Laman

Sabtu, 21 Mei 2016

VINCENT CRANE




Lahir dengan nama Vincent Rodney Cheesman pada 21 Mei 1943 di Reading, Berkshire, Inggris dia belajar sendiri piano boogie woogie saat masih remaja sebelum masuk Trinity College of Music antara 1961 dan 1964. Terpengaruh oleh Graham Bond, dia memainkan Hammond organ dan pada 1967 dia bergabung dengan Arthur Brown di The Crazy World of Arthur Brown. Album debut mereka, The Crazy World of Arthur Brown (1968) berisi lagu “Fire”, single hit yang memuncaki chart di UK, Canada, dan AS, dengan organ Crane dan aransemen alat tiup yang menjadi pondasi musiknya.


Selama tur pertama mereka di AS pada 1968, Crane menderita nervous breakdown dan kembali ke UK dimana dia menghabiskan 3 atau 4 bulan di rumah sakit mental di Banstead. 
Crane bergabung lagi dengan band pada tur selanjutnya di AS, band bubar pada Juni 1969 saat Arthur Brown untuk sementara menghilang dari masyarakat dan Crane dan drummer Carl Palmer (kemudian menjadi anggota Emerson, Lake & Palmer) pergi untuk membentuk Atomic Rooster, memainkan konser pertama mereka di the Lyceum di London pada 29 Agustus bersama dengan Deep Purple. Atomic Rooster menikmati kesuksesan pada 1971 dengan dua single hit, “Tomorrow Night”, dan “Devil’s Answer”. Crane adalah satu-satunya anggota konstan band selama perubahan barisan mereka, dan menulis mayoritas materi mereka.


Crane menderita bipolar disorder dari setidaknya 1968 dan seterusnya, secara berkala menjalani perawatan luar atau di fasilitas perawatan kesehatan mental.


Dia berkolaborasi dengan para musisi lain pada sejumlah album, termasuk Rory Gallagher (Rory Gallagher, 1971), Arthur Brown (Faster Than the Speed of Light, 1979), Peter Green, Richard Wahnfried, dan Dexys Midnight Runners (Don’t Stand Me Down, 1985). Pada 1983 dia adalah bagian dari band blues singkat, Katmandu, dengan Ray Dorset, Len Surtess, dan Peter Green, yang merekam album A Case for the Blues.


Crane meninggal karena kelebihan dosis dati tablet Anadin pada 1989 di usia 45 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...