Laman

Jumat, 05 Agustus 2016

ROBBIN CROSBY




Dilahirkan di La Jolla, California, AS dengan nama lengkap Robbinson Lantz Crosby pada 4 Agustus 1959, dan memiliki dua adik perempuan, Ristin dan Bronle. Dia adalah putra dari Harry W. Crosby, seorang guru sekolah dan penulis buku tentang sejarah California.


Pada akhir 1970an Crosby bermain di band asal San Diego Mac Meda. Pada 1980, Crosby ada di band Phenomenon yang juga menampilkan Parramore McCarty yang nantinya bersama Warrior dan merilis satu single. Tahun yang sama dia juga merekam sebuah demo live dengan band Aircraft, yang juga menampilkan Rob Lamothe, yang nantinya dengan Riverdogs dengan gitaris Dio/Whitesnake/Def Leppard Vivian Campbell.

Robbin adalah salah seorang anggota orisinil dari Ratt. Dia ikut menulis banyak lagu milik Ratt antara lain: "Round and Round, "Wanted Man" dan "Lay It Down". Album Out of the Cellar menjadi album 3x platinum karena “Round and Round” yang ikut ditulis Crosby. 


Crosby mengencani aktris Tawny Kitaen (yang nantinya muncul di beberapa video Whitesnake) pada saat dia bergabung dengan Ratt, dan Kitaen muncul di sampul album dari Ratt EP (1983) dan Out of the Cellar (1984).

Di tahun-tahun berikutnya, Crosby membeli rumah di Hollywood Hills di Los Angeles. Dia kemudian menikahi Playboy Playmate Laurie Carr pada 1987, yang kemudian bercerai pada 1991. Mereka tidak memiliki anak.

Dia bersama Ratt hingga 1991 karena dia harus berulangkali masuk rehabilitasi ketergantungan obat bius dan alkohol, posisinya digantikan oleh Michael Schenker, hingga Ratt bubar pada 1992.

Sebelum meninggalkan Ratt, dia bekerja sebagai produser untuk band metal Lillian Axe.

Pada sebuah wawancara 1999 untuk sebuah episode Ratt dari Behind the Music milik VH1, Crosby membicarakan bagaimana kecanduan narkoba dan status HIV miliknya merubah hidupnya. “Apa yang sudah dilakukan kecanduan narkoba pada saya?” dia bertanya. “Hal itu menggerogoti karir saya, kekayaan saya, terutama kehidupan seks saya saat saya mengetahui saya positif HIV.”

Pada 2001, Crosby menerbitkan pernyataan bahwa dia mengidap AIDS dan sudah positif HIV sejak 1994. Dia juga keluar masuk rumah sakit selama delapan tahun karena masalah punggung dan kesehatan yang berkaitan dengan HIV. Untuk mengisi waktunya dia menjadi pelatih sebuah Liga Kecil, dan juga mengisi gitar pada proyek penggemar/kolektor, yang menciptakan produk edisi terbatas dari gitar replica Jackson King V “Big Red”. 

Dia juga terlibat pada beberapa proyek musik: pertana (setelah Ratt) melakukan reuni dengan temannya dari San Diego yang juga merupakan teman band Phenomenon dan mantan vokalis Warrior/Atomic Playboys, Perry McCarty, Krys Baratto, Dino Guerrero dan Mark Lewis, sebagai versi terbaru dari Secret Service, sebuah nama yang digunakan oleh McCarty dan Crosby sebelumnya untuk band mereka asal San Diego sebelum Ratt. Kemudian pindah ke El Paso pada 1996, dia bermain dengan grup country/western, Bill&Kev&War Party. Salah satu proyek terakhrinya adalah dengan mantan kolaborator dan mantan bassis Ratt, Juan Croucier.

Robbin meninggal di Los Angeles pada 6 Juni 2002. Dilaporkan penyebab kematiannya termasuk komplikasi yang berhubungan dengan AIDS, dan overdosis heroin. 

Pada saat kematiannya Crosby sudah berubah secara fisik, karena kondisi pancreas yang merubah metabolismenya: Crosby sudah mengalami penurunan berat badan yang signifikan sejak masa Ratt pada 1980an. Dia mengatakan dalam sebuah wawancara sebelum kematiannyua, “secera rutin pancreas saya sudah menyerah dan saya tidak mencerna makanan semestinya. Hal yang sangat membuat frustasi…. Saya memiliki rekan sekamar yang memiliki berat badan 150 kg dan dia makan banyak dibandingkan saya. Ini bukan berarti saya seekor babi atau rakus.”

Menurut sebuah laporan otopsi setelah kematiannya, Crosby memiliki tinggi badan 6 ft 5 in (1.96 m) dan memiliki berat 400 pound (180 kg).

Pada sebuah wawancara 1999 yang pertama disiarkan tv pada 2006, saat episode Behind the Music milik Ratt akhirnya ditayangkan, Crosby mengatakan, “Saat saya meninggal, tidak seorangpun menangis di pemaakaman saya, mari semuanya berpesta; saya sudah menjalani kehidupan sepuluh lelaki. Saya sudah menjalani impian saya dan melampauinay.”

Jasad Crosby dikremasi. Upacaranya dilakukan di Windansea Beach di La Jolla, California; para teman dan keluarga diatas kapal menaburkan abunya ke laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...