Laman

Senin, 22 Agustus 2016

STEVE SMITH


Dilahirkan pada 21 Agustus 1954 di Whitman, Massachusetts, AS dengan nama lengkap Steve Elliott Smith. Steve pernah menjadi pemain drum untuk Journey. Pembaca majalah Modern Drummer memilihnya menjadi no. 1 selama 5 tahun berturut-turut. Pada 2001, majalah itu mempublikasikan nama Smith sebagai salah seorang Top 25 Drummers of All Time, dan pada 2002 dia didaulat masuk ke Modern Drummer Hall of Fame.

Pada usia 9 tahun, Smith mulai belajar drum dengan guru daerah lokal Boston Bill Flanagan, yang bermain di sebuah big band pada swing era. Smith tampil di program band sekolah dan band garasi saat remaja, tapi juga mulai memantapkan pengalamannya dengan bermain di band konser profesional dan big band di Bridgewater State College. Setela SMA, dia mendaftar di Berklee College of Music di Boston, Massachusetts. Smith melakukan tur dengan violinis jazz Jean-Luc Ponty, dan menjadi drumer di album terakhir Focus, Focus con Proby, juga nge-drum dengan Ronnie Montrose sebelum bergabung dengan band rock Journey pada 1978. Dia menduduki kursi drum dari akhir 1978 hingga pertengahan 1985. Smith meninggalkan band pada 1985, tapi dia kembali untuk album Trial by Fire pada 1996. Untuk sementara waktu, dia bermain dengan band The Storm.




Dia juga bekerja sebagai musisi sesi untuk artis-artis pop seperti Mariah Carey, Andrea Bocelli, Elisa, Vasco Rossi, Zucchero, Savage Garden, Bryan Adams, juga musisi world music  Zakir Hussain dan Sandip Burman. Dia juga bermain dengan para musisi jazz seperti Mike Mainieri's Steps Ahead, Wadada Leo Smith, Tom Coster, Ahmad Jamal, Dave Liebman, Larry Coryell, Victor Wooten, Mike Stern, Randy Brecker, Scott Henderson, Frank Gambale, Stuart Hamm, Dweezil Zappa, Anthony Jackson, Aydın Esen, Torsten de Winkel, George Brooks, Michael Zilber, Steve Marcus, Andy Fusco, Kai Eckhardt, Lee Musiker, Howard Levy, Oteil Burbridge, Jerry Goodman, Tony MacAlpine and Bill Evans. Smith juga memimpin band jazz miliknya, Vital Information.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...