orang Australia yang menjadi korban pengeboman. Pada 2003, Anderson muncul dalam sebuah peran cameo sebagai karakter Kris Quaid di film independen Australia Finding Joy. Pada akhir film, dia menyanyikan hit miliknya “Suddenly.”

Pada 2011, Anderson muncul dalam sebuah peran tamu di film Australia Suite for Fleur, sebagai Silas, ayah Fleur, seorang tukang kayu dan pembuat perabotan rumah tangga di Byron Bay. Pada Desember, Anderson bergabung dengan Doc Neeson – The Angels, Mark Gable – The Choirboys, Buzz Bidstrup – The Angels, Phil Emmanuel dan Matt Sorum (drummer Velvet Revolver) di panggung untuk merayakan pembukaan dari Hard Rock CafĂ© di Darling Harbour. Pada Januari 2012 Anderson mengumumkan bahwa Rose Tattoo akan dibubarkan – dia adalah anggota dari National Party dan diharuskan menggunakan nama lahirnya, Gary, untuk “political expediency” saat menjadi seorang kandidat di pemilihan federal berikutnya.

Pada 2014, Anderson tampil di seri televisi sukses milik 7mate Bogan Hunters sebagai salah satu dari delapan hakim selebritis. Kemudian tahun itu, Anderson mencatatkan sebuah peran di film Fat Pizza vs. Housos. Film ini ditayangkan di bioskop Australia pada 27 November 2014 dan seterusnya.

Biografi 1994 milik Angry Anderson, Angry – Scarred for Life, penulis Karen Dewey menggambarkan kehidupannya sebagai “Sexually, physically and mentally abused he broke the brutal family pattern to become a besotted, devoted father of four.” Anderson menggambarkan betapa “terdapat kekerasan secara fisik dan emosi dalam keluarga” dan seorang teman keluarga mulai melecehkannya secara seksual mulai usia 5 tahun.

Pada 1982, sebelum salah satu tur Eropa milik Rose Tattoo, Anderson bertemu Lindy Michael. Putri pasangan itu, Roxxane lahir pada 1983. Anderson menikahi Michael pada Januari 1986, pasangan ini juga memiliki tiga putra, Galen, Blaine dan Liam. Pada 2002, Anderson dan Michael bercerai. Anderson adalah seorang ayah tunggal dari empat anak, dan tinggal di pinggiran Sydney dari Beacon Hill. Walaupun dia tidak percaya dengan Tuhan manapun dia hadir di kuil Baha’’ secara rutin, “secara spiritual saya sudah menyerahkan diri saya pada kekuatan yang tinggi.”

Telah menyaksikan kanker merenggut hidup kelima rekan bandya di Rose Tattoo (Dallas Royal, Peter Wells, Ian Rilen, Lobby Lloyde dan Mick Cocks), Anderson menjadi seorang penasehat untuk kesehatan pria. Dia muncul di kampanye TV mempromosikan kepeduian akan kanker prostat. Anderson memiliki tinggi 5 ft 1.5in (156 cm).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...