Laman

Rabu, 25 Mei 2016

JOHN GRIMALDI




Lahir pada 22 Mei 1955 di St. Albans, Hertforshire, Inggris. Grimaldi bersekolah di St. Albans Boys School, dia membangun bakatnya untuk electric jazz, penulisan lagu dan seni. Karirnya berfokus pada genre jazz, walaupun dia memainkan genre lain juga. Grimaldi membentuk sejumlah band dan menulis dan tampil hingga kematianyya dari sclerosis ganda pada 1983.

Grimaldi menjadi tertarik dalam musik setelah dia bergabung dengan oekestra sekolahnya diawal masa remajanya. Saat di orkestra sekolah, dia mengetahui bakatnya dengan alat musik gesek dan kemampuanya untuk menulis musik. John dan Mark Pasterfield mendirikan band sekolah bernama Motiffe pada 1970. Karena Pasterfield memiliki drum, dia menjadi drummer; Dave Shackley bermain bass; Ian Wilson, Quentin Bryar, dan Steve Bellingham memainkan kibord. Bellingham pergi pada 1971 dan kemudia Mick Avory bergaung pada kibord. Pada awal 1972 mereka mencapai puncaknya dengan sebuah kesempatan mendukung Roy Wood dan Jeff Lynne’s ELO tidak lama setelah mereka merekam secara live di St. Albans Scool oleh Derpy, dan 100 buah album dihasilkan, beberapa masih ada sekitar 2013.


Kemudian pada 1972, terdapat sebuah konflik dalam Motiffe mengenai apa dan bagimana band harus bermain. Untuk memecahkan konflik ini, John Pasterfield dan Dave Shackley memulai sebuah band baru bernama Flux, berniat menjadi profesional. Neil Chapman (drum) dan Phil Hawkins (kibord) bergabung untuk mewujudkan band. Flux melakukan rekaman, walaupun tidak ada yang dirilis. Flux juga tampil live, dan mulai menarik perhatian. Band asl St. Albans Babe Ruth dan manajemen mereka mengambil Flux dibawah asuhan mereka. Pada akhir 1972, Flux mulai menjadi terkenal, dan menerima ketertarikan dari industri musik. Chapman pergi untuk digantikan oleh Charlie Chandler dari Hemel Hempstead pada drum; Dave Punshon (kibord) meninggalkan Babe Rith untuk bergabung dengan Flux, namun dia setuju untuk terus melakukan penampilan live dengan Babe Ruth hingga seorang pengganti ditemukan. Richard Blanchard, seorang pemain flute, sax dan vokalis dari Pinner bergabung. Dengan lineup ini, band bermain secara rution & secara luas termasuk 100 klub dan Marquee.

Flux merekam sebuah demo untuk EMI harvest di Manchester Square dan hampir dikontrak, tapi hal itu tidak terjadi. Namun, ada ketertarikan dari perusahaan lain. Sekitar waktu ini Punshon pergi untuk bersama the Divine Light Movement, dan digantikan oleh musisi pro sirkuit Zoe Kronberger (kibord). Chandler pergi untuk membangun kembali perabotan unik, dan digantikan oleh musisi pro sirkuit Nick Monas (drum). Blanchard, yang juga seorang fotografer profesional, pergi untuk fokus untuk meningkatkan permintaan dari karya fotografinya dan menjalani kesempatan musik lainnya. Dia digantikan oleh pro sirkuit Jon Gifford (flute/sax).

Kronborger dan Monas akhirnya pergi di pertengahn 1974. Tidak lama, John mengikuti audisi Argent dan pergi dengan mereka, berakibat pembubaran Flux pada akhir 1974.

Pada 1974, Russ Ballard meninggalkan Argent, dan John Grimaldi dan John Verity bergabung dengan band untuk menggantikannya. Masuknya mereka dalam band sebagian karena mereka berasal dai kota dan sekolah yang sama dengan Rod Argent, pendiri band. John terlibat dalam album Circus dan Counterpoints, berkontribusi pada tata artistic juga secara musikal. Dia juga bermain di the Roundhouse pada 1975, sebuah video dimana masih dipegang oleh John Verity. Saat band melakukanb tur pada 1975, John pergi untuk membuat The John Grimaldi Band, yang menjadi Captain Sussex, dan kemudian Cheap Flights.

Captain Sussex adalah berasal dari John Grimaldi Band. Jazz Rock milik John mencapai pincaknya selama masa ini, bermain bersama John Giblin (bass/vokal), Mick Parker (kibord) dan Preston Heyman (drum).

Setelah Captain Sussex kemudian diikuti 4 tahun dengan Cheap Flights. Band ini mengalami 3 versi besar, tapi terutama bermain di genre jazz rock.

Versi pertama dari Cheap Flights ini adalah jazz rock murni dengan caliber tertinggi. John berkolaborasi dengan Peter Arneson (Rubettes) pada kibord, Dan K. Brown (The Fixx) pada bass, Cliff Venner pada perkusi dan Pete Ernest pada gitar dan vokal.

Lineup Cheap Flights ini menghasilkan lagi signature “Cheap Day Return”. Walaupun mereka memiliki sejumlah gig di wilayah London dan Hertfordshire, dan memilki sebuah rekaman studio yang diproduseri oleh Toni Visconti, produser di album Counterpoits untuk Argent, mereka memilki sedikit kesuksesan untuk menarik perusahaan rekaman.

Peter Arneson pergi pada 1977 untuk menjalani proyek lain, demikian juga Pete Ernest, yang mengakibatkan John mengundang teman sekolahnya, dan mantan anggota Motiffe, Mark Pesterfield untuk bergabung dengan band. Hal ini menghasilkan elemen komik untuk penampilan dan efek besar pada John. Musik band beralih secara perlahan dari jazz, dan lebih ke rock, walaupun masih dengan sentuhan ‘Grimaldi’. Band tampil lebih sukses di wilayah London dan Hertforshire, juga menuju West County. Dan Brown dan Cliff Venner pergi untuk meninggalkan kekosongan, yang diisi oleh beragam musisi, hingga Carmello Luigeri, dan Brett Salmon dan Dave Taylor, dari the English Rogues, bergabung, membuat kestabilan yang lebih pada band. Lineup ini yag melakukan tut 8 malam di Belanda pada Oktober/Nopember 1978. Pertunjukan 28 Oktober di the Gigant, di Apeldoorn direkam, dilakukan oleh stasiun radio Hilversum 3, tapi rekaman ini hilang.

Pada 1978 Mark harus pergi karena alasan media, meinggalkan 4 orang dari: John Grimaldi (gitar utama/vokal), Brett Salmon (second guitar/vokal latar), Dave Taylor (perkusi) dan Lou (bass). Lineup ini bertahan selama 2 tahun, meluaskan cakrawala mereka di sepuaran negara di pub dan klub dan kampus. Mereka menghasilkan sebuah single, didanai oleh klub penggemar, yang terjual sebanyak 500 unit, tapi masih berjuang untuk menemukan kesepatakan album yang sesuai.

John bereksperimen dengan segala junis musik, alat musik, dan genre. Dia menciptakan Adrian Stamford, sebuah elter ego, dimana dia akan menulis untuk suara yang eksperimental secara murni yang tidak sesuai di proyeknya yang lain. Sejumlah lagunya keluar di catalog Cheap Flight, seperti penggunaannya akan mesin gema H&H untuk mengulang solo gitarnta, live, di atas panggung, seperti yang bisa didengar di ‘Snakes in the Ice’ dan ‘The Cause’.

Casual Athletes adalah proyek terakhir John. Walaupun mereka tidak tampil live, John menulis sejumlah lagu secara khusus untuk CA, dan sebuah demo dihasilkan dalam sebuah studio rekaman di Hertfordshire, didanai oleh Pete Waterman. John tidak bisa bereksperimen dengan mesin drum selama sesi ini, karena drummer yang sesui tidak tersedia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...