Laman

Jumat, 26 Agustus 2016

DEREK SHERINIAN




Dilahirkan di Laguna Beach, California, pada 25 Agustus 1966. Dia mulai mengambil pelajaran piano pada usia lima tahun di Santa Cruz, California. Setelah tahun pertama di SMA, ia menerima beasiswa ke "Berklee College of Music" di Boston, dimana ia adalah teman sekamar mantan gitaris Megadeth dan Trans-Siberian Orchestra, Al Pitrelli. Dia telah belajar dengan pemain kibord yang lain, termasuk Mitchel Forman, T. Lavitz, Russell Ferrante dan Alex Alessandroni. 

Derek menyebutkan pengaruh permainannya mendapat pengaruh dari Jan Hammer (Mahavishnu Orchestra), Keith Emerson (Emerson, Lake & Palmer dan The Nice), Rick Wakeman (Yes), dan Elton John. Pengaruh lainnya termasuk gitaris Allan Holdsworth, Jeff Beck, dan Eddie Van Halen. Salah satu pemain kibord favoritnya adalah Jens Johansson (Yngwie Malmsteen, Stratovarius).


Pertunjukan profesional pertama Sherinian setelah meninggalkan Boston adalah dengan mantan drummer Jimi Hendrix Band of Gypsy, Buddy Miles saat tur di Chitlin 'Circuit. Sherinian menerima tur besar pertama dengan Alice Cooper pada tahun 1989 untuk album dan tur untuk album The Last Temptation. Sherinian mengadakan tur dan rekaman dengan Cooper sampai 1998. Sherinian juga bermain keyboard pada tur "KISS Revenge tour" pada 1992.


Pada 1994, Derek menggantikan posisi Kevin Moore di band Dream Theater. Awalnya hanya untuk mengisi posisi keyboard saat tur promosi band untuk album Awake. Pada Februari 1995, ia diangkat menjadi anggota penuh band. Bersama Dream Theater ia merilis album A Change of Seasons (1995), Falling into Infinity (1997), dan Once in a LIVEtime (1998) sebelum digantikan pada Januari 1999 oleh Jordan Rudess karena perbedaan kreatif dan gejolak internal band. Derek Sherinian tetap berhubungan baik dengan Dream Theater, dan bersatu kembali dengan Dream Theater untuk satu konser pada 2004, yang direkam dan dirilis sebagai "When Dream and Day Reunite" (2004).


Selama 1998-an, Sherinian merilis dua album dengan supergrup rock progresif Platypus, yang juga menampilkan bassis Dream Theater John Myung, drummer Dixie Dregs, Rod Morgenstein, dan gitaris Kings X, Ty Tabor. Kelompok ini merilis dua album, "When Pus Comes to Shove" (1998) dan "Ice Cycles" (2000), sebelum bubar pada 2000.


Sejak 1999, Sherinian telah merekam tujuh album solo. Album solo Sherinian pertama, Planet X (1999), ditulis dan direkam dengan drummer Australia Virgil Donati, dalam sebuah band dengan nama yang sama (Planet X). Gitar virtuoso Tony MacAlpine direkrut untuk melengkapi formasi band. Pada 2001, Derek bekerja sama dengan drummer Simon Phillips dan gitaris Steve Lukather dan Zakk Wylde untuk merekam "Inertia", diikuti oleh "Black Utopia" (2003). Untuk "Black Utopia", tiga wajah baru bergabung di grup ini: Bassis Billy Sheehan, gitaris Yngwie Malmsteen, dan gitaris jazz fusion Al Di Meola. Sejak 2002, Sherinian telah melakukan tur dengan beberapa seniman terkenal, termasuk Billy Idol dan Yngwie Malmsteen. Album solo Derek kelima, "Blood of the Snake" (2006), memiliki kontribusi dari Billy Idol, serta mantan gitaris Guns N' Roses, Slash, John Petrucci dari Dream Theater, Brian Tichy, Simon Phillips, Tony Franklin dan Steve Lukather. Pada 2009, Sherinian merilis album solo keenam, "Molecular Heinosity", sekali lagi menampilkan Zakk Wylde, Tony Franklin dan Brian Tichy. Pada tahun-tahun belakangan , Sherinian juga melakukan pertunjukan akustik dengan "Alice In Chains" dalam peluncuran album mereka, "Black Gives Way To Blue".

Pada 2009, Derek menjadi anggota pendiri dari supergrup Black Country Communion dengan Glenn Hughes, Jason Bonham, dan Joe Bonamassa, merilis album debut mereka pada 2010. Pada 2011, Black Country Communion merilis album kedua mereka berjudul, 2. Black Country Communion merilis album studio ketiga mereka Afterglow pada Oktober 2012. Band ini bubar pada September 2012 karena jadwal tur yang padat dari Joe Bonamassa.


Pada September 2011, Sherinian merilis album solo ketujuh berjudul "Oceana", bersatu kembali dengan Simon Phillips dan Steve Lukather, dan menampilkan penampilan tamu dari teman band BCC, Joe Bonamassa.



Pada Januari 2012, Derek tampil pada 2 buah pertunjukan dengan supergrup instrumental Mike Portnoy, Billy Sheehan, dan Tony MacAlpine (PSMS) untuk Guitar Center Drum Off, dan Sabian Live. Pada musim gugur pada tahun itu, PSMS mulai mempersiapkan sebuah tur dan video yang dirilis dengan judul "InstruMENTAL Inspiration". Mereka melakukan tur di Eropa dan Asia dan juga merilis DVD/CD "Live in Tokyo" pada 24 September 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...