Laman

Rabu, 31 Agustus 2016

GENE HOGLAN "The Atomic Clock"




Dilahirkan pada 31 Agustus 1967 di Dallas, Texas, AS, dengan nama Eugene Victor Hoglan II. Dia diakui untuk kreatifitasnya dalam aransemen drum, termasuk penggunaan perangkat tidak lazim untuk efek perkusi dan gaya ritme drum double-kick panjangnya. Permain teknik tingkat tingginya sangat akurat dalam tempo yang tinggi dan menantang, membuatnya mendapatkan julukan “The Atomic Clock” dan “Human Drum Machine.” Dia dikenal pernah menjadi pemain drum untuk band-band seperti Dark Angel, Death, Strapping Young Lad, Devin Townsend, Fear Factory, Opeth, Unearth, Dethklok dan Testament. Hoglan baru saja menyelesaikan album keempat milik Dethklok The Doomstar Requiem, yang dirilis pada Oktober 2013. Dia sudah merilis DVD yang sangat sukses Gene Hoglan: The Atomic Clock, dan bergabung kembali dengan Testament untuk merekam trek drum untuk album kesepuluh mereka, Dark Roots of Earth, yang dirilis pada Juli 2012.

Hoglan tampil di sampul majalah Modern Drummer pada Nopember 2010. Dia juga memenangkan angket para pembaca majalah Terrorizer untuk Best Drummer 2010, dan majalah Modern Drummer menominasikan Hoglan untuk Best Metal Drummer, dan Best Recorded Performance (untuk Dethalbum II milik Dethklok) pada acara 2011 mereka. Dia dinominasikan untuk Best Drummer dalam angket para pembaca majalah Revolver pada 2010.


Gene mendapatkan perangkat drum pertamanya saat dia berusia 13 tahun dan benar-benar belajar sendiri. Dia mulai memainkan rekaman milik Kiss dan Rush, dengan Peter Criss dan Neil Peart menjadi pengaruh awalnya. Kemudian Cozy Powell, Tommy Aldridge, Robb Reiner dari Anvil, Rob "Wacko" Hunter dari Raven dan Phil "Philthy Animal" Taylor membuatnya belajar double bass drumming. Pengaruh lainnya antara lain Stevie Wonder, Alex Van Halen, Steve Smith, Deen Castronovo, Mark Craney, Terry Bozzio, Bill Bruford, Steve Gadd, Sonny Emory, Rick Colaluca dari Watchtower, Bobby Jarzombek, Dave Culross.


Pada 1983, Gene memulai karir musiknya sebagai seorang roadie (penata lampu) untuk Slayer, dimana dia juga memainkan drum selama soundcheck konser. Dia menjadi vokal latar dalam lagu Evil Has No Boundaries, dari rekaman pertama Slayer, Show No Mercy. Dia berkontribusi dalam rekaman Haunting the Chapel (1984), memegang bersama perangkat drum Dave Lombardo saat rekaman "Chemical Warfare" karena tidak ada karpet di studio. Dia menjadi pengaruh pada gaya dan kecepatan permainan drum Lombardo, walaupun Gene berkata dia hanya memberikannya sedikit tip, tidak pernah benar-benar memberinya pelajaran, dan perangkat double bass pertama yang pernah dia mainkan adalah milik Lombardo.


Pada 1984, Hoglan adalah bagian dari band War God dengan Michelle Meldrum. Pada akhir tahun yang sama dia diminta untuk bergabung dengan band Dark Angel sebagai drummer. Dia menulis sebagian besar lirik untuk tiga album Dark Angel berikutnya. Dia mendapatkan nama besar selama pertengahan 1990an bermain dengan Death, di saat bersamaan bahwa pimpinan band Chuck Schuldiner membawa grup ke arah gaya yang lebih progresif. Kemudian, dia merekam satu album dengan Testament, dan membuat pertemenan jangka panjang dengan multi-instrumentalis Kanada, Devin Townsend. Dia sudah merekam beberapa album dengan Townsend, baik sebagai bagian dari band Strapping Young Lad dan dibawah nama Devin Townsend.


Hoglan juga bagian dari band thrash metal Tenet, sebuah proyek sampingan dari gitaris Strapping Young Lad Jed Simon, dari 2003 hingga 2007. Hoglan meninggalkan band dengan syarat tertentu pada Januari 2007. Dia digantikan oleh Adrian Elandsson hanya untuk kembali kedalam grup pada Juni di tahun yang sama. Hoglan merekam bagian drumnya untuk keseluruhan album dalam dua hari.

Di Vancouver, British Columbia, tempat tur Lamentations 2004 milik Opeth, Hoglan mengisi tempat drummer Martin Lopez, yang diberitakan menderita serangan panic. Teknisi drum Opeth sudah mengisi untuk dua jadwal tur sebelumnya dan Lopez bergabung kembali dengan band untuk pertunjukan Seattle, Washington.


Pada 2005, Hoglan mengisi tempat Lopez untuk sebagian besar tur Sounds of the Undergorund saat Lopez mulai menderita serangan panic. Hoglan memainkan tugas ganda dengan Strapping Young Lad kemudian tampil dengan Opeth di malam hari. Kemudian diumumkan Lopez memiliki kelainan darah langka dan memerlukan perawatan. Hoglan juga muncul di video musik Opeth “The Grand Conjuration” saat mereka memfilmkannya dalam tur saat berada di Los Angeles, California.

Band-band lain juga merekrut Hoglan sebagai drummer sesi. Dia sudah merekam album dengan band black metal Norwegia Old Man’s Child dan band death metal Denmark Daemon. Selain itu dia sudah menyelesaikan produksi dan menata rekaman untuk band dan demo lainnya. Hoglan juga direkrut oleh band thrash metal Vancouver The Almight Punchdrunk, dan muncul sebagai seorang anggota band untuk album mereka satu-satunya hingga kini, Music for Them Asses, dirilis pada 2001.

Hoglan bekerja dengan Dethklok, band dari acara TV animasi Metalocalypse. Acara ini juga diciptakan oleh stand-up comedian/aktor/musisi Brendon Small, yang juga membuat komposisi atau menampilkan semua musik. Hoglan tampil di album debut Dethklok, The Dethalbum, yang dirilis pada 25 September 2007. Dia melakukan tur dengan Brendon Small dan band live selama musim panas 2008. Dia kemudian tampil di Dethalbum II, kelanjutan album yang dirilis pada 29 September 2009, dan kembali melakukan tur dengan Dethklok. Keduanya kemudian berkolaborasi untuk membuat Brendon Small’s Galaktikon menggunakan waktu studio ekstra dari sesi studio Dethklok.

Hoglan masuk sebagai drummer untuk Unearth saat drummer mereka, Mike Justian, keluar saat tur. Dia juga bergabung dengan band metal Pitch Black Forecast, dengan mantan penyanyi Mushroomhead Jason Popson, sebagai drummer permanen milik band. Kemudian, Hoglan diumumkan sebagai drummer untuk tur reuni band thrash metal Bay Area yang melakukan reuni Forbidden, menggantikan drummer asli Paul Bostaph.

Hoglan memainkan drum di album studio ketiga Zimmers Hole When You Were Shouting at the Devil… We Were in League With Satan pada 2008.

Pada Juni 2011, dia bereuni dengan Testament, untuk merekam album studio kesepuluh mereka The Dark Roots of Earth. Di album itu, dia menggantikan Paul Bostaph, yang tidak dapat berpartisipasi dalam sesi rekaman karena sebuah “cedera serius”. Pada 2012, dia mulai melakukan tur dengan Testament, dan pada 27 Januari mengisi tempat Charlie Benante dari Anthrax. Gene adalah drummer untuk Fear Factory dari 2009 hingga 2012 dan bermain di rilisan mereka Mechanized. Dia juga berpartisipasi dalam sesi rekaman dari album reuni Viking, No Child Left Behind.

Pada Oktober 2013, diumumkan bahwa Hoglan berpartisipasi dalam reuni Dark Angel, yang kemudian melakukan tur pada 2014. Band juga merencanakan untuk merilis sebuah album di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...