Laman

Senin, 08 Agustus 2016

PETE WAY




Dikenal sebagai bassis UFO, Pete Way juga menjadi anggota dari band Waysted, Fastway, dan band tur Ozzy Osbourne. Lahir pada 7 Agustus 1951, di Enfield, Middlesex, Way ikut mendirikan UFO pada 1969 bersama dengan penyanyi Phil Mogg dan dramer Andy Parker.

Selama awal 70-an, grup ini menikmati sedikit kesuksesan, tapi tidak sampai kedatangan gitaris Jerman Michael Schenker yang akhirnya UFO dapat mereka kendalikan sepenuhnya, dan menghasilkan album klasik heavy metal yang berpengaruh - terutama Lights Out (1977), Obsession (1978), dan Strangers In The Night (1979). Juga pada era inilah UFO mendapatkan julukan sebagai salah satu band yang dihormati, dimana Way sering diambil fotonya memainkan bass Gibson Thunderbird dan memakai kostum panggung bermotif polka-dot.



UFO menjadi band yang bekerja keras setelah hengkangnya Schenker pada 1979, sebelum Way ikut-ikutan keluar pada 1982. Ikut membentuk Fastway dengan mantan gitaris Motorhead, "Fast" Eddie Clarke, Way keluar tak lama setelah perilisan album debut pada 1983 (yang menjadi hit mengejutkan di AS) untuk menjadi bassis tur Ozzy osbourne dan membentuk band baru lainnya, Waysted. Merilis beberapa album di periode yang singkat (termasuk sukses yang biasa dari album Vices pada 1983 dan rilisan album self-title pada 1984, Waysted akhirnya bubar tak lama kemudian. Pada awal 90-an Way bergabung kembali dengan UFO, sebelum lineup era-Schenker melakukan reuni untuk rilisan album 1995 "Walk On Water". Mogg dan Way juga merilis album dibawah nama Mogg/Way, dan tetap mengibarkan UFO pada awal abad 21 - dengan gitaris Vinnie Moore mengambil tempat Schenker. Sekitar waktu bersamaan, Way merilis bebrapa album solo dan juga menghidupkan kembali Waysted.


Way merilis album terakhir dengan UFO pada 2006 "The Monkey Puzzle", dan dia tidak bisa melakukan tur dengan band karena kondisi kesehatannya, dia didiagnosa mengidap kanker prostat. Tapi dia sering menjadi bintang tamu di band Michael Schenker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...