Laman

Jumat, 27 Mei 2016

SEAN KINNEY




Lahir dengan nama Sean Howard Kinney pada tanggal 27 Mei 1966 di Renton, Washington, AS, merupakan drummer dari band Alice In Chains.

Sean mulai tertarik pada musik saat masih anak-anak. Dia memperoleh perangkat drumnya saat berusia 5 tahun. Pada usia 9 tahun, dia sudah menjadi drummer dari band sang kakek, The Cross Cats, dan bepegian ke Northwest bermain di gedung kecil. Kinney tumbuh di Renton, Washington, dimana dia bersekolah di Liberty Senior High School di Issaquah School District.

Sean Kinney bertemu dengan Alice In Chains saat dia mengencani adik dari bassis Mike Starr. Melalui Starr, dia diperkenalkan pada Jerry Cantrell yang memperkenalkan mereka berdua pada Layne Staley. Sejak pendirian band, Kinney adalah satu-satunya drummer. Dia juga menyanyikan kor melalui sebuah megafon di lagu tersembunyi dari Sap berjudul “Love Song”. Albumnya diberi judul dari sebuah mimpi yang dialami Kinney tentang band yang merekam beberapa lagu akustik ringan untuk sebuah album yang beri judul Sap, karena itu “sappy.” Sean memainkan peran besar dalam persembahan band, menolong mendesain tata artistik dan mengatur panggung untuk sebagian besar album dan tur band.


Saat grunge populer selama pertengahan tahun 90-an, Sean adalah anggota band tribute Willie Nelson yang terdiri dari Johnny Cash, Kim Thayil (Soundgarden), dan Krist Novoselic (Nirvana). Kinney juga memainkan drum untuk album solo rekan seband Alice In Chains Jerry Cantrell, Boggy Depot. Empat tahun kemudian, dia mendirikan proyek singkat SpysDarwin dengan teman dan sesama musisi Seattle Chris DeGarmo dari Queensryche. Diikuti oleh Mike Ines (bassis AIC sejak 1993) dan Vinnie Dombrowski, mereka merekam dan merilsi EP 6 lagu, microfish, pada Mei 2001.


Pada 2005, Kinney bereuni dengan dua anggota Alice In Chains lainnya yang masih hidup-tampil di sebuah konser amal untuk 2004 Indian Ocean earthquake and tsunami. Pada 6 Maret 2006, mereka tampil lagi bersama di konser Decades Rock Live milik VH1, menghormati sesama musisi Seattle Ann Wilson dan Nancy Wilson dari Heart. Malam itu mereka memainkan “Rooster” dengan vokalis Comes with the Fall William DuVall dan Ann Wilson. DuVall masuk Alice In Chains sebagai penyanyi utama tidak lama setelah itu. Sejak saat itu, Kinney bermain drum untuk AIC di berbagai acara dan konser. Dari 16-17 Mei 2009, Alice in Chains adalah bagian dari festival rock tahunan, Rock on the Range di Columbus Crew Stadium di Columbus, Ohio. Album Black Gives Way to Blue dirilis pada 29 September 2009.


Pada 1995, Alice in Chains berencana membuat album studio ketiga. Saat sudah resmi. Kinney menggambar tata artistic untuk sampul dan catatan kaki. Sampul menampilkan anjing berkaki tiga, dengan alasan, menurut cerita band, ”ada seekor anjing dengan tiga kaki yang selalu mengejar Sean saat dia melakukan pekerjaannya, hal itu membuatnya ngeri!” Dalam video musik untuk “Grind”, memperlihatkan anjing berkaki tiga (mirip dengan anjing yang biasanya mengejar Kinney) berjalan di tangga dengan seorang tua. Anjing yang dipakai dalam video milik Jerry Cantrell, bernama Sunshine, diambil dari lagu Alice in Chains.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...