Laman

Senin, 30 Mei 2016

BRIAN FAIR




Lahir pada 30 Mei 1975 di Boston, Massachusetts, AS dengan nama Brian James Fair, dikenal sebagai vokalis utama dari band Shadows Fall. Dia adalah lulusan Milford High School pada 1993 dan mempelajari literatur di Boston University.


Dari usia muda, Brian selalu dikenal untuk kesukaannya akan jenis musik yang beragam. Di tingkat tujuh dia pertama mengunjungi sebuah studio rekaman setelah dia dan dua temannya memenangkan sebuah kontes iklan radio (disponsori oleh Mass Electric) dengan sebuah lagu yang terinspirasi Beastie Boys "The Energy Conservation Rap Song." Di SMA, dia memainkan bass dan menyanyi di sebuah band punk bernama Frenzy yang tampil di pertunjukan lokal. Di musim panas di tahun berikutnya (Agustus 1991), Fair ikut mendirikan Overcast, sebuah band hardcore berpengaruh di kancah musik Worcester. Fair pada vokal, Scott McCooe dan Pete Cortese memainkan gitar, Mike D'Antonio bermain bass, dan Jay Fitzgerald memainkan drum. 7" pertama Overcast, Bleed into One, dirilis pada 1992 melalui Exchange Records. Album penuh pertama band, Expectational Dilution, dirilis pada 1994 dan dianggap sebuah album terobosan saat banyak pihak mengklaim bahwa Overcast adalah pelopor dari kancah metalcore. Album penuh terakhir mereka, Fight Ambition To Kill, dirilis pada 1997. Rilisan ini diikuti oleh tur nasional dengan Shai Hukud dan Disembodied. Overcast akhirnya bubar pada November 1998.


Setelah Overcast bubar Fair bergabung dengan Shadows Fall menggantikan Phil Labonte yang pergi karena perbedaan kreatifitas. Tak lama kemudian band teken kontrak dengan Century Media Records. Band merekam album studio keduanya Of One Blood dengan Fair pada vokal pada 2000, rilisan ini menyertakan lagu rekaman ulang dari Sombers Eyes to the Skies.

Karena perbandingan yang terulang dengan band melodic death metal Gothenburg, Shadows Fall memutuskan untuk merubah gayanya untuk menemukan suaranya sendiri. Terinspirasi oleh pengaruh yang lebih dari thrash, hard rock dan power ballad, band merekam album ketiganya, berjudul The Art of Balance. Dirilis pada 17 September 2002, album mencapai nomor 15 di Billboard Top Independent albums chart. Shadows Fall merilis tiga video musik untuk mempromosikan album: "Thoughts Without Words", "Destroyer of Senses", dan "The Idiot Box". The Art of Balance menampilkan sebuah cover dari lagu Pink Floyd "Welcome to the Machine". Shadows Fall mendukung The Art of Balance dengan tur di Ozzfest pada 2003.


Pada Januari 2003, sebuah proyek space rock bernama Transient dibentuk. Transient membuat Fair beristirahat dari vokal, kali ini malah memainkan gitar dan drum. Fair bereuni dengan anggota Overcast Scott McCooe, yang kini bermain bass. Transient merilis sebuah demo tiga lagu, yang lagu-lagunya direkam oleh Pete Rutcho dari Blistered Earth, pada November 2004. Ini adalah satu-satunya materi Transient hingga kini.

Fair berlanjut dengan Shadows Fall sebagai prioritas utamanya, dan merilis beberapa rekaman lagi. Pada 29 April 2006, Overcast bereuni untuk bermain di New England Metal and Hardcore Festival. band kemudian mengumumkan dan merekam ulang materi arsip dan dua lagu baru, diproduseri oleh produser metal Nick Raskulinecz, dibawah nama Reborn to Kill Again.

Rekaman kelima Shadows Fall, Threads of Life, dirilis pada 3 April 2007 melalui Atlantic Records dan Roadrunner International. Fair juga bekerja dengan Necro, seorang musisi dan produser hip hip underground di albumnya yang berjudul Death Rap. Fair muncul di trek kelima Death Rap, "Suffocated to Death by God's Shadow", dengan Mark Morton (Lamb of God), Mike Smith (Suffocation), dan Steve DiGiorgio (Death).

Album studio keenam dari Shadows Fall, berjudul Retribution, dirilis pada 15 September 2009, dan yang ketujuh, berjudul Fire From the Sky, pada 15 Mei 2012.

Fair paling terkenal untuk dreadlock-nya yang menjadi bagian besar dari pertunjukan panggungnya. Fair mencukur kepalanya pada 1992-93 dengan 2 pengawal dan menumbuhkan rambutnya dengan gaya dreadlock, yang dia katakan dia telah memakainya saat dia hampir berusia 16 tahun. Dia menggunakannya dalam gaya kincir angin untuk meniuop penggemar selama pertunjukan. Dia juga seorang penggemar Boston Celtics, mamakai seragam mereka di banyak pertunjukan. Kebiasaan lainnya dalam pertunjukannya adalah stagedive, bahkan walaupun dreadlocknya sering ditarik oleh penggemar.


Fair tergabung dengan supergrup Death Ray Vision. Proyek ini terdiri dari Brain Fair pada vokal, Mike D'Antonio pada bass, Pete Cortese dan Zack Wells pada gitar serta Colin Conway pada drum. Mereka telah merilis sebuah album studio berjudul We Ain't Leavin' Till You're Bleedin' pada 2013. Mereka juga merilis sebuah EP pada 2011 berjudul Get Lost or Get Dead.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...