Laman

Rabu, 17 Agustus 2016

GILBY CLARKE




Dilahirkan pada 17 Agustus 1962 dengan nama Gilbert Clarke di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.

Clarke memulai karir musiknya selama paruh pertama 80an, menggantikan gitaris asli Candy, Geoff Siegel, yang kemudian bermain dengan the Nymphs. Gilby akhirnya menggantikan vokalis utama band dan menulis beberapa lagu kesukaan pemggemar yang tidak dirilis antara lain, "Dance America". MTV memainkan video milik band "Whatever Happened to Fun?" adalah sebuah lagu perbduan antara "A Hard Day's Night" milik the Beatles dan "Billie Jean" milik Michael Jackson. Album ini menghasilkan sejumlah lagu andalan seperti "American Kix" dan "The Kids in the City". Dia meninggalkan band untuk membentuk Kill for Thrills, sebuah band metal yang merilis EP Commercial Suicide dan LP Dynamite from Nightmareland dan sebelum akhirnya dibubarkan. Kill for Thrills adalah sebuah supergrup yang terdiri dari Jason Nesmith (putra dari mantan Monkees Mike Nesmith) pada gitar, dan Todd Muscat mantan band LA, Decry, pada bass dan kemudian dengan Junkyard setelah Kill for Thrills. Muscat juga kakak dari Brent Muscat (Faster Pussycat, L.A. Guns, Sin City Sinners). Semua anggota memiliki akar yang kuat di kancah rock Los Angeles.

Mengikuti keputusan gitaris ritem Izzy Stradlin yang secara tiba-tiba keluar dari band, karena gabungan dari kebiasaan pribadi Axl Rose (dia secara rutin menunda permulaan pertunjukan selama berjam-jam pada saat itu) dan ketidakcocokan dengan manajemen band dan merasa kesulitan berada dengan Slash, Sorum, dan McKagan dikarenakan Izzy baru bersih dan mereka terus menggunakan alkohol dan narkoba, Clarke dipilih sebagai penggantinya. Selama banyak pertunjukan selama tur itu, Rose memperkenalkan Clarke dan membiarkannya memainkan "Wild Horse", sebuah cover Rolling Stones dengan Slash.

Dia melakukan tur secara rutin dengan band di Use Your Illusion Tour antara November 1991 dan 1993. Pada 23 Nopember 1993, Guns N' Roses merilis sebuah koleksi dari cover punk dan glam rock berjudul "The Spaghetti Incident?" dimana banyak lagu direkam dengan gitaris Guns N' Roses asli Izzy Stradlin selama sesi Use Your Illusion I dan II dan kemudian direkam ulang oleh Clarke. Satu-satunya penampilan lain Clarke di rilisan Guns N' Roses adalah di album live dan kompilasi Live Era '87-'93 dan Greatest Hits.

Clarke tampil di rilisan video Guns N' Roses Use Your Illusion I, Use Your Illusion II dan Welcome to the Videos.

Mengikuti akhir dari Use Your Illusion Tour pada 1993, Slash mulai merekam demo dari mataeri yang sudah dia tulis selama tur itu, di studio rumahnya dengan rekan band Matt Sorum. Clarke dan bassis Alice in Chains Mike Inez mulai melakukan latihan dengan mereka. Mereka akhirnya merekam duabelas lagu demo. Eric Dover, gitaris live untuk Jellyfish, secera sukses ikut audisi untuk menjadi penyanyi grup ini. Slash dan Dover menulis lirik untuk semua lagu, kecuali "Monkey Chow" yang merupakan kontribusi dari Clarke dan "Jizz da Pit" adalah sebuah instrumental yang ditulis leh Slash dan Inez. Album ini dirilis oleh Geffen Records pada Februari 1995 masuk di chart No. 70 di Billboard 200. Untuk tur dalam mendukung album ini, James LoMenzo dan Brian Tichy, keduanya anggota dari band solo Zakk Wylde, masuk ke band untuk menggantikan Inez dan Sorum yang tidak bisa melakukan tur dengan grup karena komitmen lain. Dengan Guns N' Roses yang berkumpul lagi untuk merekam sebuah album baru, Snakepit dibubarkan dengan Clarke menjalani karir solonya, merilis album solo keduanya The Hangover pada 1997.


Pada 1994, dia merilis album solo debutnya Pawnshop Guitars di Virgin Records yang menampilkan kontribusi dari beberapa teman akrabnya. Ryan Roxie (Alice Cooper) pada gitar, Will Effertz pada bass dan Marc Danzeisen (Riverdogs, Little Caesar) pada drum dan vokal latar, juga menampillan semua anggota Guns N' Roses. Album ini mendapatkan emas di Argentina.

Sejak itu dia merilis tiga album solo lainnya, The Hangover, Rubber dan Swag pada 2002 juga album live, 99 Live.

Dia membentuk band Col. Parker dengan mantan anggota Stray Cat Slim Jim Phantom dan mantan kibordis tambahan tur GN'R Ted "Zig Zag" Andreadis, merilis album Rock N Roll Music pada 2001.

Selain itu, dia muncul sebagai bintang tamu di album L.A. Guns Shrinking Violet, yang juga dia produseri. Clarke juga memproduseri album self-title milik The Bronxs yang dirilis pada 2003 dan album debut Girlsplayboys From Ritula to Romance pada 2006, dan album 2001 milik L.A. Guns, Man in the Motion.

Pada 2002 Clarke bekerja dengan Nancy Sinatra di album milik Nancy California Girl dan satu tahun kemudian bergabung dengan Heart di tur nasional mereka.

Pada 2006, drumer Motley Crue, Tommy Lee, membentuk Supernova dengan Clarke pada gitar dan mantan bassis Metallica Jason Newsted. Band mengunakan acara TV Rockstar untuk menemukan seorang penyanyi utama baru. Lukas Rossi terpilih sebagai penyanyi utama mereka. Clarke menjalankan sebuah tur solo ke Amerika dan Eropa.


Namun nama Supernova sudah dipakai; band lain dari California melakukan tur dengan nama itu sebelum pembentukan milik Clarke. Pada 26 Juni 2016, band California itu mengajukan tuntutan hukum.

Pada selasa, 12 Septeber 2006, Hakim Distrik AS John A. Houston di San Diego memenangkan Supernova asli, menjamin permintaan mereka untuk perintah pendahuluan. Perintah itu menetapkan produser dari "Rock Star; Supernova"-selain 13 September sebagai sebuah acara televisi, tapi akan terus sebagai kelangsungan rekaman, tur dan pernak pernik yang akan mengikutinya - dari "menampilkan musik rock and rocll, atau rekaman, atau menjual rekaman musik rock and roll dibawah nama yang sama, menunda pengadilan dari aksi ini, atau hingga ada perintah dari pengadilan." Dengan demikian, band menamakan diri mereka Rock Star Supernova, setidaknya untuk saat itu.

Dia memproduseri sebuah cover dari "Ring of Fire" milik Johnny Cash di album 2007 milik runner-up Rockstar; Supernova Dilana Robichaux, yang juga dirilis sebagai single di situs unduhan digital.

Pada 2007 dia merilis sebuah album terbaik yang menampilkan lagu-lagu dari semua album solonya juga dua lagu dari proyek Col. Parker dan rekaman ulang dari lagu "Black", yang menampilkan vokal oleh runner-up Rock Star: Supernova Dilana.


Pada Juli 2008 Clarke bermain di G-TARanaki Guitar Festival di Selandia Baru. Band solo keduanya menampilkan bassis Muddy Stardust dan drumer Dennis Morehouse. Dia kemudian melakukan tur ke Amerika Utara sebagai bagian dari Rock n' Roll Fantasy Camp.

Clarke melakukan reuni dengan para anggota Guns N' Roses Slash, Steven Adler, Matt Sorum dan Duff McKagan, selama penampilan live, di pelantikan Rock and Roll Hall of Fame milik band pada 14 April 2012. Clarke sendiri tidak dilantik sebagai bagian dari band.


Clarke terlibat dalam supergrup Kings of Chaos, bersama Duff McKagan, Slash, Glenn Hughes, Joe Elliott dan masih banyak nama terkenal lainnya.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...