Laman

Senin, 16 Mei 2016

DAVID HENZERLING




Lahir dengan nama David Philip Henzerling pada 3 Mei 1961 di Cincinnati, Ohio, AS. Dia adalah kakak dari Dan Henzerling, juga seorang musisi dan memiliki dua adik perempuan. Dia pindah ke Phoenix, Arizona dengan keluarganya pada Desember 1969. Dia mengklaim telah diberkahi dengan keberuntungan yang baik karena “…tumbuh di 60an, menjadi remaja di 70an, menjalani usia 20an saya selama 80an yang hebat dan memulai sebuah keluarga di 90an…saya pikir saya memperolehnya dari yang terbaik dari yang ditawarkan pada tiap dekade…”


Walaupun obsesi masa anak-anaknya selalu terpenuhi (dia adalah kolektor buku komik dan artis kartun), musik selalu menjadi hasrat utamanya. Sebagai seorang gitaris, dia menyebut Ritchie Blackmore (Deep Purple), Edward Van Halen (Van Halen), dan Ace Frehley (Kiss) sebagai pengaruh utamanya. Pada usia 14 tahun, pamannya membawanya ke konser pertamanya – “itu adalah Joe walsh dan Charlie Daniels pada 1975”, David berkata, “Dari not pertama yang dimainkan, saya terpukau! Setelah itu, saya selalu menonton setiap pertunjukan yang datang (ke Phoenix)”.


David adalah anggota dari band cover hard rock asal Scottsdale, AZ The Schoolboys pada akhir SMA pada 1979. Di musim panas 1980, band memutuskan untuk mulai menulis dan menampilkan lagu-lagu asli, menyebut diri mereka sebagai versi Amerika dari Def Leppard, band asal Sheffield, Inggris dengan genre musik yang sama yang baru memulai mendapatkan pengakuan internasional. Mereka merilis EP 12” Singin’, Shoutin’ dan tampil di dua album kompilasi oleh stasiun radio FM lokal KDKB. Namun, lineup itu hanya sebentar, dan baik David dan drummer John Covington meninggalkan band pada awal 1981 karena perbedaan kreatif dalam arah dan gaya musik.


“Bahkan  di usia 19 tahun, saya telah mulai lelah dengan gaya hidup tengah malam rock ‘n roll dan hanya ingin berkonsentrasi pada pembuatan musik yang hebat. Itu dan fakta bahwa orang lain ingin lebih kea rah heavy metal seperti Judas Priest dan Iron Maiden. Saya selalu ingin ada di dalam format yang lebih bisa didengar radio, melodik, AOR dan menjauh dari semua jaket kulit dan rantai…” David berbicara tentang pengunduran dirinya dari The Schoolboys.


Keputusan untuk meninggalkan The Schoolboys adalah sesuatu yang penting, karena itu menandakan suatu titik balik yang membawa kepindahan David ke Los Angeles pada 1984 untuk bergabung dengan band Keel. David hanya bermain satu petunjukan dengan Keel pada Maret 1984 di Perkins Palace di Pasadena, CA dimana dia dengan cepat dilihat dan direkrut oleh drummer veteran Carmine Appice (Vanilla Fudge, Rod Stewart, Ozzy Osbourne) untuk sebuah band baru yang diberi nama King Kobra. Tidak lama setelah bergabung, manajer band menyarankan David untuk merubah nama belakangnya ke sesuatu yang lebih mudah bagi Hollywood, maka nama alias “Michael-Philips” diadopsi (penggunaan Philips datang dari nama tengah David). King Kobra teken kontrak dengan Capitol Records pada Juni 1984 dan LP debut mereka Ready to Strike diproduseri oleh Spencer Proffer (Quiet Riot) dirilis pada Maret 1985. Single pertama band “Hunger” tampil secara rutin di MTV dan mereka melakukan tur mendukung grup Autograph. Single kedua “Tough Guys” di-remix oleh Steve Thompson (Korn, Whitney Houston, Guns N’ Roses), tapi tidak pernah dirilis oleh Capitol. King Kobra merilis album kedua mereka Thrill of a Lifetime pada Maret 1986 dan diikuti oleh tur dengan Kiss, Iron Maiden, Queensryche, dan Ted Nugent. Lagu “Never Say Die-Iron Eagle” tampil di soundtrack dari film nomor satu Iron Eagle (Januari 1986) dan sebuah video difilmkan dengan para bintang Jason Gedrick dan Louis Gossett Jr di sebuah lapangan udara bergerak di Chino, CA menampilkan para anggota band memainkan pilot tempur Air Force. Pada akhir 1987, mengikuti kepergian mereka dari Capitol Records, King Kobra memulai mengalami keretakan dan perubahan lineup maka pada saat King Kobra III dirilis pada 1988, tidak ada lagi band yang mendukung album ini.

David tampil di album Lizzy Borden yang mendapatkan pengakuan kritikus, Master of Disguise pada 1989 (Metal Blade Records). Setelah memainkan sedikit pertunjukan live, dia memilih untuk tidak bergabung secara resmi dengan band dan malahan membentuk grup Geronimo! Pada 1988 dan Liquid Black pada 1992 setelah jabatan singkat dengan rekan lamanya di Schoolboys Dan Wexler di Tomcats (1990). Tahun-tahun Liquid Black (1992-1995) adalah tahun yang kreatif dan produktif untuk David dan dia menulis lebih dari 70 lagu dengan rekannya dan penulis Lear Black. Band mendapat perhatian dari produser superstar Roy Thomas Baker (Queen, Journey, The Cars) dan mereka merekam demo empat lagu di Baker’s Studio pada November 1994. Namun, demo itu tidak menghasilkan sebuah kontrak rekaman dan setelah mengalami gempa bumi Northridge pada 17 Januari 1994 bersama dengan perubahan cepat dalam rasa musik publik dari hair metal ke Seattle grunge sound, David kembali ke Phoenix, AZ dengan istri barunya Kathryn dan putra muda mereka.

David dan Kathryn memiliki 3 anak lagi selama tahun 1996-2001 (jadi anak mereka semua berjumlah empat). David menerima Bachelor of Science-nya dalam Computer Science dari Arizona State University pada Desember 1999 dan mulai bekerja sebagai Software Engineer di Intel Corporation pada Januari 2000.


Pada awal 2005, David bereuni dengan rekan band Schoolboys-nya John Covington untuk membentuk band Big C**k dengan vokalis Robert Mason (Lynch Mob, Warrant). Nama band berarti sebagai ungkapan satiris pada bisnis musik sejak mereka menggambarkan “…tidak ada label yang akan mengontrak dan tidak ada stasiun radio yang akan memainkan apapun oleh sebuah band bernama ‘Big C**k’…” (catatan: Big C**k adalah istilah untuk  menghindari dilarang oleh Wikipedia sebagai cabul). Proyek dirilis secara independen dan tanpa satupun tujuan untuk “… menciptakan musik dan bersenang-senang…”. Big C**k merilis tiga album: Year of the C**k (2005), Big C**k (2006) dan Motherload (2008) juga sebuah kompilasi greates hits digital Got Big C**k? (2009). Album-album itu menerima pengakuan kritikus yang positif untuk keahlian mereka. Pada Juli 2010, lagu “Real Man” dari album Bug C**k digunakan oleh kontestan Strongman dalam sebuah episode dari “America’s Got Talent”. Band juga tampil di U.S. mega-festival Rocklahoma pada 2008 dan 2009 bersama dengan sesama band 1980an: Warrant, Ratt dan Poison. Dalam sebuah kejutan lebih lanjut, David juga memainkan bass di Rocklahoma 2009 dengan rekan seband SMA dan Schoolboys-nya Icon (yang awalnya menggantikan David setelah kepergiannya pada 1981 dan mengganti namanya dari The Schoolboys menjadi Icon). 

Pada 2010, label rekaman Italia Frontier Records mengontrak King Kobra reuni dan sebuah album dengan materi baru dirilis pada Mei 2011. Album susulan (II) dirilis pada 2013. 

David terus membuat komposisi dan menghasilkan proyek asli juga tampil secara lokal dengan band cover Classic rock asal Arizona, Trailer Park. Dia tinggal di Scottsdale, Arizona dengan istrinya Kathryn dan empat anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...