Laman

Jumat, 27 Mei 2016

PETE SEARS




Dilahirkan dengan nama Peter Roy Sears pada 27 Mei 1948 di Bromley, Kent, Inggris. Karirnya sebagai musisi profesional dimulai pada 1964, tur di UK dengan band Sons of Fred. Juga memainkan acara TV Inggris klasik sepereti Ready Steadt Go dan Thank Your Lucky Stars, Sons of Fred juga rekaman di Abbey Road Studios milik EMI di London. Rekaman yang mereka rilis kini diburu para kolektor.


Dia bermain dan rekaman dengan banyak artis musik, termasuk The Fleur De Lys pada 1966, dan band psychedelic underground Sam Gopal Dream yang menampilkan gitarsi Mick Hutchinson, Sears pada bass dan Hammond organ, dan pemain table India Sam Gopal. Jimi Hendrix pernah sekali bermain dengan band di Speakeasy Club di London. Drummer Jimi Hendrix Mitch Mitchell kemudian meminta Sears untuk bermain bass di sebuah band bentukannya saat masih bermain dengan Jimi Hendrix pada 1969.


Sears adalah musisi sesi selama akhir 60an, termasuk merekam piano dengan band blues Steamhammer. Steamhammer mendukung legenda Freddie King saat dia melakukan tur di UK. Pada awal 1969, Sears bersama dengan Terry Cox dari Pentangle, drummer Jeff Beck Micky waller, Jimmy Litherhand dari Coloseum, John Wetton dari King Crimson, dan Pete York dari Spencer Davis Group, merekam sebuah album folk rock dengan Marian Segal dan Jade. Albumnya, Fly on Strange Wings dianggap sebagai salah satu album folk rock Inggris terkenal pada 1960an dan sangat dihargai tinggi oleh para kolektor. Seputaran waktu ini Sears bergabung dengan penyanyi asli Fairport Convention, Judy Dyble, dan organis Them milik Van Morrison, Jackie McAuley untuk membentuk band Trader Horne.


Pada musim panas 1969, dia meninggalkan Trader Horne hanya sebelum mereka memulai rekaman. Gitaris Blue Cheer Leigh Stephens mengundangnya ke California untuk pertama kali. Sears, Stephens, Micky Waller (drummer), dan Jack Reynolds (penyanyi) membentuk Silver Metre, merekam satu album di Trident Studios di London, Inggris, dirilis di label National General, diproduseri oleh manajer mereka, pelopor radio rock FM Tom Donahue. Setelah Silver Metre bubar, Sears kembali ke Inggris untuk bermain di album Rod Stewart “Gasoline Alley”.


Manajer Stoneground Tom Donahue merekrut Sears di London, selama tur Eropa mereka Medicine Ball Caravan (1970)  kembali ke Marin County dengan mereka untuk merekam album pertama mereka, juga diproduseri olehTom Donahue.


Dari 1970 hingga 1974. Sears kembali ke pekerjaan sesi, termasuk bermain di album solo Inggris awal milik Rod Stewart, Gasoline Alley, Every Picture Tells a Story termasuk single hit “Maggie May” dan “Reason to Believe”, Never a Dull Moment, dan Smiler. Dia juga bermain bass dengan Long John Baldry Blues Band di tur pertama AS mereka, dan bermain bass dan kibord dengan John Cipolina di band Copperhead.


Sears meninggalkan Copperhead sebelum merekam album pertama mereka untuk bekerja di album Never a Dull Moment milik Rod Stewart di London, tapi terutama bergabung dalam sebuah band baru yang dibentuk bersama Nicky Hopkins. Hopkins, yang melakukan tur dengan Rollingg Stones menyewakan Sears sebuah rumah di Mill Valley, California hingga dia selesai tur dengan the Stones. Namun, Hopkins akhirnya tidak bisa membentuk band karena sakit dan tidak suka di jalan. Sears ikut memproduseri, mengaransemen musik dan bermain di album Insane Asylum milik Kathi McDonald, menggunakan para artis tamu seperti Sly Stone, The Pointers, Nils Lofgren, Neal Schon, Aynsley Dunbar, dan sesi alat tiup Tower of Power. Dia juga ikut mendirikan band bernama Sears, Schon, Errico dengan Neal Schon dan Greg Errico, bermain di Diamond Head Crater Festival di Hawaii, juga beberapa pertunjukan California.


Sears menghabiskan dua minggu rekaman dengan Ike Turner di studio milik Ike, Bolic Studio di Los Angeles. Tina Turner datang pada suatu malam dan merekam vokal pada beberapa lagu yang telah mereka rekam, termasuk versi dari lagu “Something” milik George Harrison dimana Turner merubah “she” menjadi “he”.

Pada 1974, Sears bergabung dengan Jefferson Starship, menggantikan Peter Kaukonen dan sering saling bertukar antara bass dan kibord dengan teman dekatnya, David Freiberg. Dia juga menulis dua atau tiga lagu per album dengan Grace Slick. Grace dan Pete menulis lagu Hyperdrive untuk album Dragon Fly. Dragon Fly, dibuat pada 1974, adalah rilisan “Jefferson Starship” resmi pertama sebagai sebuah band. Selama 1970an dan awal 1980an dia menampilkan solo bass selama 10 menit tidak menyesuaikan dengan ukuran gedung, bahkan saat bermain di depan 10.000 orang di Central Park di New York City pada 1975. Penyanyi Grace Slick meninggalkan band setelah ketidakhadirannya akibat sebuah kerusuhan di Jerman pada 1978; selama berbulan-bulan drummer John Barbata cedera dalam sebuah tabrakan mobil dan penyanyi lain band, Marty Balin, juga pergi. Band mempekerjakan vokalis Mickey Thomas dan, atas saran Sears, drummer Aynsley Dunbar. Arah musik band merubah, mengadopsi musik hard rock setelah Kantner mempekerjakan produser rock Ron Nevison. Slick meninggalkan band untuk satu album, Freedom at Point Zero dan istri Sears Jeannette Sears menjadi salah satu penulis lirik utama disamping Kantner, dan Chaquico. Pete dan Jeanette menulis beberapa lagu terkenal band, seperti “ Stranger”, “Save Your Love”, dan “Winds of Change”. Grace bergabung kembali pada saat ini, dan Sears bertahan dengan band setelah kepergian pimpinan Paul Kantner dan segera nama berganti menjadi “Starship”, tapi dia makin menjadi merasa aneh dengan arah komersil yang diambil band. Pete dan Jeannette bekerja keras pada masalh hak asai Central America pada saat ini, dan menulis beberapa lagu mengenai hal itu dan dianggap oleh band terlalu controversial. Dia hanya memainkan bass di album platinum ganda 1985, Knee Deep in the Hoopla dan akhirnya meninggalkan grup pada 1987. Starship kemudian merekam beberapa album lagi dengan produser pop Austria Peter Wolf dan istrinya Ina yang telah menulis lagu-lagu hit radio AM seperti “Sara” dan “No Way Out”. Setelah Sears pergi, band menjadi lebih komersil, membuat asing sejumlah besar basis penggemar mereka.


Pada awal 90an Pete memainkan kibord dengan band psychedelic, jazz, rock asal San Fransisco, ZERO. Pete bersama Zero hingga 2013.

Dari 1992 hingga 2001, Sears bermain kibord dengan Jorma Kaukonen dan Jack Casady dari Jefferson Airplane, di Hot Tuna. Band juga menyertakan Michael Falzarano dan Harvey Sorgen. Mereka terkadang tur sebagai “The Jorma Kaukonen Trio” dengan Sears bermain bass di kibord dengan tangan kirinya. Sears terkadang mengajar piano di guitar camp Fur Peace Ranch milik Jorma Kaukonen di tenggara Ohio. Pada 2011, Hot Tuna menerbangkan Sears ke New York City untuk tampil di acara ulang tahun ke 70 Jorma Kaukonen di Beacon Theater. Seperti teman lamanya di Hot Tuna, Sears bermain malam itu dengan Bob Weir, Steve Earle, dan Oteil Burbridge.


Selama bertahun-tahun, dia telah rekaman atau tampil dengan banyak artis lain, termasuk Jerry Garcia, David Nelson, Warren Haynes, Leigh Stephens, Nick Gravenites, Peter Rowan, Steve Cropper, Roy Harper, Nicky Hopkins, Steve Kimock, Zydeco Flames, Ron Wood, Leftover Salmon, Eric McFadden, Betty Davis, Bob Weir, Mickey Hart, dan Phil Lesh.

Dia juga bekerja secara live dan di studio dan tampil dengan John Lee Hooker, yang menulis dan merekam lagu dengan Sears, berjudul “Elizabeth”. Dia telah berbagi panggung dengan para artis seperti Jimi Hendrix, The Allman Brothers, Los Los Lobos, Alvin Youngblood Hart, Sam Bush, Elvis Costello, Paul Butterfield, Michael Bloomfield, Levon Helm, the Grateful Dead, David Crosby, dan Carlos Santana.

CD solo Sears termasuk Warfare dengan para tamu Jerry Garcia, Babatunde Olatunji, David Grisman, Mickey Hart, Mimi Farina dan Holly Near. Bersama dengan Jeannette, yang menulis mayoritas lirik album, Sears menjadi terlibat dengan masalah hak asasi manusia di Central America selama 1980an, dan membuat sebuah acara radio sukses untuk mendapatkan makanan dan pakaian untuk pengungsi perang sipil Guatemala dan El Salvador yang ada di bay area. Mereka membentuk sebuah perusahaan produksi video nirlaba bernama “Watchfire Productions”, dengan Mark Adler, Mary McCue Obrian, dan sutradara film documenter pemenang Emmy award Ray Telles, menghasilkan sebuah video musik tentang pelanggaran hak asasi manusia pada suku Maya di Guatemala. Proyek ini didanai oleh Jerry Garcia dan Rex Foundation, Tides Foundation, dan Earth Island Institute. Ratusan salinan gratis dari video ini didistribusikan dengan bebas biaya untuk organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia untuk menolong pemusnahan manusia di Central America. Video itu juga ditayangkan secara luas di saluran TV Much Music Kanada. Selama pertengahan hingga akhir 1980an, Sears dan penyanyi-penulis lagu, aktifis Mimi Farina, bermain di banyak acara amal dan protes di San Fransisco Bay Area untuk mendukung hak asasi manusia di Amerika Tengah, dan masalah lingkungan sebagai akibatnya. Dia sekaliberagbung dengan musisi blues Nick Gravenites di belakang tempat tidur truk, menuju Market Street di San Fransisco, memainkan blues untuk mendukung pelucutan senajata nuklir, dan memprotes ketidakadilan di Amerika Tengah. Mereka diikuti oleh ratusan ribu barisan perdamaian lainnya.


Pada 1988, sebuah grup warga sipil dari Uni Soviet berbaris menuju AS seagai sebuah pertunjukan untuk mendukung perdamaian dan akhir Perang Dingin antara kedua negara. Pada 16 Juli 1988, sebuah konser diadakan di Band Shell di Golden Gate Park San Fransisco, diatur oleh Ron Frazier dan Bill McCarthy, yang pernah mengadakan acara sebelumnya untuk barisan di Los Angeles. Sears diminta untuk mengisi dan mengatur musik untuk acara itu, maka dia mengundang bandnya saat itu, ZERO, disamping teman musisi lainnya termasuk Jerry Garcia, yang bandnya Grateful Dead tampil kemudian malam itu di Greek Theater di Berkeley. Beberapa band rock Soviet, penyanyi folk, dan pembaca puisi dari para barisan juga tampil demikian juga dua drummer asal Tibet. Pidato juga diadakan.

Sears tampil di penghormatan Rock and Roll Hall of Fame untuk John Lee Hooker di Stanford University sebagai salah satu tamu Hooker. Dia juga menulis sebuah lagu dengan Hooker, “Elizabeth”, yang mereka tampilkan live bersama di studio pada album solo Sears, The Long Haul. Lagu “Elizabeth” adalah penampilan band “live in the studio” terakhir dengan tanpa overdub yang direkam John Lee Hooker sebelum kematiannya pada Juli 2001. “The Long Haul” menampilkan para tamu Davey Pattison, Charlie Musselwhite, Levon Helm, Jorma Kaukonen, Jack Casady, Steve Kimock, Francis Clay, Maria Muldaur, wavy Gravy, Shanna Morrison, Rich Kirch dan John Lee Hooker.

Pete Sears kini adalah anggota penuh dari Moonalice dan juga bermain dengan David Nelson Band dan Harvey Mandel.

Pete dan istrinya Jeanette bertemu pada 1971 dan memulai hubungan mereka sebagai tim penulis lagu. Mereka menikah pada 1975 di Mill Valley, California.

Mereka aktif dengan berbagai organisasi pemulihan Amerika Tengah selama 80an, bekerja amal dan pemulihan cepat pada pengungsi. Pada akhir 1980an mereka menyiarkan acara radio di San Fransisco Bay Area untuk mendapatkan bahan makanan dan pakaian untuk para pengungsi akibat perang sipil di Guatemala dan El Salvador. Pada 1988, California Institute of Integral Studies memberi mereka sebuah penghargaan untuk pekerjaan kemanusiaan di Bay area. Keinginan Jeannette akan keadilan sosial terlihat dalam novel pertamanya, A Light Rain of Grace.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...