Laman

Selasa, 30 Agustus 2016

ME'SHELL NDEGEOCELLO




Lahir dengan nama Michelle Lynn Johnson pada 29 Agustus 1968 di Berlin, Jerman, dari ayah tentara Sersan Mayor dan saksofonis Jacques Johnson dan ibu pekerja perawat kesehatan Helen. Dia dibesarkan di Washington, DC di mana dia belajar di Duke Ellington School of the Arts dan Oxon Hill High School. Dalam siaran pers awal dari Maverick Records tahun kelahirannya itu keliru terdaftar sebagai 1969. Tanggal lahir 1968 telah dikonfirmasi melalui manajer sebelumnya dan teman lamanya.


Bernama Michelle Lynn Johnson saat lahir, Ndegeocello mengadopsi nama keluarganya pada usia 17 tahun, yang katanya berarti "bebas seperti burung" dalam bahasa Swahili. Cetakan awal dari Plantation lullabies yang diberi sticker dengan petunjuk. Ejaan telah berubah di tangan label rekaman beberapa kali selama karirnya; Namun, ejaan yang benar dari nama panggungnya sekarang MeShell Ndegeocello.

Ndegeocello mengasah keterampilannya di sirkuit go-go DC di akhir 1980-an dengan band Prophecy Little Bennie dan Masters, dan Rare Essence. Dia gagal mencoba untuk posisi bassis Living Colour, dikosongkan pada tahun 1992 oleh Muzz Skillings. Menjalani karir solo, dia adalah salah satu artis pertama yang menandatangani kontrak dengan Maverick Records, di mana ia merilis album debutnya, Plantation Lullabies. Rekaman ini menyajikan persona kelamin yang jelas.


Hit terbesarnya adalah duet dengan John Mellencamp, sebuah versi cover dari "Wild Night" milik Van Morrison, yang mencapai No 3 di Billboard chart. Hit Billboard Hot 100 satu-satunya lainnya selain "Wild Night" adalah lagu yang ditulisnya sendiri "If That's Your Boyfriend (He Wasn't Last Night)", yang mencapai nomor 73 pada 1994. Juga pada 1994, Ndegeocello berkolaborasi dengan Herbie Hancock pada "Nocturnal Sunshine," sebuah lagu untuk album kompilasi Red Hot Orgamnization, Stolen Moments: Red Hot + Cool. Album ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan dana untuk mendukung epidemi AIDS dalam kaitannya dengan masyarakat Afrika Amerika, digembar-gemborkan sebagai "Album of the Year" oleh majalah Time.
 
Dia memiliki hit No. 1 Dance pada 1996 dengan lagu cover milik Bill Withers yang berjudul "Who Is He (And What Is He To You)?" (sebentar ditampilkan dalam film Jerry Maguire ) serta hit Dance Top 20 dengan "Earth", "Leviticus: Faggot", "Stay" dan "If That's Your Boyfriend.. Last Night)". Ndegeocello bermain bass pada lagu "I'd Be Rather Be Your Lover" untuk Madonna di album Bedtime Stories. Ndegeocello juga direkam, pada menit terakhir, untuk melakukan rap pada lagu yang sama. Hal ini terjadi setelah Madonna dan produser memutuskan untuk menghapus rap milik Tupac Shakur (yang ia lakukan saat ia dan Madonna berkencan pada 1994), setelah ia memiliki tuntutan pidana diajukan terhadap dirinya. Ndegeocello juga mengerjakan rap pada single milik Chaka Khan "Never Miss the Water", dari album Epiphany: The Best of Chaka Khan, Vol. 1, dirilis pada 1996. Lagu ini mencapai # 1 di Dance Club Play Chart milik Billboard dan #36 di Hot R&B/Hip-Hop Singles Chart.
 
Musiknya telah ditampilkan dalam sejumlah soundtrack film termasuk How Stella Got Her Groove Back, Lost & Delirious, Batman & Robin, Love Jones, Love & Basketball, Talk To Me, Tyler Perry's Daddy Little Girls, The Best Man, Higher Learning, Down in the Delta, The Hurricane, Noah's Arc: Jumping the Broom, dan Soul Men.

Dia telah muncul di rekaman oleh Basement Jaxx, Indigo Girls, Scritti Politti, dan The Blind Boys of Alabama. Pada album 1997 milik The Rolling Stones Bridges to Babylon ia memainkan bass pada lagu "Saint of Me". Pada album 2002 milik Alanis Morissette Under Rug Swept, ia memainkan bass pada lagu "So Unsexy" dan "You Owe Me Nothing in Return". Pada album ReCreation milik Zap Mama (2009), ia memainkan bass pada lagu "African Diamond".
 
Dia juga dapat dilihat dalam film dokumenter Standing in the Shadows of Motown, menyanyikan "You've Really Got a Hold On Me milik The Miracles dan "Cloud Nine" milik The Temptations. Pada akhir 1990-an, ia melakukan tur dengan Lilith Fair. Dia juga melakukan pengerjaan ulang dari lagu "Two Doors Down" di rilisan 2003 Just Because I'm A Woman: The Songs of Dolly Parton.
 
Ndegeocello juga seorang hakim untuk The 2nd, 12, 13 dan 2015 14 Annual Independent Music Awards yang ke 2, 12, 13 dan 14 pada 2015 untuk mendukung karir seniman independen.

Lagunya "Tie One On" dipilih sebagai Starbucks iTunes Pilih dari Week pada 23 Februari 2010.

Pada 2002, Ndegeocello berkolaborasi dengan Yerba Buena di lagu yang menampilkan Ron Black untuk album penghormatan milik Red Hot Organisasi untuk Fela Kuti , Red Hot and Riot. Hasil dari album ini diberrikan untuk berbagai kegiatan amal AIDS, per misi milik Red Hot Organization.
 
Pada Juni 2010, ia menyumbang sebuah cover dari "40" milik U2 ke the Enough Project dan kompilasi Raise Hope for Congo milik Downtown Records. Hasil dari jhasil dana kompilasi diberikan untuk membuat perlindungan dan pemberdayaan dari prioritas perempuan Kongo, serta menginspirasi individu di seluruh dunia untuk meningkatkan suara mereka untuk perdamaian di Kongo.
 
Pada 2010, Ndegeocello berkontribusi antologi esai It Gets Better: Coming Out, Overcoming Bullying, and Creating a Life Worth Living, diedit oleh Dan Savage dan Terry Miller dalam hubungan dari It Gets Better Project.
 
Ndegeocello adalah biseksual dan sebelumnya pernah menjalin hubungan dengan penulis feminis Rebecca Walker. Putra pertama Ndegeocello, Solomon, lahir pada 1989. Dia saat ini menikah dengan Alison Riley, dengan siapa ia memiliki anak kedua. Dia menderita epilepsi fotosensitif dan rentan terhadap kejang yang disebabkan oleh cahaya fotografi ketika dia melakukan pertunjukan. Dia telah menggunakan nama MeShell Suhaila Bashir-Shakur yang digunakan sebagai kredit tulisan di beberapa pekerjaan miliknya kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...