Laman

Kamis, 25 Agustus 2016

ANDREAS KISSER




Dilahirkan pada 24 Agustus, 1968 dari ibu Slovenia, dari Maribor, Slovenia, dan ayah Jerman di São Bernardo do Campo, sebuah kota di negara bagian São Paulo. Ayahnya adalah seorang insinyur mekanik yang bekerja untuk Mercedes-Benz Brazil dan ibunya adalah seorang guru bahasa Jerman dan artis amatir. Pada usia dini, Kisser menunjukkan minat dalam musik. Dia berusia 10 tahun ketika ia mulai mendengarkan rekaman The Beatles, Roberto Carlos dan Tonico & Tinoco milik orangtuanya. Ia menerima gitar akustik pertamanya dari neneknya dan kemudian memenangkan gitar kedua di permainan Bingo. Pada awal masa remaja Kisser mulai bermain gitar akustik pertama kali belajar akord dasar dari repertoar musik populer Brasil dan kemudian musik klasik. Seorang teman kemudian memperkenalkan Kisser ke hard rock dengan band-band seperti Queen dan Kiss yang memiliki pengaruh besar pada dirinya. Pada 1983 ia pergi untuk melihat Kiss tampil di São Paulo. Kisser akhirnya mendapat gitar listrik pertamanya, sebuah Giannini-Supersonic, dan pedal overdrive. Beberapa pengaruh utamanya terdiri dari Eric Clapton, Jimi Hendrix, Steve Howe, Tony Iommi, Ritchie Blackmore, Jimmy Page, Jeff Hanneman dan Randy Rhoads.


Kisser mulai tampil pada 1984 di sebuah band berisi tiga orang bernama Esfinge, yang dibentuk dengan teman-teman sekolah dan di mana ia bermain gitar dan bernyanyi. Band memainkan lagu-lagu band heavy metal seperti Black Sabbath, Ozzy Osbourne, Iron Maiden, Venom dan Metallica. Dua tahun kemudian band berganti nama menjadi Pestilence dan, pada 1987, merekam sebuah demo berjudul Slaves of Pain. Lagu-lagu pada demo ini kemudian digunakan kembali oleh Sepultura di album mereka Schizophrenia dan Beneath the Remains. Namun, Pestilence berumur pendek dan akhirnya berpisah.

Pada 1987, Kisser bertemu para anggota Sepultura dan pergi untuk melihat band bermain hidup saat ia berada di perjalanan liburan ke Belo Horizonte. Pada hari konser ia bergabung dengan band sebagai roadie tambahan untuk vokalis/gitaris Max Cavalera. Dia juga bermain dengan anggota band selama jeda. Setelah kepergian gitaris asli Jairo Guedes, Kisser mengikuti audisi untuk posisi gitaris. Pada tahun yang sama ia tampil dengan band untuk pertama kalinya di Caruaru, Pernambuco dan merekam album Schizophrenia. Keterlibatannya dalam Sepultura membantu membentuk perkembangan suara band. Max Cavalera mengatakan tentang dia:

"... Ia membawa ide-ide baru dan pengaruh dalam Sepultura. Hasilnya adalah Schizophrenia."


Pada Schizophrenia dan Beneath the Remains, Kisser ikut menulis lirik dengan Max sedangkan seluruh band menulis musik bersama-sama. Untuk Arise dan setelah itu Kisser mulai menulis lagu sendiri. Kisser juga kadang-kadang mengisi vokal latar baik saat live dan pada rekaman. Dia juga mengujungtombaki band pada 1996, di Castle Donington Monsters of Rock Festival, ketika Max Cavalera terpaksa absen untuk menghadiri pemakaman anak tirinya Dana Wells.


Kisser juga anggota dari band tribute metal Hail!. Anggota band lainnya termasuk Tim "Ripper" Owens, Paul Bostaph, David Ellefson, Mike Portnoy, Jimmy DeGrasso, Phil Demmel dan Roy Mayorga. Hail! dibentuk pada akhir 2008 oleh Ellefson dan manajer musik Mark Abbatista. Lineup asli band ini, yang terdiri dari DeGrasso, Ellefson, Kisser dan Owens, memulai serangkaian konser pada 2009 di Chili. Band ini kemudian melakukan tur Eropa dan memainkan sebuah konser eksklusif di Lebanon. Pada 2010, Hail! melanjutkan tur Eropa kedua dan memainkan sejumlah pertunjukan AS dengan line-up berikut: Andreas Kisser, Tim "Ripper" Owens, Paul Bostaph dan James LoMenzo.


Pada Desember 2012, Kisser membentuk supergrup Amerika Latin De La Tierra dengan Alex González dari Mana, Andrés Gimenez dari A.N.I.M.A.L. dan Sr. Flavio dari Los Fabulosos Cadillac. Band ini pertama kali merilis cuplikan dan sejumlah potongan di belakang layar rekaman sebelum merilis single perdana mereka "Maldita Historia" pada 2013.


Kisser bekerja pada tiga soundtrack film Brasil. Untuk No Coração dos Deuses ( "In the Heart of Gods"), sebuah film drama 1999, dia bekerja pada musik dengan Igor Cavalera dan Mike Patton. Soundtrack direkam di Estudio ION di São Paulo pada Juni 1998 dan diproduseri oleh André Moraes. Pada 2001 Kisser bekerja bersama Tony Bellotto, Eduardo de Queiros, Charles Gavin pada musik film kejahatan pemenang penghargaan Bellini and the Sphynx. Kisser berkolaborasi lagi pada soundtrack untuk sekuel 2008 Bellini and the Devil.


Pada Agustus 2009, Kisser merilis album debut solonya berjudul Hubris I & II. Ketika tidak aktif dengan Sepultura Kisser bereksperimen dengan ide-ide musik, menulis dan merekam materi demo, beberapa di antaranya telah dikerjakan selama 15 tahun sebelum rilis album. Pada 2007, ia mengunggah video pendek beberapa proses rekaman melalui akun YouTube-nya. Hal ini akhirnya mengambil 6 tahun waktu Kisser untuk menyelesaikan album di mana ia menangani sebagian besar tugas produksi sendiri. Pada bulan-bulan setelah rilis Kisser memainkan beberapa pertunjukkan di Brasil untuk mempromosikan album dan mengambil bagian dalam syuting video musik untuk lagu "Em Busca Do Ouro". Album ini akhirnya dinominasikan pada 2010 Grammy Latin dalam kategori "Brasil Rock Album Terbaik".

Kisser bekerja pada berbagai proyek musik. Antara 1995 dan 1996 Kisser merekam sejumlah lagu demo dengan Jason Newsted dan Tom Hunting di bawah moniker yang berbeda. Untuk proyek pertama trio ini merekam tiga lagu demo di bawah nama Sexoturica yang kemudian menjadi bagian dari album kompilasi IR8 vs Sexoturica. Untuk proyek kedua, yang bernama Quarteto da Pinga dan yang menampilkan Robb Flynn, mereka merekam dua lagu dan sebuah cover. Pada 1996 Kisser membarui kolaborasinya dengan Newsted pada proyek lain yang bernama Godswallop yang menyertakan Carl Coletti pada drum dan Sofia Ramos pada vokal.

Selanjutnya, Kisser telah membuat beberapa penampilan tamu di album band lain, memberikan gitar tambahan (lead) dan/atau vokal tambahan. Dia telah tampil di album dari band-band seperti Asesino, Astafix, Biohazard, Burning in Hell, Claustrofobia, Korzus , Krusader, Nailbomb, Ratos de Porão dan The AK Corral. Pada 2005, Kisser mengambil bagian dalam rekaman album Roadrunner United. Ia bermain gitar pada lagu "The Enemy", "Baptized in the Redemption", dan "No Mas Control". Dia juga bermain di Konser Ulang Tahun ke-25 mereka. Pada 2008 Kisser bekerja pada sebuah album tribute the Beatles Brasil Album Branco, yang direkam di Bavini Studio di São Paulo. Ia bermain gitar di trek Piggies dan Helter Skelter.

Di samping pekerjaannya sebagai musisi, Kisser telah terlibat dalam proyek-proyek lain sebagai produser. Pada 1992 Kisser ikut memproduseri album milik Hammerhead, Shadow of a Time to Be. Pada 2004 ia merekam tiga lagu untuk band rock Brasil Sayowa yang muncul di album debut band Treme Terra. Pada tahun yang sama ia membantu memproduseri album Necromancia Check Mate dan mengisi gitar tambahan dan vokal latar pada lagu judul album Greed Up To Kill. Pada 2006 ia memproduseri album kedua Sayowa. Album ini juga ikut diproduseri oleh band itu sendiri dan Stanley Soares.

Pada 1992, Kisser tidak berhasil mengikuti audisi untuk posisi sementara dari gitaris ritem Metallica, sebagai pengganti sementara dari James Hetfield , yang telah menderita luka bakar parah di tangannya selama pertunjukan live. Kisser telah direkomendasikan untuk Metallica melalui Phil Rind dari Sacred Reich yang kenal baik dengan Jason Newsted.

Pada 2008, Ia mengambil bagian dalam Scorpions Humanity World Tour di Meksiko dan Brazil sebagai musisi tamu, merekam DVD "Amazonia - Live in the Jungle".

Pada 2011, Kisser menggantikan gitaris Anthrax Scott Ian untuk beberapa jadwal tur Eropa (02-16 Juli), termasuk pertunjukan Big 4 Sonisphere Festival di Gothenburg, Swedia serta Knebworth, Inggris dan Amneville, Perancis, saat Ian dan istrinya Pearl Aday menantikan kelahiran anak pertama mereka.

Kisser memainkan beberapa konser dengan band cover the Beatles Brasil Clube Big Beatles di The Cavern Club di Liverpool dan, pada Agustus 2012, diberi batu bata sendiri di dinding ketenaran Cavern Club. Dengan demikian ia menjadi pemain Brasil pertama yang memilikinya, dan gitaris metal modern pertama yang dihormati dengan cara itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...