Laman

Minggu, 01 Mei 2016

D'ARCY WRETZKY




Lahir pada 1 Mei 1968 di South Haven, Michigan, AS, dengan nama D'arcy Elizabeth Wretzky-Brown, merupakan pemain bass orisinil dari band rock alternatif The Smashing Pumpkins.


Ibunya adalah seorang musisi yang bekerja sebagai penyanyi lounge, mendorong D’arcy dan kakak-kakaknya untuk bermain musik. Saat tumbuh, dia memainkan violin dan oboe, dan tampil di sebuah kor. Dia juga mengerjakan gimnastik. Wretzky berniat memulai karir musik sejak dia berusia 10 tahun. Dia kemudian meminta kepada ayahnya, seorang yang hobi menunggang kuda, sebagai “seorang pria yang sangat aneh.” Wretzky muda menggambarkan dirinya “tomboy,” dan memiliki hubungan yang tidak akrab dengan kakaknya. Wretzky menderita demam panggung selama masa kecilnya. Dia belajar di L.C. Mohr High School di South Haven, dimana dia mulai tertarik dalam post-punk dan bermain di sejumlah band cover. Setelah SMA, dia pindah ke Perancis untuk bergabung dengan sebuah band, tapi band itu sudah dibubarkan saat kedatangannya, memaksanya untuk kembali ke AS. Dia kemudian pindah ke Chicago dan menghabiskan musim panas tinggal dengan teman-temannya dan menonton konser. Wretzky menyatakan bahwa dia pemain bass otodidak.

Setelah sebuah konser di klub rock lokal, Wretzky mendengar Billy Corgan mengkritik band yang telah tampil. Sebuah argumen dan diskusi menyusul, dan Corgan merekrutnya ke dalam bandnya, Smashing Pumpkins baru, yang saat itu, adalah Corgan, James Iha, dan sebuah mesin drum. Wretzky menerima, dan Jimmy Chamberlain melengkapi lineup beberapa bulan kemudian, setelah Joe Shanahan mendorong Corgan untuk menambah seorang drummer live.


Wretzky adalah bassis pada lima album studio pertama Smashing Pumpkins: Gish, Siamase Dream, Mellon Collie and the Infinite Sadness, Adore, dan Machina/The Machines of God. Namun, hal itu ditegaskan baik oleh dia dan Corgan, bahwa Corgan memainkan trek bass untuk Siamase Dream karena dia dapat menyelesaikannya dalam sedikit pengambilan. Wretzky kadang berkontribusi vokal latar di konser, dan di album studio. Dia berkontribusi vokal di beberapa lagu Smashing Pumpkins termasuk “Daydream” dari Gish, banyak lagu di Siamase Dream, “1979”, “Cupid De Locke”, “Farewell and Goodnight”, “Beautiful”; “Where Boys Fear To Tread” dari Mellon Collie, dan “Dreaming” dan “The Bells” dari The Aeroplane Flies High. Wretzky juga ikut menulis satu lagu Smashing Pumpkins, “Daughter”.

Waktu Wretzky di band ditandai oleh periode yang berubah dari kebahagiaan dan ketidaknyamanan. Corgan menganggapnya “moral authority” dan “moral conscience” dari band. Di puncak kesuksesan dari Mellon Collie and the Infinite Sadness tahun 1995, Corgan mengatakan dia memulai sebuah “apparent slow descent into insanity and/or drugs (take your pick.” Setelah sembilan jadwal yang singkat dari tur “The Arising” pada April 1999 dimana keempat anggota asli tampil bersama sejak 1996, Wretzky memutsukan untuk meninggalkan band dengan tujuan untuk mengejar karir akting. Band merekam Machina/The Machines of God pada saat itu dan akhirnya dia memainkan sangat sedikit bagian bass pada album itu. Sebagian besar bagian bass ditangani oleh Corgan sendiri. Tidak lama setelah meninggalkan grup, dia ditangkap karena kepemilikan kokain. Corgan kemudian mengatakan dia “dipecat karena sangat kecanduan narkoba yang menolak untuk mendapatkan bantuan.” Dia digantikan pada tur Machina 2000 oleh mantan bassis Hole Melissa Auf der Maur.

Wretzky bergabung dengan band Catherine sebagai vokalis kedua untuk album terakhir mereka Hot Saki and Bedtime Stories. Dia juga muncul di dua video untuk Four Leaf Clover. Pada saat itu, Wretzky menikah dengan anggota Catherine Kerry Brown.

Wretzky berkontribusi vokal pada lagu “One and Two” pada album solo James Iha pada 1998, Let It Come Down.

Pada 1999, dia berkontribusi vokal pada dua lagu Filter, “Cancer” dan “Take a Picture”. Selama waktu ini, dia bekerja sama dengan pemain cello Eric Remschneider, dengan siapa dia bekerja sama saat Eric melakukan rekaman dengan the Smashing Pumpkins.

Wretzky tidak berpartisipasi di reuni Smashing Pumpkins. Pada 2008, dia dan mantan rekan seband James Iha melayangkan tuntutan hukum terhadap Virgin Records untuk menjual ringtone dari lagu-lagu Smashing Pumpkins tanpa sepengetahuan mereka.

Wretzky adalah seorang penggemar Star Trek dan the X-Files.

Setelah bertahun-tahun jauh dari sorotan, Wretzky muncul kembali pada Juli 2009 dengan panggilan tidak terduga di Q010 Chicago dengan Ryan Manno. Selama wawancara, dia menyatakan bahwa dia tidak cukup sehat untuk menjadi musisi, dan sering menyatakan kekagumannya pada frontman Monkees davy Jones, juga mendiskusikan keluarga Silversun Pickups dan Marilyn Manson. Dia juga menjelaskan bahwa dia pernah tinggal di sebuah ladang di Michigan, bahwa dia pernah tinggal secara singkat di Austin, Texas, suatu ketika selama dekade sebelumnya, dan bahwa mantan tunangan Wendell Green telah meninggal.

Wretzky dimasukkan ke penjara pada Februari 2011 untuk tidak menghadiri empat jadwal persidangan yang berhubungan dengan tiket yang dia terima karena gagal mengendalikan kuda-kudanya. Dia menghabiskan enam hari dalam penjara. Dia juga ditangkap pada 7 Februari 2011, karena menyetir sambil mabuk di South Haven, Michigan.

Pada 2013, hubungan Wretzky dengan Corgan tetap dingin. Pada September 2014, dia berusaha memperbaiki kembali hubungan dengan Corgan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...