Laman

Selasa, 17 Mei 2016

MARCIE FREE




Bernama lengkap Marcie Michelle Free, dilahirkan dengan nama Mark Edward Free pada 12 April 1954 di South Bend, Indiana, AS.


Free mulai menyanyi secara profesional pada usia 19 tahun saat tinggal di Flint, Michigan (1973). Pada 1975, Free pindah ke Las Vegas, Nevada dimana pada akhirnya (pada 1979) membawanya pindah ke Los Angeles, CA dimana dia bertemu Carmine Appice (Vanilla Fudge, Beck, Bogert & Appice, Rod Srewart) pada 1983. Bersama mereka membentuk King Kobra dan teken kontrak dengan Capitol Records pada 1984. Free merekam dua album dengan King Kobra, Ready to Strike dan Thrill of a Lifetime, sebelum pergi pada November 1986 untuk menjalani bidang musik lainnya.


Pada 1987, Free membentuk sebuah band dengan gitaris Danny Jacob, bassis dan kibordis Erik Scott dan drummer Jan Uvena, yang kemudian menggunakan nama Signal. Signal merekam satu album untuk EMI, Loud and Clear pada 1989, sebelum bubar tidak lama setelah itu.


Pada 1990, Free kemudian bergabung dengan Bruce Gowdy (Stone Fury/World Trade) dan Guy Allison (World Trade) (kibord), membentuk sebuah grup dengan nama Unruly Child. Unruly Child teken kontrak dengan Atlantic/Interscope Records pada 1991 dan merilis album self-title mereka pada 1992. Pada 1993, Free menyanyikan lagu tema (To Be) The Best of the Best untuk film laga Best of the Best 2. Juga pada 1993, sebuah album solo yang berisi demo yang dinyanyikan Free untuk duo penulis lagu ibu/anak bernama Judithe and Robin Randall dirilis di label independen di UK bernama Now and Then Records. Album itu berjudul Long Way From Love dirilis ulang di Frontiers Records pada 1998. Versi album ini menyertakan beberapa penampilan live yang diberikan Free saat di Manchester, Inggris untuk festival pertama yang dikenal sebagai “The Gods of AOR” pada Oktober 1993.


Tidak lama setelah perilisan dari Long Way From Love, Unruly Child, setelah kehilangan kontrak rekaman mereka dengan Atlantic/Interscope, telah bereformasi dibawah nama Twelve Pound Sledge dan menulis materi baru dengan harapan teken kontrak ulang dengan label AS lainnya. Hal itu tidak pernah terjadi, walaupun lagu-lagu dari sesi ini kemudian dirilis pada 1995, sebagai album solo di label independen di Jerman dan Jepang, berjudul Tormented.



Menderita gender dysphoria selama hidupnya, Free muncul ke dunia sebagai Marcie Free pada November 1993. Pada 1995, Free pensiun dari bisnis musik dan kembali ke Michigan untuk dekat dengan keluarganya. Namun, dia masih menyanyi secara profesional pada suatu kesempatan dan pada September 2009, Free, Gowdy dan Allison bereuni sebagai Unruly Child dan menandatangani kontrak rekaman dengan Frontiers Records. Sebuah album baru dengan label itu, Worlds Collide, telah dirilis dengan mendapatkan pengakuan kritikus. Trio Unruly Child (Free, Gowdy, Allison) terus menulis dan rekaman. Mereka mengumumkan sebuah rilisan baru yang dijadwalkan untuk musim semi 2014 berjudul Down The Rabbit Hole yang keluar di label baru band “Unruly Records”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...