Laman

Jumat, 20 Mei 2016

MIKAEL STANNE




Lahir pada tanggal 20 Mei 1974 di Gothenburg, Swedia dengan nama lengkap Bengt Mikael Stanne adalah vokalis dan salah satu penulis lirik (juga sebelumya sebagai gitaris ritem) bagi band melodic death metal asal Swedia, Dark Tranquillity dan mantan vokalis band power metal Swedia HammerFall.


Stanne bersama dengan Niklas Sundin membentuk Dark Transquillity karena mereka bosan, bersama dengan ketertarikan dalam metal dari pengaruh mereka. Dia memainkan gitar dan menampilkan vokal latar “clean” pada album pertama Dark Tranquillity, Skydancer, juga di demo awal mereka, termasuk Enfeebled Earth yang dirilis dibawah nama Septic Broiler. Pada 1994, Anders Friden, vokalis asli Dark Tranquillity meninggalkan band untuk bergabung In Flames. Stanne kemudian menjadi vokalis baru dan tidak melanjutkan bermain gitar.

Selain vokal growling biasanya, album 1999 Dark Tranquillty, Projector memperlihatkan kemampuan bernyanyi “clean” opratiknya. Namun, setelah Projector, gaya clean sebagian besar ditinggalkan hingga perilisan dari Fiction pada 2007.


Stanne adalah vokalis asli untuk HammerFall dari 1993 hingga 1996, setelah dimana dia digantikan karena dia tidak bisa tampil dengan HammerFall karena komitmennya dengan Dark Tranquillity.

Stanne adalah vokalis sesi untuk band melodic death metal Swedia In Flames selama karir awal mereka. Dia mengisi vokal utama untuk album debut In Flames Lunar Strain pada 1993. Kontras dengan anggapan popular, Stanne tidak pernah sebagai anggota resmi dari In Flames; dia melakukan vokal sesi sebagai “bantuan” untuk In Flames, yang tidak memiliki vokalis pada saat itu.

Pada 2005, Stanne mengisi alur clean vocal in lagu Nightrage “Frozen,” bersama vokalis At the Gates Tomas Lindberg di album mereka Descent into Chaos.

Pada 2008, Stanne mengisi vokal tamu di band Scar of the Sun, hanya untuk satu lagu, yang berjudul Ode To a Failure.

Pada 2010 Stanne menjadi tamu di album sebut Solution .45 dengan berkontribusi lirik untuk sebagian besar lagu dan mengisi vokal pada lagu “Bladed Vaults” dan “On Embered Fields Adust.”

Pada 2010, Stanne mengisi vokal di lagu Weather The Storm oleh Insomnium.

Pada 2010, Nightrage merilis lagu Gallant Deeds, sebuah lagu yang tidak dirilis oleh Stanne dari sesi Descent into Chaos. Lagu ini kini tersedia di rilisan ulang Nightrage dari Vengeance Descending.

Pada 2011, Stanne muncul pada lagu Wastelands Within oleh Mourning Caress, untuk album mereka Deep Wounds, Bright Scars.

Pada 2012, Stanne muncul pada lagu Skin Changer oleh Helcaraxe untuk album mereka Red Dragon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...