Laman

Minggu, 28 Agustus 2016

TIM BOGERT




Dilahirkan di New York City, New York, AS, pada 27 Agustus 1944 dengan nama John Voorhis Bogert III. Dia lulus dari Ridgefield Memorial High School di kota asalnya pada 1963. Seabagi seorang bass gitaris dan vokalis dia dikenal dengan solo bassnya dan karyanya dengan Vanilla Fudge, Cactus dan power trio Beck, Bogert & Appice.

Vanille Fudge dibentuk bersama dengan Mark Stein, Vince Martell, dan Carmine Appice. Mereka merekam 5 album selama tahun 1967-69, sebelum bubar pada 1970. Band ini telah melakukan reuni dengan berbagai perubahan selama bertahun-tahun.


Pada 1970 Bogert membentuk band rock Cactus dengan drumer Carmine Appice, gitaris Jim McCarthy dan Rusty Day, dan bermain dengan gitaris Jeff Beck, setelah Jeff Beck Group kedua dibubarkan pada 1972 dan kemudian menjadi anggota power trio Beck, Bogert & Appice, pada akhir 1972. Sebagai salah seorang anggota Jeff Beck Group, dia melakukan tur di Eropa, Japan dan AS dari Januari 1972 hingga Januari 1974. Pada akhir 1975, dia bermain bass gitar pada album all star The 20th Anniversary of Rock 'n' Roll milik Bo Diddley.


Bogert kemudian bergabung dengan Bobby & The Midnites, sebuah proyek musik sampingan yang dibentuk oleh gitaris dan vokalis Bob Weir dari The Grateful Dead. Meskipun melakukan tur dengan grup itu, Bogert keluar sebelum mereka merilis album dan digantikan oleh Alphonso Johnson. Dia kemudian bergabung dengan grup UK Boxer dan bermain pada album terakhir mereka "Absolutely" pada 1977 - dia ikut menulis 3 trek pada album ini. Band ini bubar pada 1978. Selama 1981 Bogert melakukan tur dengan gitaris Rick Derringer dan merilis sebuah album Progressions. Dia merekam album keduanya Master's Brew pada 1983 dan merekam Mystery dengan Vanilla Fudge pada 1984. Pada 1981 Bogert menjadi anggota fakultas di the Musician Institute di Hollywood. Pada 1993 dia bekerja dengan gitaris asal Jepang Pata, juga dengan Carmine Appice dan mereka melakukan rekaman album Pata.


Pada awal 1999 The Hollywood Rock Walk of Fame mengakui kontribusi Tim Bogert di sejarah rock. Kemudian pada 1999 dia bekerja dengan Triality, dan Shelter Me. Pada 2000 Tim dan Carmine Appice membentuk power trio DBA dengan Rick Derringer dan melakukan tur dengan Vanilla Fudge.


Pada 2008, Bogert memutuskan pensiun dari melakukan tur. Selama 2009 Bogert bergabung dengan trio blues-rock Blues Mobile Band dan merekam "Blues Without Borders" (2009) di Los Angeles.

Pada 2010 Bogert, dengan Mike Onesko pada gitar & vokal dan Emery Ceo pada drum (keduanya dari the Blindslide Blues Band), merekam Big Electric Cream Jam, sebuah tribute live berjumlah 10 trek untuk Cream, direkam live di The Beachland Ballroom Euclid Ohio.

Pada awal 2014 Bogert bergabung dengan band hard rock Hollywood Monsters dimana dia bermain di album "Big Trouble" (pada 3 trek) yang dirilis pada 2014 oleh Mausoleum Records. Album ini menampilkan Steph Honde pada vokal dan gitar, Vinny Appice pada drum, Don Airey pada kibord dan Paul Di'Anno pada vokal utama pada trek bonus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...