Laman

Kamis, 19 Mei 2016

JOEY RAMONE




Lahir pada 19 Mei 1951, di Forest Hill, Queens, New York, AS, dengan nama Jeffrey Ross Hyman dari Charlotte Lesher (nee Mandell) dan suaminya Noel Hyman. Keluarga itu tinggal di Forest Hill, Queens, New York dimana Hyman dan calon rekan seband Ramones-nya bersekolah di Forest Hills High School. Walaupun bahagia, Hyman menjadi seseorang yang terbuang, didiagnosa pada usia 18 tahun dengan obsessive-compulsive disorder. Dia tumbuh dengan kakaknya Mickey Leigh. Ibunya, Charltte Lesher, bercerai dari suaminya, Noel Hyman. Charlotte menikah untuk yang kedua kalinya tapi menjadi janda karena kecelakaan mobil saat sedang berlibur.

Hyman adalah penggemar The Beatles, The Who, David Bowie, dan The Stooges, juga lagu-lagu lama dan “girl groups” yang dihasikan Phil Spector. Idolanya adalah Pete Townsend dari The Who, yang mempunyai tanggal lahir sama. Hyman mulai bermain drum pada usia 13 tahun, dan bermain selama masa remajanya. Sebelum bergabung dengan the Ramones, dia adalah vokalis dari band bernama Sniper.

Pada 1972 Hyman bergabung dengan band glam punk Sniper. Sniper bermain di the Mercer Arts Center, Max’s Kansas City dan the Coventry, bersama the New York Dolls, dan Queen Elizabeth III. Hyman bermain dengan Sniper dibawah nama Jeff Starship. Mickey Leigh: “Saya terkejut saat band keluar. Joey adalah penyanyi uta,a dan saya tidak bisa mempercayai betapa bagusnya dia saat itu. Karena dia pernah duduk di rumah saya dengan gitar akustik, menulis lagu-lagu seperti ‘I Don’t Care’, memakai gitar saya, dan tiba-tiba dialah orang yang ada di atas panggung yang mata anda tidak bisa beralih dari dia.” Hyman terus bermain dengan Sniper hingga awal 1974, saat dia digantikan olrh Alan Turner.


Pada 1974, Hyman ikut mendirikan band punk rock the Ramones dengan teman-temannya John Cummings dan Douglas Colvin. Colvin sudah menggunakan nama alias “Dee Dee Ramone” dan yang lainnya juga mengadopsi nama panggung menggunakan “Ramone’ sebagai nama belakang mereka: Cummings menjadi Johnny Ramone dan Hyman menjadi Joey Ramone. Nama “Ramone” berasal dari Paul McCartney; dia secara singkat menggunakan nama panggung “Paul Ramone” selama 1960/1961, saat the Beatles, masih band beranggotakan lima orang yang belum terkenal dengan nama the Silver Beetles, melakukan tur Irlandia dan semuanya memakai nama alias; dan lagi pada album Steve Miller 1969 dimana dia bermain drum pada satu lagu menggunakan nama itu.

Joey awalnya bertindak sebagai drummer grup sedangkan Dee Dee Ramone adalah vokalis asli. Namun, saat kord vokal Dee Dee terbukti tidak bisa memenuhi permintaan penampilan live konsisten, manajer Ramones Thomas Erdelyi menyarankan Joey beralih ke vokal. Setelah serangkaian audisi yang gagal untuk mencari drummer baru, Erdelyi mengambil alih peran drum, menggunakan nama Tommy Ramone.

The Ramones adalah pengaruh besar dalam gerakan punk rock di AS, walau mereka hanya menerima kesuksesan komersil kecil. Satu-satunya rekaman mereka dengan penjualan AS yang cukup untuk disertifikasi emas adalah album kompilasi Ramones Mania. Pengenalan akan pentingnya band ini terbangun bertahun-tahun, dan mereka kini secara rutin tampil di banyak pengakuan dari all-time great rock music, seperti daftar Rolling Stones dari the 50 Greatest Artists of All Time dan 25 Greatest Live Albums of All Time, 100 Greatest Artists of Hard Rock dari VH1, dan 100 Greatest Albums dari Mojo. Pada 202, the Ramones dipilih sebagai the second greatest rock dan roll band ever di Spin, dibawah the Beatles.

Pada tahun 1996, setelah tur di festival musik Lollapalooza, mereka tampil terakhir kalinya dan kemudian bubar.

Pada 1985, Joey bergabung dengan grup aktifis industri musik Steven Van Zandt, Artist United Against Apartheid yang berkampanye terhadap resor Sun City di Afrika Selatan. Ramone dan 49 artis rekaman lain – termasuk Bruce Springsteen, Keith Richards, Lou Reed dan Run DMC – berkolaborasi pada lagu “Sun City”, dimana mereka bersumpah mereka tidak akan tampil di resor itu.

Pada 1994, Ramone muncul di album Love and Glitter, Hot Days and Music milik Helen Love, menyanyikan trek “Punk Boy”. Helen Love memberikan balasan, menyanyi di lagu Ramone “Mr. Punchy”.

Ramone ikut menulis dan merekam lagu “Meatball Sandwich” dengan Youth Gone Mad. Untuk masa singkat sebelum kematiannya, dia mengambil peran manajer dan produser untuk band punk rock the Independents.

Rekaman terakhirnya sebagai vokalis adalah vokal latar di CD One Nation Under oleh grup rock Dine Navajo, Blackfire. Dia muncul di dua trek, “What Do You See” dan “Lying to Myself”. CD 2002 ini memenangkan “Best Pop/Rock Album of the Year” di the 2002 Native American Music Awards.

Ramone memproduseri album She Talks to Rainbows milik Ronnie Spector pada 1999. Album ini mendapatkan pengakuan kritikus, tapi bukan kesuksesan komersil besar. Trek judul sebelumnya ada di album studio terakhir Ramones, !Adios Amigos!.

Hyman meninggal karena lymphoma di rumah sakit New York-Presbyterian pada 15 April 2001, satu bulan sebelum berulang tahun yang ke 50, tujuh tahun setelah didiagnosa. Dia dilaporkan sedang mendengarkan lagu “In a Little While”oleh U2 saat dia meninggal. Dalam sebuah wawancara pada 2014 untuk radio 538, Bono menegaskan bahwa keluarga Joey Ramones mengatakan padanya bahwa Joey mendengarkan lagu itu sebelum dia meninggal, dimana Andy Shernoff (The Dictators) juga menegaskannya.

Album solonya Don’t Worry About me dirilis pada 2002, dan menampilkan sebuah single “What a Wondeful World”, sebuah cover dari Louis Armstrong. MTV mengkalim: “Dengan merk dagangnya mawar berwarna bayangan, jaket kulit hitam, rambut panjang sebahu, celana jin robek dan vokal berbeda dan lantang, Joey adalah godfather of punk yang ikonik.”

Pada 30 Nopember 2003, sebuah blok dari East 2nd Street di New York City secara resmi diberi nama Joey Ramone Place. Ini adalah blok dimana Hyman pernah tinggal dengan rekan seband Dee Dee Ramone, dan dekat dengan mantan situs dari klub musik CBGB, dimana the Ramones memulainya. Ulang tahun Hyman dirayakan setiap tahun oleh klub-klub malam New York, diadakan di New York oleh adiknya, hingga 2007, ibunya, Charlotte. Hyman dimakamkan di Hillside Cemetery di Lyndhurst, New Jersey.

Pada 2001, the Ramones disebut sebagai calon anggota Rock N' Roll Hall Of Fame, sebelum acara yang diadakan lebih awal di tahun berikutnya.

Lagu pembuka dari album 2014 milik U2, Song of Innocence berjudul “The Miracle (of Joey Ramone)”, memberikan penghormatan untuk pengaruh Ramones pada U2 dari sebuah pertunjukan dimana para anggota band pernah menonton di akhir 1970an. Penyanyi utama Bono mengklaim bahwa Joey Ramone menunjukkan padanya cara menyanyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...