Laman

Selasa, 31 Mei 2016

JOHN BONHAM




Lahir dengan nama John Henry Bonham pada tanggal 31 Mei 1948 di Redditch, Worcestershire, Inggris, dari pasangan Joan dan Jack Bonham. Dia mulai belajar bermain drum pada usia 5 tahun, membuat perangkat dari kaleng dan toples kopi, meniru idolanya Max Roach, Gene Krupa dan Buddy Rich. Ibunya memberikannya sebuah snare drum pada usia 10 tahun. Dia menerima perangkat drum pertamanya dari ayahnya pada usia 15 tahun, sebuah Premier Percussion. Bonham tidak pernah menerima pelajaran drum formal, walaupun pada saat remaja dia mendapat nasehat dari para drummer Redditch. Antara 1962 dan 1963, masih bersekolah, Bonham bergabung the Blue Star Trio, dan Gerry Levene & the Avengers.

Bonham bersekolah di Lodge Farm Secondary Modern School, dimana kepala sekolahnya menulis di laporannya bahwa “dia akan menjadi seorang tukang sampah atau milyuner.” Setelah meninggalkan sekolah pada 1964, dia bekerja untuk ayahnya sebagai tukang kayu pemula sambil bermain drum untuk band-band lokal. Pada 1964, Bonham bergabung dengan band semi-profesional pertamanya, Terry Webb and the Spiders, dan bertemu calon istrinya Pat Phillips sekitar waktu yang sama. Dia bermain di band-band Birmingham lainnya seperti The Nicky James Movement dan The Senators, yang membuat sebuah single, “She’s a Mod”, pada 1964. Bonham kemudian bermain drum penuh waktu. Dua tahun kemudian, dia bergabung dengan A Way of Life, tapi band dibubarkan. Memerlukan penghasilan rutin, dia bergabung dengan sebuah grup blues bernama Crawling King Snakes, yang penyanyi utamanya adalah Robert Plant.

Pada 1967, A Way of Life meminta Bonham kembali ke grup, dan dia setuju, sambil tetap berhubungan dengan Plant. Plant membentuk Band of Joy dan memilih Bonham sebagai drummer. Band merekam demo tapi tidak ada album. Pada 1968, penyanyi Amerika Tim Rose melalukan tur Inggris dan meminta Band of Joy untuk membuka konsernya. Saat Rose kembali beberapa bulan kemudian, Bonham diundang oleh Rose untuk bermain drum untuk band milik Rose, yang memberinya penghasilan rutin.

Setelah pembubaran The Yardbirds, gitaris Jimmy Page membentuk band lainnya dan merekrut Plant, yang juga menyarankan Bonham. Pilihan Page untuk drum termasuk B.J. Wilson dari Procol Harum, dan drummer sesi Clem Cattini dan Aynsley Dunbar. Ginger Baker juga dikabarkan ada dalam daftar Page. Namun, melihat Bonham bermain drum untuk Tim Rose di sebuah klub di Hampstead, London Utara, pada Juli 1968, Page dan manajer Peter Grant yakin bahwa dia sempurna untuk proyek ini, pertama dikenal sebagai the New Yardbirds dan kemudian sebagai Led Zeppelin. Bonham menjadi bimbang. Plant mengirim delapan telegram ke pubnya Bonham, “Three Men in a Boat”, di walsall, yang diikuti oleh 40 telegram dari Grant. Bonham juga meneriman tawaran dari Joe Cocker dan Chris Farlowe tapi menerima tawaran Grant. Dia mengingat, “Saya memutuskan saya menyukai musik mereka dibandingkan milik Cocker atau Farlowe.


Selama tur pertama Led Zeppelin di Amerika pada Desember 1968, Bonham berteman dengan drummer Vanilla Fudge, Carmine Appice. Appice memperkenalkannya pada Ludwig drums, yang kemudian dia gunakan untuk sepanjang karirnya. Bonham menggunakan stick terpanhang dan terberat, yang dia sebut “trees.” Pukulannya yang kuat terbukti pada banyak lagu-lagu Led Zeppelin, antara lain “Immigrant Song” (Led Zeppelin III), “When the Levee Breaks” (Led Zeppelin IV), “Kashmir” (Physical Graffiti), “The Ocean” (Houses of the Holy), dan “Achilles Last Stand” (Presence). Page membiarkan Bonham menggunakan bass drum ganda dalam demo awal dari “Communication Breakdown” tapi dibatalkan karena penggunaan Bonham “yang berlebihan” pada bass drum itu. Rekaman studio dari “Misty Mountain Hop” mencakup kedinamisannya, mirip yang ditampilkan pada “No Quarter”. Pada lagu-lagu di album-album selanjutnya, Bonham memainkan drum yang terpengaruh funk dan Latin. Lagu-lagu seperti “Royal Orleans” dan “Fool in the Rain” adalah contohnya, masing-masing menampilkan sebuah shuffle dan samba New Orleans.

Solo drumnya, pertama berjudul “Pat’s Delight,” kemudian “Moby Dick”, sering berakhir 30 menit. Dia menggunakan tangan kosong untuk suara yang berbeda. Bagian Bonham untuk film, The Song Remains the Same, menampilkannya dalam sebuah balapan di Santa Pod Raceway untuk suara solonya, “Moby Dick”. Pada tur Led Zeppelin setelah 1969, Bonham menyertakan conga, timpani orkestra dan gong simfoni. Dia disebut oleh Dallas Times Herald dengan konser pertama yang menggunakan sintesizer drum timpani elektronik selama “Kashmir” di Dallas, Texas, pada 1977.

Pada 1969 Bonham muncul di A Way of Life milik The Family Doggs, dengan Page dan Jones. Bonham juga bermain untuk Screaming Lord Sutch di Lord Sutch and Heavy Friends pada 1970. Dai bermain di single 1971 Lulu “Everybody Clap (Lulu song),” ditulis oleh Maurice Gibb dan Billy Lawrie. Pada 1972, dia bermain di album yang diproduseri Maurice Gibb oleh Jimmy Stevens berjudul Don’t Freak Me Out di UK dan Paid My Dues di AS, dikreditkan sebagai “Gemini” (rasi bintangnya). Dia bermain drum untuk teman Birmingham-nya, Roy Wood, di album 1979 miliknya, On the Road Again, dan di album Wings, Back to the Edge pada lagu “Rockestra Theme” dan “So Glad to See You Here”. Bonham adalah pendamping pernikahan Tony Iommy dari Black Sabbath di perayaan pernikahannya.

Pada 1974. Bonham muncul di film Son of Dracula, bermain drum di band milik Count Downe (Harry Nilsson). Bonham muncul di line-up drum termasuk Keith Moon dan Ringo Starr di soundtrack film itu.

Pada 24 September 1980, John dijemput oleh asisten Led Zeppelin Rex King untuk latihan di Bray Studios untuk sebuah tur di Amerika Utara, yang dimulai pada 17 Oktober di Montreal, Kanada-pertama kali sejak tahun 1977. Selama perjalanan, John meminta untuk sarapan, dimana dia meminum banyak vodka. Dia datang ke tempat latihan dalam keadaan mabuk. Band berhenti latihan pada tengah malam dan kembali ke rumah Jimmy Page, the Old Mill House di Clewer, Windsor. Selepas tengah malam tanggal 25 September, John tertidur: seseorang membawanya ke tempat tidur dan membaringkannya. Benji Lefevre, manajer tur Led Zeppelin, dan John Paul Jones menemukan John telah tidak bernyawa keesokan siangnya. Saat itu dia berusia 32 tahun.

Pemeriksaan pada 27 Oktober 1980 menunjukkan bahwa dalam 24 jam Bonham telah meminum sekitar 40 tegukan (1-1,4 liter) dari 40% ABV vodka, setelah itu dia muntah dan tersedak. Kesimpulannya adalah kematian mendadak. Sebuh otopsi tidak menemukan narkoba di tubuh Bonham. Jasad Bonham dikremasi dan abunya diletakkan pada 12 Oktober 1980, di Rushock parish church, Worcestershire.

Anggota yang tersisa membubarkan Led Zeppelin daripada menggantikannya. Mereka mengatakan dalam sebuah rilisan pers pada 4 Desember 1980: “Kami berharap untuk diketahui bahwa kami kehilangan teman tercinta kami dan rasa hormat yang dalam dari kami untuk keluargnya, bersama dengan rasa keharmonisan yang terpecah yang kami rasakan sendiri dan manajer kami, telah membuat kami untuk memutuskan bahwa kami tidak bisa melanjutkan lagi.” Tertanda “Led Zeppelin”.

Bonham memiliki adik lelaki, Mick Bonham (1950-2000), seorang DJ, penulis dan fotografer, dan seorang adik wanita, Deborah Bonham (lahir 1962, seorang penyanyi-penulis lagu.

Bonham menikah dengan Pat Phillips, dan pasangan itu memiliki dua orang anak; Zoe Bonham (lahir 10 Juni 1975, seorang penyanyi-penulis lagu yang muncul di konvensi Led Zeppelin, dan Jason Bonham (lahir 15 Juli 1966), seorang drummer yang bermain dengan UFO, Foreigner, dan Bonham. Dia sebelumnya bermain di Black Country Communion dengan Glenn Hughes, Derek Sherinian dan Joe Bonamassa. Mereka merekam sebuah album pada 2010 dengan judul Black Country. Pada 10 Desember 2007, dia bermain dengan Led Zeppelin di Ahmet ErtegunTribute Concert, juga di reuni mereka di acara Atlantic Records 40th Anniversary pada 15 Mei 1988. Sebuah klip dari Jason berusia 4 tahun memainkan drum muncul di film Led Zeppelin The Song Remains the Same. Zoe dan Jason muncul di acara pelantikan untuk Rock and Roll Hall of Fame pada 1995 dengan para anggota Led Zeppelin yang masih hidup.

Ibu Bonham, Joan, meninggal pada usia 81 tahun pada 10 Februari 2011. Dia menyanyi untuk the Zimmers, sebuah band dengan 40 anggota yang dibentuk sebagai hasil dari documenter BBC untuk perawatan para manula.

Sepupu Bonham, Billy Bonham (lahir 1950), bermain kibord untuk Terry Reid dan Ace Kefford.

Bonham mengkoleksi mobil sport dan sepeda motor antik, yang dia simpan di pertanian keluarga, The Old Hyde. Dia membeli Plough pub dekat Shenstone, dekat Kidderminster, yang dirombak baginya untuk bisa mengendarai sepeda motor atau mobilnya di belakang bar.

Pada 2007, majalah Stylus menempatkan Bonham di No. 1 dari 50 drumer rock terhebat, demikina juga Gigwise.com pada 2008, dan angket pembaca Rolling Stone dimana dia “memimpin daftar oleh margin signifikan” pada 2011, dan pada 2016, majalah yang sama menempatkannya sebagai drummer terhebat sepanjang masa dalam sebuah daftar 100 Greatest Drummers of all time. Bonham ada di rangking 1 di daftar 2005 Classic Rock dari 50 Greatest Drummers in Rock, dan Modern Drummer mendeskripsikannya sebagai “the gtreatest rock ‘n’ roll drummer in history.” Pada September 2008. Bonham ada di puncak daftar Blabbermouth.net dari “Rockers fans want brought back to life”, diatas Elvis Presley dan Freddie Mercury. Majalah Rhythm memilihnya sebagai drummer terheba, ada di puncak angket pembaca yang menentukan “50 greatest drummers of all time” pada Oktober 2009. Pada akhir dari seri BBC Two I’m in a Rock ‘n’ Roll Band! Pada 5 Juni 2010, Bonham disebut sebagai best drummer of all time.

Bonham dideskripsikan oleh Allmusic sebagai salah satu drummer paling penting, terkenla dan berpengaruh dalam musik rock. Adam Budofsky, editor manajer dari Modern Drummer, menulis “Jika raja rock ‘n’ roll adalah Elvis Presley, maka raja permainan drum rock pasti John Bonham.” Menurut LA Times, bahkan setelah bertahun-tahun, Bonham masih teratas sebagai best drummer of all time, menyebut bahwa “(his) beat still bangs like a mofo.”

Anggota yang masih hidup dari Led Zeppelin bereuni untuk bermain di Live Aid pada 1985 dan mempekerjakan dua drummer, Phil Collins dan Tony Thompson, untuk mengambil tempatnya.  

Para drumer yang terpengaruh oleh John antara lain Joey Kramer, Lee Kerslake, Tony Thompson, Dave Grohl, Tommy Lee, Peter Criss, Chad Smith, Dave Lombardo, Alex Van Halen, Steven Adler, Vinny Appice, Kenny Aronoff, Frankie Banali, Fred Coury, Jimmy D'Anda, James Kottak, Chris Slade, Brad Wilk, Yoshiki dan Shinya. Phil Collins yang menjadi drummer untuk karir solo Robert Plant, mengatakan pada Plant dia ingin bermain dengan dia karema dia “mncintai” permainan drum Bonham.

“Bonzo: The Groover Remains the Same-A Night In Honor of John Henry Bonham” diproduseri oleh drummer Whitesnake Brian Tichy di Los Angeles pada 25 September 2010 – ulang tahun ke 30 kematiannya. Drumer terkenal yang muncul di peghormatan itu adalah Steven Adler, Vinny Appice, Kenny Aronoff, Frankie Banali, Fred Coury, Jimmy D’Anda, James Kottak, Chris Slade, Chad Smith, Joe Travers, Simon Wright, dan putra John, Jason Bonham. Carmine Appice tampil via video.

Pada 1988 penerima Pulitzer Christopher Rouse menciptakan Bonham sebagai penghormatan.

Permainan drum Bonham secara luas menjadi sample di musik hip hop; sebagai contoh, Beastie Boys membuat sample “Moby Dick,” “The Ocean,” dan “When the Levee Breaks” di album debut mereka Licensed to Ill.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...