Laman

Rabu, 31 Agustus 2016

RUDOLPH SCHENKER




Dilahirkan di Hildesheim, Lower Saxony, Jerman pada 31 Agustus 1948, adalah gitaris Jerman dan anggota pendiri dari band Scorpions, menjadi gitaris ritem/utama dan salah satu penulis lagu utama dari band. 

Schenker membentuk Scorpions pada 1965 saat dia berusia 16 tahun. Dia menjadi kekuatan utama dalam penulisan lagu dan arah musikal bagi Scorpions selama 50 tahun. Schenker merupakan anggota paling konsisten di Scorpions, muncul di setiap album dan setiap tur. Adiknya Michael Schenker adalah anggota Scorpions di awal pembentukan Scorpions, sebelum bergabung dengan UFO. Pada tahun 2000 Rudolph diberi anugerah plakat kota Hanover dan the Cross of Merit First Class (Verdienstkreuz 1. KLasse) of the Lower Saxony Order of Merit.


Gaya permainan gitar Rudolph terpengaruh oleh Jimmy Page, Pete Townshend, Angus Young dan Malcolm Young. 


Setelah memulai dengan Fender Stratocaster, Schenker paling dikenal untuk memainkan Gibson Flying V. Di DVD Acoustica, dia terlihat memainkan sebuah Flying V akustik terkhusus untuknya yang dibuat oleh Dommenget. Dia kini menggunakan model Dean acoustic V. beberapa gitar utama Schenker saat live di tahun-tahun belakangan adalah Dommenget, pembuat yang sama yang membuat gitar live milik Klaus Meine dan banyak gitar untuk Matthias Jabs. Model signature milik Rudolf adalah “Gibson Rudolf Schenker Flying V”, the Dommenget “Ferrari” V, PGG “Scorpions Golden Jubilee” Flying V, PGG “Veetle” Flying V dan “Scorpions” V. Di Masa lalu, Schenker sering bermain dengan ampli Marshall, menggunakan JMP, JCM800 2203, dan JCM800 2205 head. Saat ini, dia menggunakan ampli ENGL, mendapatkan dukungan the E 650 Ritchie Blackmore signature heads.


Dalam sebuah wawancara di video “World Wide Live’, dia berkata bahwa tujuannya bukan untuk menjadi gitaris terbaik atau tercepat, tapi untuk menjadi seorang komposer yang baik. Dalam sebagian besar lagu Scorpions, solo gitar dimainkan oleh gitaris utama Matthias Jabs dan gitar ritem dimainkan oleh Rudolf, tapi ada beberapa pengecualian, dimana Rudolph memainkan solo, seperti "Wind of Change", "Always Somewhere", "Still Loving You", "Send Me an Angel", "Lady Starlight", "Big City Nights", "As Soon as the Good Times Roll", "When the Smoke Is Going Down", "Animal Magnetism", "Through My Eyes", "Coast to Coast" (second solo)", “SLY” dan "Rock 'N' Roll Band".


Schenker dikenal untuk gaya riffnya yang enerjik dan penampilan panggung yang liar, yang sering menampilkan memutar gitar diatas kepalanya dan melempar gitar dan menangkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...