Laman

Rabu, 18 Mei 2016

PAGE HAMILTON




Lahir pada 18 Mei 1960 di Portland, Oregon adalah seorang gitaris, penyanyi, penulis lagu dan produser rekaman Amerika, paling terkenal akan kerjanya dengan band alternative metal Helmet. Sebagian besar karyanya dalam gaya hard rock dan alternative metal, walaupun dia terlatih dalam gitar jazz dan memiliki koneksi penting dengan komposisi avant-garde musik dan soundtrack film.

Tumbuh di Medford, Oregon, Hamilton belajar gitar di University of Oregon sebelum pindah ke New York untuk mempelajari gitar jazz di Manhattan School of Music. Saat disana dia bermain di orchestra gitar composer avant-garde Glenn Branca, menampilkan Symphony No. 6 (Devil Choirs at the Gates of Heaven) milik composer itu, dan bergabung dengan band noise rock Band of Susans, tampil di album-album mereka Love Agenda dan Peel Sessions, sebelum akhirnya membentuk grupnya sendiri, Helmet.


Helmet awalnya teken kontrak dengan Amphetamine Reptile Records, merilis sebuah single 7” dan satu album, Strap It On pada 1990. Band kemudian teken kontrak dengan Interscope Records, merilis Meantime (1992), Betty (1994), Aftertaste (1997) dan Size Matters (2004). Setelah meninggalkan Interscope, band merilis album-album Monochrome (2006) dan Seeing Eye Dog (2010).

Meantime adalah kesuskesan komersil utama band, disertifikasi emas oleh RIAA. Album ini diberi tanggapan positif oleh kritikus musik dan dipandang sebagai rekaman metal berpengaruh dan mendapatkan sebuah nominasi Grammy dalam kategori Best Metal Performance pada 1993.

Mengikuti pembubaran sementara Helmet, Hamilton membentuk band rock lain, Gandhi, dengan mantan gitaris Liege Lord Anthony Truglio, John Andrews (gitar), Christian Bongers (bass), dan Matt Flynn (kemudian menjadi drummer Maroon 5). Walaupun band tidak merilis musik apapun secara resmi, beberapa demo lagu muncul. Banyak dari lagu-lagu ini kemudian direkam untuk Size Matters dan Monochrome yang dirilis oleh Helmet.

Saat masih aktif dengan Helmet, Hamilton menjalani sebuah karir pada komposisi dan menampilkan musik untuk film, bekerja pada film-film seperti Heat, Titus, In Dreams, Catwoman, dan Chicago Cab. Helmet juga berkontribusi pada sejumlah soundtrack film, termasuk The Crow, Feeling Minnesota, Johnny Mnemonic, Saw 3, Underworld, dan muncul di The Jerky Boys: The Movie (menampilkan sebuah cover dari lagu Black Sabbath “Symptom of the Universe”).

Hamilton juga bekerja sebagai produser rekaman, yang paling menonjol adalah memproduseri album Distort Yourself oleh mantan band penyanyi Bush Gavin Rossdale Institute. Dia juga memproduseri album untuk band-band Bullets and Octane (In the Mouth of the Young), Classic Case (Losing at Life) dan Totimoshi.

Selama hiatus Helmet, Hamilton tampil sebagai gitaris utama untuk band David Bowie pada Hours Tour milik penyanyi itu.

Dia telah berkolaborasi dengan gitaris avant-garde Jerman Caspar Brotzmann di album live improvisasi Zulutime dan tampil pada sejumlah karya artis lain, termasuk Goldbug milik pemain trumpet Ben Neill, Trampoline milik penulis lagu alt-country Joe Henry, Troublegum milik band rock Irlandia Therapy? Dan Object 47 milik grup pot-punk Inggris Wire.

Sebagai seorang musisi jazz, dia telah tampil dengan grupnya sendiri, the Page Hamilton Quintet dan the Jazz Wannabes, dan dengan sesama gitaris dan mentor John Stowell.

Dia juga menghasilkan sebuah DVD instruksi gitar, Sonic Shapes: Expanding Rock Guitar Vocabulary, yang diterbitkan oleh Hal Leonard Corporation.

Pada 2014, Hamilton muncul di album studio keenam Linkin Park, The Haunting Party, dimana dia mengisi vokal tambahan (di chorus) dan gitar pada lagu yang berjudul “All for Nothing”. Lagu ini diproduseri sendiri oleh Mike Shinoda dan Brad Nelson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...