Laman

Senin, 16 Mei 2016

ROBERT FRIPP




Lahir 16 Mei 1946 di Wimborne Minster, Dorset, Inggris, adalah seorang gitaris, komposer dan produser rekaman Inggris.

Putra dari agen perumahan dari latar belakang kelas pekerja. Pada hari Natal 1957, saat berusia 11 tahun, dia mendapatkan sebuah gitar "yang sangat murah" dari orangtuanya, mengatakan "hampir saja saya mengetahui bahwa gitar ini akan menjadi hidup saya." Fripp mengambil pelajaran gitar dengan para guru Kathleen Gartell dan Don Strike, yang dengan cepat mengasah keterampilannya: pada usia 11 tahun, dia memainkan musik rock, beralih ke jazz tradisional pada usia 13 tahun dan jazz modern pada usia 15 tahun. Pada saat ini dia terpengaruh oleh para pemain jazz modern dan para komposer seperti Charlie Parker dan Charlie Mingus.

Meskipun mendalami jazz, band pertama Fripp adalah sebuah band rock bernama The Ravens, yang dibentuk pada 1961 pada saat dia berusia 15 tahun dan juga menampilkan para teman sekolah Graham Wale (drum, kemudian digantikan oleh Chris 'Fergy' Ferguson), Gordon Haskell (bass), dan Tino Licinio (vokal/gitar). Pada 1962 The Ravens berpisah saat Fripp berkonsentrasi pada pelajaran level O-nya dan bergabung dengan firma ayahnya sebagai negosiator junior, pada titik ini berencana belajar manajemen perumahan di South Kensington university dan kemudian mengambil alih bisnis ayahnya. Pada 1964, saat berusia 17 tahun, Fripp membuat keputusan untuk menjadi musisi profesional.


Untuk sementara, Fripp bermain gitar di Chewton Glen Hotel dengan sebuah band jazz bernama The Douglas Ward Trio. Tidak lama kemudian, dia membentuk sebuah band rock bernama The League of Gentlemen (sebuah nama yang dia bangkitkan lagi pada 1980 dengan keseluruhan anggota yang berbeda). Selan Fripp pada gitar, linuep 1964 League of Gentlemen menyertakan mantan rekan sebandnya di Ravens Gordon Haskell dan Tino Licinio, plus Stan Levy (drum) dan Reg Matthews (vokal).

Masih membuka pilihannya, Fripp meninggalkan The League of Gentlemen pada 1965 agar bisa mempelajari level A di Bournemouth College, dia dia mempelajari ekonomi, sejarah ekonomi dan sejarah politik, menulisa sebuah makalah khusus pada kondisi sosial di pertengahan abad 19, disana dia bertemu kolega musik masa depannya John Wetton, Richard James-James dan Greg Lake. Dia akhirnya menghabiskan tiga tahun lagi memainkan jazz ringan di Majestic Dance Orchestra di Bournemouth Majestic Hotel (menggantikan gitarsi masa depan The Police Andy Summers, yang pergi ke London dengan Zoot Money). Pada usia 21 tahun, pulang ke rumah dari kampus larut malam, Fripp mendengarkan Radio Luxemburg dia  mendengar "A Day in the Life". Terdoronh oleh pengalaman itu, dia kemudian mendengarkan Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band, kuartet string Bela Bartok, New World Symphony milik Antonin Dvorak, Are You Experienced dan John Mayall & the Bluesbreakers. Bertahun-tahun kemudian, Fripp mengingat bahwa "walaupun semua dialek berbeda, suaranya sama...saya tahun saya tidak bisa berkata tidak".


Mencari pengembangan karir musik yang lebih kreatif, Fripp menanggapi sebuah iklan yang dipasang oleh Bournemouth bersaudara Peter Giles (bass, vokal) dan Michael Giles (drum, vokal), dimana mereka berharap bisa merekrut seorang pemain organ yang menyanyi. Meskipun diluar harapan ini, Fripp dengan sukses diaudisi untuk kedua bersaudara itu: trio ini kemudian pindah ke London dan membentuk Giles, Giles and Fripp. Walaupun tidak sukses sebagai aksi panggung, band mendapatkan beberapa perhatian setelah perilisan dua single juga sebuah album, The Cheerful Insanity of Giles, Giles and Fripp. Meskipun merekrut dua anggota lagi - penyanyi Judy Dyble (kemudian menjadi anggota Fairport Convention dan Trader Horn) dan multi-instrumentalis Ian McDonald - Fripp merasa bahwa dia mulai terpengaruh pop eksentrik oleh Peter Giles (lebih condong pada komposisi yang lebih ambisius yang ditulis oleh McDonald) dan band bubar pada 1968.

Dengan segera, Fripp, McDonald dan Michael Giles membentuk lineup pertama dari King Crimson pada pertengahan 1968. 


Sebagai gitaris untuk King Crimson, Fripp telah menjadi satu-satunya anggota yang telah bermain di semua King Crimson line-up dari akhir 1960-an hingga 2010-an. Dia juga telah bekerja secara luas sebagai musisi studio, terutama dengan penyanyi David Bowie di album "Heroes" dan Scary Monsters, dan memberikan kontribusi suara ke sistem operasi Windows Vista. Diskografi lengkapnya berisi lebih dari tujuh ratus rilisan lebih dari empat dekade. 


Dia berada di peringkat ke-62 pada daftar "100 Gitaris Terbesar Sepanjang Masa" oleh majalah Rolling Stones pada 2011 setelah ditempatkan di peringkat 42 oleh David Fricke pada 2003. Di tempel ketat oleh AndrĂ©s Segovia, ia juga berada di peringkat ke-47 di Gibson.com "Top 50 gitaris sepanjang masa". 


Komposisinya sering menampilkan 'time signature' yang tidak biasa, yang dipengaruhi oleh musik klasik dan folk. Inovasi tremasuk Frippertronics, soundscapes, dan New tuning standar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...