Laman

Rabu, 31 Agustus 2016

REB BEACH




Dilahirkan dengan nama Richard Earl Beach, Jr. pada 31 Agustus 1963 di Pittsburgh, Pennsylvania, AS. Dia adalah anggota dari band Winger dan Whitesnake.

Gaya permainan Reb Beach terpengaruh oleh Kiss, Aerosmith, Queen, Van Halen dan Jimi Hendrix, Gitaris favoritnya adalah Billy Gibbons, Jeff Beck, Allan Holdsworth, Steve Morse, David Gilmour, Drew Zing (Steely Dan) dan Peter Frampton.


Setelah lulus dari Fox Chapel Area High School dan belajar di Berklee College of Music pada awal 1980-an, dia bermain di band pendukung Fiona dan menjadi musisi studio yang aktif, bekerja sama dengan para musisi seperti Howard Jones, Chaka Khan, The Bee Gees, Twisted Sister, dan Roger Daltrey, menunjukkan kemampuan Beach untuk beradaptasi dengan beragam gaya musik.


Saat bekerja sama dengan Fiona, dia diperkenalkan kepada Kip Winger yang sedang melakukan tur dengan Alice Cooper pada saat itu. Kemudian mereka membentuk band Sahara bersama dengan Rod Morgenstein dan Paul Taylor, yang kemudian berganti nama menjadi Winger.


Winger melakukan rekaman dan tur dalam mendukung 3 album, Winger (1988), In the Heart of the Young (1990) dan Pull (1993). Band ini juga merilis sejumlah singel hit, antara lain "Seventeen", "Madalaine", "Headed for a Heartbreak" dan "Miles Away".


Setelah Winger bubar pada pertengahan 1990-an, Beach pertama-tama bergabung dengan band Alice Cooper dan kemudian menggantikan George Lynch di band Dokken. Dengan Dokken dia merekam satu album studi berjudul Erase the Slate (1999) dan sebuah DVD live berjudul Live from the Sun.


Dia juga terlibat dengan Sega, saat dia merekam soundtrack untuk video game Daytona USA 2.

Sejak meninggalkan Dokken, Beach sudah menjadi bagian dari beberapa proyek rekaman dan tur yang berbeda. Selain melakukan tur sporadis dengan Winger, dia merilis sebuah album solo berjudul Masquarade pada 2002. Sejak 2002 dia menjadi anggota band milik David Coverdale, Whitesnake dan menjadi gitaris/anggota terlama band itu hingga kini.


Sebuah proyek "supergroup" bernama The Mob dengan frontman King's X Doug Pinnick dan drumer Night Ranger Kelly Keagy, menghasilkan sebuah album self-titled, yang dirilis pada 2005.


Winger yang telah terbentuk kembali merilis album pertama mereka selama lebih dari 1 dekade, IV pada 2006.


Dia menggantikan Jeff Watson di Night Ranger untuk serangkaian jadwal tur di Jepang dan AS, tapi mengumumkan kepergiannya pada Januari 2008.


Dia saat ini membagi waktunya antara Winger dan Whitesnake, merekam Better Days Comin' pada 2014 dengan Winger, dan The Purple Album dengan Whitesnake pada 2015. Dia melanjutkan untuk melakukan tur dengan kedua band tersebut.


Menurut rekan band Kip Winger, Reb sering datang dengan riff rock yang beragam pada suatu saat, walaupun dia sering tidak bisa mengingat mereka kemudian.

Ibanez Guitars menghasilkan model RBM signature miliknya (kepanjangan dari Reb Beach Model) pada awal 1990an. Pada tur reuni Whitesnake 2005, dia sering menggunakan model miliknya buatan luthier Suhr Guitars.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...