Laman

Rabu, 17 Agustus 2016

KEVIN AYERS




Dilahirkan pada 16 Agustus 1944 di Herne Bay, Kent, Inggris, adalah seorang penyanyi-penulis lagu Inggris dan pengaruh besar dalam gerakan psychedelic Inggris. Ayers adalah anggota pendiri band pelopor psychedelic, Soft Machine pada pertengahan 1960-an, dan hampir berhubungan dengan Canterbury scene. 


Kevin Ayers adalah salah satu keanehan dan lebih seperti teka-teki dalam dunia rock, bahkan jika dia tidak menggunakan potensi tingginya. Mungkin karena dia tidak pernah menjalankan karir musiknya terlalu serius – salah satu daya tarik hebat dan tanpa batas miliknya. Setelah akhir 1960an, dia merilis banyak album dengan sensibilitas Inggris yang berbeda, membuat subyek lirik yang luar biasa dengan vokal rendahnya yang kaya, permainan kata yang luas, dan tingkah laku yang santai. Mendukung lgaun-lagunya dengan kor latar wanita dan ritme yang eksotis, penyanyi/penulis lagu ini menginspirasi gambaran musik rock progresif, menulis tentang ketidakjelasan kehidupan dengan pendekatan yang menyejukkan. Dia juga salah satu sosok innovator yang penting dalam rock progresif (dan lebih manusiawi), membantu untuk meluncurkan Soft Machine sebagai bassis asli mereka, dan bekerja dengan para musisi progreesif terkenal Eropa seperti Mike Oldfield, Lol Coxhill, dan Steve Hillage.


Ayers menjalani sebuah rasa untuk gaya hidup awal bohemian, menghabiskan sebagain besar masa kecilnya di Majorca sebelum dia pindah dengan ibunya ke Canterbury di awal ‘60an. Disana dia jatuh cinta dengan skena bawah tanah yang sedang berkembang di kota itu, yang menampilkan para anggota masa depan dari Soft Machine dan Caravan. Untuk sesaat dia menyanyi dengan the Wilde Flowers, sebuah grup yang juga menampilkan anggota masa depan Soft Machine, Robert Wyatt dan Hugh Hopper. Dia pergi pada 1965, bertemu dengan Daevid Allen di Majorca, dan kembali ke UK pada 1966 untuk mendirikan lineup Soft Machine pertama miliknya dengan Allen, Wyatt, dan Mike Ratledge.

Wyatt sering dianggap sebagai penggerak utama di belakang Soft Machine, tapi kontribusi Ayers memberikan jumlah yang sama di awal karir mereka. Disamping bermain bass, dia menulis dan menyanyikan banyak materi mereka. Dia dapat didengar di demo 1967 dan album debut 1968 mereka, tapi pada akhir 1968 dia merasa jenuh dan pergi. Menjual bass-nya pada Mitch Mitchell dari the Jimi Hendrix Experience, dia mulai untuk menulis lagu dengan gitar, membawanya mendapatkan kontrak dengan Harvest pada 1969. Hubungannya dengan mantan rekannya di Soft Machine tetap baik; faktanya, Wyatt dan Ratledge (juga pengganti Ayers, Hugh Hopper) menjadi tamu di debut 1969 milik Ayers.

Materi solo milik Ayers mencerminkan sebuah musik yang lebih folk, lebih lamban, dan lebih tegas dibandingkan Soft Machine. Dalam beberapa bagiandia dibandingkan dengan Syd Barrett, tanpa kegilaan – dan tanpa tingkat tinggi karya inovatif milik Barrett. Ayers tidak pernah mendapatkan kesuksesan dengan musik aslinya, walaupun albumnya dimulai dengan baik, beragam dari lagu yang menyenangkan dan gembira, sebagian besar dengan balada folk dan improvisasi. Elemen rock progresif yang lebih ambisius datang padanya saat dia menjadi frontman the Whole World pada awal 70an. Band pendukung terdiri dari Mike Oldfield remaja pada gitar, Lol Coxhill pada sax, dan David Bedford pada piano. Tapi Ayers hanya merilis satu album dengan mereka sebelum dibubarkan.

Ayers terus merilis album dengan corak yang lebih pop selama 70an, secara rutin. Seperti yang dikatakan oleh para kritikus, hasil karya ini membentuk sebuah perubahan ironis pada sebagian besar liriknya, yang sering mengetengahkan kehidupan yang muram, atau bahkan lebih lamban. Daya tarik yang lamban itu adalah tampilan dominan dari rekaman-rekaman miliknya, walaupun Ayers selalu tetap membuatnya menarik dengan aransemen yang mengentak, terkadang menyanyi dalam bahasa yang asing, dan menambahkan poduksinya dengan alat musik yang tidak biasa dan irama world music. Dia (atau Harvest) tidak pernah menyerah untuk merilis single di pasaran, dan malahan merilis lagu-lagu terbaiknya pada awal 70an, cukup untuk membuatnya tetap dikenal. Bahkan meskipun arah musik Ayers tidak ke arus utama, dia tetap mendapatkan penggemar yang setia.

Penggemar setia tersebut terbatas pada rock bawah tanah, dan Ayers secara logis berkonsentrasi pada pemasaran album selama 1970an. Sebagian besar selalu menyenangkan, eksentrik, dan catchy, yang mulai menghadirkan jenis suara yang unik pada pertengahan 70an. Ayers menekankan tanpa merubah pendekatannya, walau banyak para penikmat musik rock progresif dan musik punk dan new wave yang mulai meningkat. Dia hanya melakukan rekaman secara sporadis setelah 1980, walaupun dia tetap aktif pada awal 90an, sebagain besar di benua Eropa. Dirilis pada 2007, The Unfairground mengembalikan Ayers ke studio rekaman didukung oleh para musisi muda (termasuk Norman Blake dari Teenage Fanclub, Bill Wells, Frank Reader dari Trash Can Sinatras, dan Euros Childs dari Gorky’s Zygotic Mynci) juga teman dan kolaborator lama (termasuk Phil Manzanera, Robert Wyatt, Hugh Hopper, dan Bridget. St. John). Album ini mendapatkan tanggapan kritis yang positif tapi tidak menyiratkan kembalinya pandangan umum untuk Ayers, dan dia kembali ke kehidupan yang biasa di selatan Perancis. 

Ayers meninggal pada Februari 2013 dalam tidurnya di rumahnya di desa Montolieu, Perancis; pada usia 68 tahun.

Jurnalis rock Inggris Nick Kent menulis: "Kevin Ayers dan Syd Barrett adalah 2 orang paling penting di musik pop Inggris. Segala yang datang kini datang dari mereka."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...