Laman

Selasa, 16 Agustus 2016

JUSTIN BROADRICK




Dilahirkan dengan nama lengkap Justin Karl Michael Broadrick pada 15 Agustus 169 di Birmingham, Inggris. Ibunya adalah keturunan Jerman dan lahir di Bielefeld, dari ayah Inggris yang merupakan tentara di PD II dan seorang ibu berkebangsaan Jerman. Keluarga ibunya pindah ke Inggris pada 1953. Untuk empat tahun pertama dari hidupnya, Broadrick dibesarkan oleh ibu dan ayah tirinya di sebuah komunitas hipie di Shard End. Selama sebuah periode kecanduan heroin, ayah biologis Justin sebagian besar tidak ada dari rumah keluarga. Pada usia 10 tahun, Broadrick dikelilingi oleh punk-rock yang didengarkan orangtuanya. Broadrick mulai bermain dengan gitar ayah tirinya, yang kemudian mengenal Roxy Music dan Brian Eno.


Pada 1982, dia mulai proyek musik pertamanya, band Final dengan temannya Andy Swan, yang memiliki sebuah synthesizer. Nama pertama yang mereka pakai adalah Atrocity Exhibition, diambil dari lagu Joy Division (dimana, lagu itu sendiri mengambil judul dari sebuah buku J.G. Ballard). Rekaman pertama mereka berjudul Live in the Studio, dan adalah katalog pertama yang dirilis dalam label kaset Post Mortem Rekordings. Tidak lama kemudian, proyek ini diberi nama Smear Campaign, dari sebuah lagu Nocturnal Emissions. Ini adalah nama yang mereka pakai di penampilan live pertama mereka pada 7 Juli 1984 di The Mermaid di Birmingham. Setelah pertunjukan itu mereka mantap dengan nama Final. Nama proyek dimana Broadrick melakukan rekaman adalah Last Exit, Crusade dan Dead Pulp.


Pada 1984 Broadrick masuk grup Fall of Because (didirikan oleh G. Christian Green dan Paul Neville pada 1982) sebagai drumer dan vokalis tambahan. Grup ini merekam kaset demo Extirpate pada 1986, yang berisi sejumlah lagu yang kemudian dikerjakan ulang sebagai lagu-lagu untuk Godflesh (termasuk "Life Is Easy", "Mighty Trust Krusher", dan "Merciless"). Grup dibubarkan pada 1988. Album kompilasi Life Is Easy dari rekaman demo dan live dirilis pada 1999.


Broadrick bertemu Nicholas Bullen pada 1985 di sebuah pasar dimana dia bertemu Andy. Justin memberikan rekaman Final pada Bullen dan mereka merekam beberapa materi bersama. "Kemudian saya memainkannya beberapa lagu yang saya kerjakan dengan gitar, yang kemudian dia mainkan pada orang lain di Napalm Death. Pada dasarnya, mereka terkesan dengan yang saya kerjakan dengan gitar, dan maka saya bergabung dengan Napalm Death", Broadrick berkata. Segera Mick Harris bergabung dengan lineup dan mereka beralih dari metal ke grindcore. "Nick dan saya meninggalkan Napalm Death setelah kami merekam sisi pertama dari Scum. Saya sudah cukup dengan Napalm Death secara cepat", dia berkata. Lee Dorrian dan Jim Whitely masuk untuk menggantikan Bullen dan Broadrick. Justin memberikan sisi pertama pada pendiri Earache Records Dogby Pearson, yang kemudian menghubungi Napalm Death baru yang merekam sisi kedua.


Band industrial metal Head of David yang pernah bermain live dengan Napalm Death sebelumnya. Drumer mereka pergi dan Broadrick diundang untuk mengambil tempatnya. "Saya dalam Head of David selama enam minggu, dan kami memainkan sesi John Peel untuk Radio One. Itu adalah sorotan pertama dalam hidup saya", kata Justin. Dia menulis lagu yang lebih brutal untuk band, tapi karena perbedaan artistik, dia dikeluarkan pada 1988. "Saat saya pertama kali terkenal pada 1989 untuk gerakan acid house pertama, saya sedang berubah secara konstan. Pertama kali saya mendengar Aphex Twin awal, saat Digeridoo keluar, saya tahu kemana saya akan pergi", kata Justin.


Dia membentuk Godflesh dengan temannya G.C. Green. Mereka mulai mengerjakan lagu-lagu Fall of Because dan Justin sangat terpengaruh oleh hip-hop pada saat itu - para artis seperti Public Enemy, Beastie Boys, Run-D.M.C. Godflesh merilis EP self-title debut mereka di Swordfish Records dan pada 1989 Earache merilis album pertama mereka Streetcleaner.



Band lainnya yang pernah digawangi oleh Justin antara lain: Sweet Tooth, Techno Animal, Jesu, JK Flesh dan Pale Sketcher. Kini Broadrick menjalani karir solo.


Brodrick berdomisili di Abergele, North Wales dengan pasangannya dan seorang putra, Benjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...