Laman

Jumat, 12 Agustus 2016

RICHIE RAMONE




Dilahirkan dengan nama Richard Reinhardt, pada 11 Agustus 1957 di Passaic, New Jersey, AS.

Richie bergabung dengan band pada Februari 1983 setelah perilisan album Subterranean Jungle, dan muncul di dua video musik dari album itu, walaupun dia tidak bermain di rekaman itu. Di awal bulannya dengan grup itu dia mematahkan tradisi dari mengadopsi nama belakang Ramones dan malahan tampil dibawah nama panggung Richie Beau. Namun, pada saat rekaman pertamanya dengan band dia merubah nama menjadi Richie Ramone. Dia bermain pada album – album Ramones, Too Tough to Die, Animal Boy dan Halfway to Sanity dan muncul di album kompilasi mereka Greatest Hits, Loud, Fast Ramones: Their Toughest Hits dan Weird Tales of the Ramones, dan di DVD live the Ramones, It’s Alive 1974-1996. Dia menulis lagu hit Ramones “Somebody Put Something in My Drink” yang dimasukkan di album Ramones Mania, album Ramones pertama yang mendapat emas, juga “Smash You”, “Humankind”, “I’m Not Jesus”, “I Know Better” dan “(You) Can’t Say Anything Nice”. Lagu-lagu karya Richie “I’m Not Jesus” dan “Somebody Put Something in My Drink” sudah di-cover oleh para band generasi baru seluruh dunia, terutama band-band metal seperti Children of Bodom dan Behemoth.


Richie adalah satu-satunya drummer yang menyanyikan vokal utama pada lagu-lagu Ramones, termasuk “Can’t Say Anything Nice” dan yang tidak dirilis “Elevator Operator”, juga berbagai demo Ramones. Frontman utama Ramones dan ikon punk Joey Ramone mengatakan tentang Richie: “Richie sangat berbakat dan dia sangat berbeda … Dia sangat menguatkan band seratus persen karena dia menyanyikan lagu latar, dia menyanyikan vokal utama, dan dia menyanyi dengan karya Dee Dee. Di masa lalu, selalu hanya saya yang menyanyikan sebagian besar lagu.” Richie tampil lebih dari 500 pertunjukan dengan the Ramones di seluruh dunia, termasuk Amerika Selatan, dimana para penggemar Richie memproklamirkan “Richie” dan “Drink”.

Hubungan dari para anggota Ramones sering bermasalah, seperti yang didokumentasikan dalam sebuah buku milik manajer tur yang berusia 22 tahun Monte Melnick, On the Road with The Ramones, dan buku Mickey Leigh, I Slept with Joey Ramone. Dalam documenter End of the Century: The Story of the Ramones, Richie mengungkapkan bahwa dia memiliki perbedaan artistik dengan Johnny Ramone yang  meningkat dalam studio rekaman saat Richie melakukan mixing Halfway to Sanity di tengah malam atas permintaan Joey Ramone untuk memperbaiki album. Namun, Richie menikmati pertemanan akrab dengan penulis lagu/bassis Dee Dee Ramone dan Joey Ramone yang mengatakan, “(Richie) menyelematkan band sejauh yang saya tahu. Dia adalah sesuatu yang hebat yang terjadi untuk the Ramones. Dia meleteakkan semangat kembali dalam band.”

Richie meninggalkan band secara tiba-tiba pada Agustus 1987. Menurut wawancara dalam film End of the Century: The Story of the Ramones, dia keluar setelah Johnny Ramone menolak membagi hasil penjualan t-shirt dengannya. Kemudian, Richie mengerjakan rekaman solo Dee Dee Ramone. Richie secara singkat digantikan oleh Elvis Ramone (aka Clem Burke dari Blondie dan Romantic). Setelah Elvis hanya bermain 2 pertunjukan, pendahulu Richie, Marky Ramone kembali bergabung dengan band dan bertahan hingga band bubar pada 1996.

Pada September 2007, Richie melakukan tuntutan hukum berjudul Reinhardt v. Wal-mart Stores, Inc. et al. di Wilayah selatan New York. Dia menuntut bahwa hak cipta dari enam lagu yang dia tulis untuk the Ramones sudah dilanggar saat manajemen band mengijinkan rekaman band untuk penjualan sebagai unduhan gratis. Tertuduh adalah Wal-mart Stores, Inc., Apple, Inc, RealNetworks, Inc., Taco Tunes, Inc., Ramones Productions, Inc., Estate of John Cummings, Herzog & Strauss, dan Ira Herzog (dia menuntut band, manajernya, perusahaan penerbitannya, dan tiga penjual utama dari unduhan gratis.) Hakim Shira A. Scheindlin membatalkan kasus ini pada Mei 2008, karena pada dasarnya tidak ada pelanggaran hak cipta, walau dia mengetahui ada masalah lain yang tidak terselesaikan antara Richie Ramones dan mantan bandnya. Dan memang terbukti, dan jalan keluar dihasilkan dimana Richie mendapatkan hak penulisan dan penerbitan penuh untuk lagu-lagu yang dia dia tulis saat bersama the Ramones.

Richie masih aktif dalam musik, sebagai composer dan instrumentalis. Pada Agustus 2007, dia melakukan debut dalam komposisi klasik berjudul “suite for Drums and Orchestra” (berdasarkan tema dari West Side Story) dengan Pasadena Pops. Richie Ramone tampil sebagai solois dan composer konser itu, sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh seoranh drummer punk rock. Acara ini diadakan oleh pengarah musik Pops, Rachael Worby dan menerima pengakuan kritis yang mencatat bahwa Richie “membawa para penonton kembali berdiri setelah permainan drumnya yang lebih cepat dari mata manusia dapat mengikutinya”. Richie terus bermain di Joey Ramone Birthday Bashes tahunan dan dalam persiapan untuk melakukan tur dengan band barunya. Pada 2011, Ramones diberi penghargaan Grammy Lifetime Achievement Award. Selama pidato Richie Ramone di acara penghargaan itu, Richie menyebut ini adalah pertama jail dalam sejarah bahwa ketiga drummer tampil bersama dan menyebut bahwa dia tidak bisa “…berpikir bahwa (Joey Ramone) memandang kita saat ini dengan senyum kecil di wajahnya dibelakang kacamatanya yang berwarna bunga mawar.”

Richie merekam sebuah album dengan Gobshites pada 25-27 Nopember 2011. Pada 2012, Richie merekam sebuah EP lima lagu dengan band punk rock Canada the Rock n Roll Rats. Richie adalah satu-satunya anggota Ramones yang masih hidup yang tampil di album solo kedua Joey Ramone yang lama ditunggu, Ya Know?, yang dirilis pada 22 Mei 2012.

Pada 2013, dia teken kontrak dengan DC-jam Records dan merilis album solo pertamanya, "Entitled," pada 8 Oktober 2013. Billboard melakukan debut single pertama dari LP, “Criminal” dan mencatat, “Kembali memegang tugas penulisan lagu, 12 lagu baru milik Ramone ini siap untuk membuat senang para penggemar rock dan metal yang menggabungkan kesederhanaan kord dan keahlian pahlawan gitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...