Laman

Sabtu, 28 Mei 2016

T-BONE WALKER




Lahir dengan nama Aaron Thibeaux Walker pada 28 Mei 1910 di Linden, Texas, dari keturunan Arika-Amerika dan Cherokee. Orangtua Walker, Movelia Jimerson dan Rance Walker, keduanya adalah musisi. Ayah tirinya, Marco Washington, mengajarkannya untuk bermain gitar, ukulele, banjo, violin, mandolin, dan piano.


Walker memulai karirnya saat remaja di Dallas pada awal 1900an. Ibu dan ayah tirinya (seorang anggota dari the Dallas String Band) adalah musisi, dan teman keluarga Blind Leon Jefferson terkadang datang untuk makan malam. Walker meninggalkan sekolah saat berusia 10 tahun, dan pada usia 15 tahun dia adalah seorang penampil profesional di sirkuit blues. Awalnya, dia adalah murid Jefferson dan membimbingnya di seluruh kota untuk gignya. Pada 1929, walker membuat debut rekamannya dengan Columbia Records dengan nama Oak Cliff T-Bone, merilis single “Wichita Falls Blues”/”Trinity River Blues”. Oak Cliff adalah komunitas dimana dia tinggal pada saat itu dan T-Bone diambil dari nama tengahnya. Pianis Douglas Fernell bermain sebagai pengiring di rekaman itu.


Walker menikahi Vida Lee pada 1935; pasangan ini memiliki tiga anak. Pada usia 25 tahun, Walker bekerja di klub-klub di Central Avenue Los Angeles, terkadang sebagao penyanyi dan gitaris tamu dengan orkes milik Les Hite.

Banyak hasil karyanya direkam dari 1946 hingga 1948 di Black & White Records, termasuk lagunya yang paling terkenal, “Call It Stormy Monday (But Tuesday Is Just as Bad)” pada 1947. Lagu menonjol lainnya yang dia rekam selama periode ini adalah “Bobby Sox Blues” (sebuah hit R&B #3 pada 1947), dan “West Side Baby” (#8 di R&B singles chrat pada 1948).
Selama karirnya Walker bekerja dengan musisi papan atas, termasuk pemain trumpet Teddy Buckner, pianis Lloyd Glenn, Billy Hadnott (bass), dan saksofonis tenor Jack McVea.

Mengikuti kerjanya dengan White and Black, dia rekaman dari 1950 hingga 1954 untuk Imperial Records (didukung oleh Dave Bartholomew). Rekaman satu-satunya Walker di lima tahun berikutnya adalah T-Bone Blues, direkam di lebih dari tiga sesi yang terpisah pada 1955, 1956 dan 1959, dan akhirnya dirilis oleh Atlantic Records pada 1960.

Pada awal 1960an, karir Walker agak mengendur, meskipun muncul dengan kehebohan di Americam Folk Blues Festival pada 1962 dengan pianis Memphis Slim dan penulis dan musisi produktif Willi Dixon. Namun, beberapa album yang diakui kritikus menyusul, seperti I Want a Little Girl (direkam untuk Delmark Records pada 1968). Walker rekaman di tahun terakhirnya, dari 1968 hingga 1975, untuk perusahaan penerbitan Jitney Jane Songs milik Robin Hemingway, dan dia memenangkan sebuah Grammy Award for Best Etjnic or Traditional Folk Recording pada 1971 untuk Good Feelin’, saat dikontrak oleh Polydor Records, diproduseri oleh Hemingway, disusul oleh album lain yang diproduseri oleh Hemigway: Walker’s Fly Walker Airlines, yang dirilis pada 1973.


Karir Walker mulai meredup setelah dia menderita stroke pada 1974. Dia meninggal karena bronchial pneumonia menyusul stroke lain pada Maret 1975, pada usia 64 tahun.

Walker dilantik secara anumerta ke dalam Blues Hall of Fame pada 1980, dank e dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 1987.

Chuck Berry menyebut Walker dan Louis Jordan sebagai pengaruh utamanya. B.B. King menyebut mendengar rekaman “Stormy Monday” milik Walker sebagai inspirasinya untuk memainkan gitar listrik. Walker dikagumi oleh Jimi Hendrix yang meniru gaya Walker dalam memainkan gitar dengan giginya. “Stormy Monday” adalah nomor live favorit untuk The Allman Brothers Band.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...