Laman

Senin, 30 Mei 2016

ANDY TIELMAN




Andy Tielman meninggal pada Kamis 10 November 2011 di Belanda karena sakit kanker perut yang dideritanya sejak tahun 2009. Dialah sosok orang asli Indonesia yang menjadi pelopor musik rock di Belanda sana. Andy lahir pada 30 Mei 1936 di Makassar, Celebes, Hindia Belanda.

Berbicara Andy Tielman erat kaitannya dengan band legendaris The Tielman Brothers. Sebuah band rock and roll legendaris yang meraih ketenaran di Belanda sana dan memasuki belantika musik internasional pada tahun 1950-an. Namun disayangkan nama The Tielman Brothers sendiri di Indonesia hingga kini masih menjadi nama asing.

Nama The Tielman Brothers ini terkenal di Eropa jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones. Bahkan The Beatles sendiri terinspirasi dengan The Tielman Brothers. Gitaris The Beatles, George Harrison dalam salah satu wawancara di majalah Rolling Stone memuji jika Andy sebagai Andy The Indo-man.

Berawal dari rasa ketertarikan empat pemuda yang masih bersaudara asal Flores yaitu Andy, Reggy, Ponthon dan Louiou ini akan musik membuat mereka menyeriusinya. Bakat musik sendiri menurun dari Ayanhnya seorang Kapten tentara KNIL yang sering bermain musik bersama teman-temannya.

Penampilan pertama The Tielman Brothers pada acara pesta di rumahnya di Surabaya membuat teman-teman Ayahnya kagum karena mereka berhasil membawakan tembang-tembang sulit seperti Tiger Rag dan 12th Street Rag.


Sukses dengan penampilan pertamanya membuat mereka sering diundang ke berbagai acara baik di sekitar Surabaya maupun di berbagai daerah. Dan hingga pada akhirnya pada tahun 1957mereka sekeluarga memutuskan untuk hijrah ke Belanda.

Pindah ke Belanda tak menyurutkan karir mereka dalam bermusik. Mereka lebih sering tampil di berbagai acara, sehingga membuat nama The Tielman Brothers mencuat terutama di daerah Eropa. Publik Belanda pun menyebut musik The Tielman Brothers dengan julukan Indorock.

Aksi panggung yang unik dan berbeda, dipadu berbagai atraksi yang atraktif dan menghibur membuat band ini mudah diingat. Terlebih pada masa itu belum ada band yang mengusung gaya panggung seperti ini. 

Mereka tampil berguling-guling, melompat dan memainkan instrumen masing-masing dengan skill yang dipadu dengan atraksi yang menghibur. Mereka juga dipercaya mempopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, atau memainkan gitar dengan gitar di belakang badan atau kepala jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy Page dan Ritchie Blackmore.


Pada tahun 2005 Ratu Beatrix dari Belanda menganugerahi Andy Tielman dengan bintang jasa Order of Orange Nassau karena kontribusinya bagi musik peopuler di Belanda. Sayangnya tak ada satupun penghargaan yang ia dapat dari pemerintah Indonesia.

The Tielman Brothers pernah tampil di istana Negara, Jakarta di hadapan Presiden Soekarno. dan di tahun 2008 mereka sempat mudik ke Indonesia lagi untuk tampil di Jakarta Rock Parade setelah sekian lama vakum. Penampilan sang legendaris ini masih memukau dan penonton pun memberikan applause yang meriah.


Kepergian Andy Tielman tak hanya kehilangan bagi warga Belanda dan fansnya di Eropa saja, namun juga pecinta musik Indonesia. Selamat jalan Andy semoga damai di sana. Rock In Peace! (kpl/faj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...