Laman

Minggu, 07 Agustus 2016

ALLAN HOLDSWORTH




Dilahirkan di Bradford, West Yorkshire, UK, pada 6 Agustus 1946, merupakan seorang gitaris dan komposer Inggris. 


Holdsworth pertama melakukan rekaman pada 1969 dengan band ‘Igginbottom di rilisan tunggal mereka, ‘Igginbottom’s Wrench (kemudian diedarkan ulang dibawah nama grup “Allan Holdsworth & Friends”). Pada 1971 dia bergabung dengan Sunship, sebuah band improvisasi yang menampilkan kibordis Alan Gowen, perkusionis masa depan King Crimson Jamie Muir dan bassis Laurie Baker. Mereka bermain live tapi tidak pernah merilis materi rekaman apapun. Kemudian datang jabatan singkat dengan band jazz rock Nucleus, dengan siapa Holdsworth bermain di album 1972 mereka, Belladonna; juga dengan band progressive rock Tempest, di album studio pertama self-title mereka pada 1973. Permainannya juga dapat didengar di konser BBC Radio tahun itu, yang dirilis beberapa dekade kemudian pada 2005 sebagai bagian dari Under the Blossom: The Anthology, sebuah album kompilasi Tempest. Ada sebuah mitos urban, yang dihubungkan dengan penyanyi Donovan, bahwa Holdsworth memainkan solo fuzztone di hit 1968 milik Donovan “Hurdy Gurdy Man”; namun, diyakinkan bahwa Alan Parker adalah gitaris sesi yang bermain.


Selama bagian pertengahan dekade, Holdsworth bekerja dengan para artis progressive rock dan jazz fusion. Mereka adalah Sof Machine (Bundles), The New Tony Williams Lifetime (Believe It dan Million Dollar Legs), Pierre Moerlen’s Gong (Gazeuse! Dan Expresso II) dan Jean-Luc Ponty (Enigmatic Ocean). Dia sering mengekspresikan kenikmatannya dari pengalaman yang didapat dengan semua grup ini, terutama waktunya dengan drummer Tony Williams. 1976 membawa pertama dari banyak frustrasi Holdsworth dengan industri musik, saat CTI Records merilis sebuah rekaman dari sesi latihan dimana dia terlibat, mengedarkannya sebagai sebuah album studio resmi berjudul Velvet Darkness. Hal ini membuat marah Holdsworth, yang mengatakan dia masih sering mengabaikan album ini dan berharap tidak pernah diedarkan.


Saat 1970an berjalan, Holdsworth direkrut oleh drummer dan pendiri Yes Bill Bruford untuk bermain di album debutnya pada 1978, Feels Good To Me. Tidak lama kemudian, Bruford membentuk supergrup rock progresif U.K. dengan kibordis/violinis Eddie Jobson dan bassis John Wetton; Holdsworth dibawa serta atas rekomendasi Bruford.


Saat U.K. berlanjut dengan musisi yang berbeda, Bruford kembali ke lineup inri dari band solonya kini dengan nama singkat Bruford, dengan Holdsworth tetap sebagai gitaris. Album kedua mereka, One of a Kind, dirilis pada 1979 dan menampilkan kontribusi luas oleh Holdsworth, tapi kali ini dia berharap untuk menjalani aspirasi musik miliknya dan kemudian meninggalkan grup, dengan beberapa persyaratan.


Kolaborator penting pertama Holdsworth adalah pianis jazz Gordon Beck, dengan siapa dia pertama bermain di album Sunbird milik Beck pada 1979. Rilisan kolaboratif pertama mereka, The Things You See, menyusul pada 1980, dan sebuah rekaman yang serupa tapi tanpa perkusi dan bass. Tidak lama kemudian, Holdsworth bergabung dengan drummer Gary Husband dan bassis Paul Carmichael dalam sebuah trio yang dikenal sebagai False Alarm. Ini adalah band pertama Allan sebagai pimpinan band dan, setelah penambahan dari mantan penyanyi Tempest Paul Williams, band berganti nama menjadi I.O.U. Album debut self-title mereka dirilis secara independen pada 1982, diikuti oleh perilisan ulang secara mainstream melalui Enigma Records pada 1985.

Tidak lama setelaj rilisan I.O.U, gitaris Eddie Van Halen membawa Holdsworth menjadi perhatain peringgi Warner Bros. Records Mo Ostin. Van Halen sebelumnya menyebut tentang Holdsworth dalam sebuah edisi 1980 dari majalah Guitar Player, mengatakan “Orang itu hebat! Dia fantastik; saya menyukai dia”, dan bahwa Holdsworth adalah “the best, in my book”. Lebih jauh, pada sebuah wawancara 1981 untuk majalah Guitar World, dia berkata bahwa “Bagi saya Allan Holdsworth adalah nomor satu”.

Hal ini menghasilkan rilisan Warner Bros. Records dari Road Games pada 1983. Album ini diproduseri oleh produser eksekutif lama Van Halen Ted Temnpleman, dan menerima sebuah nominasi untuk Best Rock Instrumenal Performance di Grammy Awards 1984. Namun, Holdsworth selalu tidak menyukai EP ini karena masalah kreatifitas yang terjadi dengan Templeman. Mantan penyanyi Cream Jack Bruce mengisi vokal pada Road Games (Holdsworth dan Bruce bermain bersama dengan Billy Cobham, Didier Lockwood dan david Sancious dibawah nama A Gathering of Minds di Montreux pada 1982), disamping inkarnasi terbaru dari I.O.U., band yang terdiri dari Paul Williams, drummer Chad Wackerman (yang bersama dengan Husband, menjadi anggota band rutin Holdsworth untuk tiga dekade berikutnya) dan bassis Jeff Berlin.

Pindah secara permanen ke California Selatan dan berpisah dengan Warner Bros., Holdsworth bersepakat dengan Enigma untuk rilisan 1985 dari Metal Fatigue (bersama dengan rilisan ulang I.O.U.). Selama waktu ini bassis Flim & the BB Jimmy Johnson masuk band, dan seperti Husband dan Wackerman, menjadi anggota rutin dari band tur milik Holdsworth hingga hari ini. Membuat penampilannya yang terakhir pada vokal adalah Paul Williams, dengan siapa Holdsworth mengklaim sudah tidak cocok karena penjulana dari bootleg live.

Album Atavachron pada 1968 adalah sebuah mahakarya, inilah album pertama yang menampilkan karya Holdsworth dengan alat musik baru bernama SynthAxe. Alat ini biasanya mendesain MIDI controller (berbeda dengan guitar syntheseizer) yang akan menjadi andalan permainan Holdsworth untuk lima belas tahun kedepan, selama diamana dia secara efektif menjadi wajah umum dari alat ini. Tahun berikutnya Nampak perilisan album keempat, Sand, yang tidak menampilkan vokal dan memperlihatkan eksperimentasi SynthAxe lebih jauh. Kolaborasi kedua dengan Gordon Beck, With a Heart in My Song, menyusul pada 1988.

Pada akhir 1980an, Holdsworth membangun studio rekaman miliknya bernama The Brewery di North County, San Diego, yang akan menjadi salah satu lokasi rekaman utama untuk semua album studionya yang dimulai dengan Secrets pada 1989, dan selama 1990an. Pada sebuah wawancara 2005, dia mengatakan bahwa dia tidak lagi memiliki studio ini menyusul perceraiannya pada 1999. Secrets memperkenalkan Steve Hunt, yang memainkan kibord sebagai anggota dari band tur Holdsworth, dan untuk dua album selanjutnya.

Sebuah kolaborasi pada 1990 dengan gitaris fusion Frank Gambale datang dalam bentuk Truth in Shredding, sebuah proyek kolaboratif ambisius yang dibuat oleh Mark Varney (adik dari pendiri Shrapnel Records Mike Varney) melalui label Legato Records miliknya. Pada Desember tahun itu, menyusul kematian dari gitaris Level 42 Alan Murphy pada 1989, Holdswoth direkrut oleh band untuk bermain sebagai musisi tamu selama serangkaian konser di Hammersmith Odeon, London. Dengan mantan rekan I.O.U. Gary Husband yang kini menjadi drummer untuk Level 42, faktor ini membawa pada kontribusi gitar Holdsworth pada lima lagu untuk album 1991 mereka, Guaranteed. Holdsworth juga bermain di dua album studio pertama milik Chad Wackerman, Forty Reasons (1991) dan The View (1993).

Album solo pertama milik Holdsworth dalam dekade adalah Wardenckyffe Tower pada 1992, yang terus menampilkan SytnthAxe tapi juga memperlihatkan ketertarikan barunya dalam baritone guitars yang dibuat oleh luthier Bill DeLap. Dengan rilisan 1994 dari Hard Hat Area, band tur Holdsworth untuk itu dan tahun berikutnya terdiri dari Steve Hunt, Husband dan bassis Skuli Sverrisson. Sebuah kolaborasi pada 1996 dengan dua bersaudara Anders dan Jens Johansson menghasilkan Heavy Machinery, sebuah album yang menampilkan permainan yang lebih keras dari Holdsworth. Di tahun yang sama, dia sekali lagi diikuti oleh Gordon Beck pada None Too Soon, yang berisi interprestasi dari beberapa standar jazz favorit Holdsworth.

Dekade 2000an dimulai secara positif dengan rilisanm dari The Sixteen Men of Train pada 2000, tapi ini menjadi album terakhir Holdsworth yang direkam di The Brewery. Segera setelah ini dia memperlambat album solonya karena peristiwa dalam kehidupa pribadinya. Sepasamg album live resmi, All Night Wrong dan Then!, dirilis masing-masing pada 2002 dan 2003, bersama dengan sebuah album kompilasi ganda, The Best of Allan Holdsworth: Against the Clock, pada 2005.

Album kesebelasnya, Flat Tire: Music for a Non-Existent Movie, dirilis pada 2001 dan menjadi album studio terbarunya. Dalam sebuah wawancara 2008 Holdsworth menyebut bahwa sebuah album studio baru berjudul Snakes and Ladders diharapkan dirilis pada tahun yang sama melalui label Favored Nations milik gitaris Steve Vai, tapi hingga 2013 album ini belum keluar. Materi baru berikut dengan Chad Wackerman dan Jimmy Johnson juga sedang dikerjakan. Dalam sebuah wawancara 2010 dia mengklaim memiliki materi yang cukup untuk dua album, yang dia rencanakan untuk mulai direkam setelah pertunjukan di Tel Aviv.

Selama semester terakhir 2000an dia secara ekstensif melakukan tur di Amerika Utara dan Eropa, dan bermain sebagai tamu pada album milik berbagai artis. Yang menonjol, dia tampil di album 2004 milik kibordis Derek Sherinian, Mythology, juga dengan supergroup prigresive metal milik Sherinian Planet X, di album 2007 mereka Quantun. Juga pada 2007, Holdsworth bermain pada satu lagu dari The Atacama Experience milik Jean-Luc Ponty.

Pada 2006 dia tampil dengan pianis Alan Pasqua, Wackerman dan bassis Jimmy Haslip sebagai bagian band penghormatan live untuk menghormati almarhum Tony Williams; sebuah DVD dan album ganda (Blues for Tony) dari tur ini dirilis masing-masing pada 2007 dan 2009. Selama 2008-10 dia melakukan tur dengan drummer Terry Bozzio dan Pat Mastelotto, dan bassis Tony Levin sebagai HoBoLeMa, sebuah supergroup yang memainkan musik eksperimentasi improvisasi. Pada 3 Nopember 2011, Holdsworth tampil di Mumbai sebagai bagian dari band tur milik Virgil Donati. Dia kemudian melakukan tur Eropa dan AS sebagai sebuah trio dengan Donati dan Haslip pada Maret-Mei 2012.

Holdsworth bergabung dengan Chad Wackerman untuk ketiga kali dalam sebuah album studio oleh Wackerman, berjudul Dreams Nightmares and Improvisations (2012).

Pada 2015, Holdsworth meluncurkan PledgeMusic untuk merilis materi studio miliknya yang lama ditunggu, sebagai bagian dari koleksi berjudul Tales from the Vault.

Gaya permainan Allan terpengaruh oleh saksofonis John Coltrane, Cannonball Adderley, Michael Brecker dan Charlie Parker, sedangkan gitaris favoritnya adalah Django Reinhardt, Joe Pass, Wes Montgomery, Jimmy Raney, Charlie Christian dan Hank Marvin.

Holdsworth dianggap sebagai salah satu gitaris berpengaruh oleh para gitaris rock, metal dan jazz seperti Eddie Van Halen, Joe Satriani, Greg Howe, Shawn Lane, Richie Kotzen, John Petrucci, Alex Lifeson, Kurt Rosenwinkel, Neal Schon, Yngwie Malmsteen, Gary Moore dan Michael Romeo. Frank Zappa menganggap dia sebagai "one of the most interesting guys on guitar on the planet", sedangkan Robben Ford mengatakan: “Saya pikir Allan Holdsworth adalah John Coltrane dari gitar. Saya tidak berpikir siapapun dapat melakukan banyak hal dengan gitar seperti yang dilakukan Allan Holdsworth.”

Holdsworth sudah tinggal di California secara permanen sejak awal 1980an, dan sering menyebut bersepeda adalah favoritnya di masa lalu. Dia juga penggemar dari bir, dengan menyukai cask ale dari Inggris Utara. Holdsworth menjadi seorang kakek pada Desember 2010 saat putrinya Louise melahirkan seorang bayi perempuan bernama Rori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...