Laman

Kamis, 19 Mei 2016

PHIL RUDD




Lahir pada 19 Mei 1954 di Melbourne, Australia dengan nama Phillip Hugh Norman Witschke Rudzevecuis dari orangtua Lithuania. Rudd mulai bermain drum di usia remajanya dan menjadi serius tentang menjalani karir di musik. Dia bermain di beberapa band di Melbourne sebelum bergabung Buster Brown dengan vokalis masa depan Rose Tattoo Angry Anderson. Mereka merilis satu album, Something To Say, pada 1974, sebelum Rudd pergi untuk bergabung Coloured Balls dengan Lobby Loyde.

Pada 1974 Rudd diberitahu tentang audisi seksi ritem AC/DC oleh mantan rekan seband Coloured Balls Trevor Young (tidak ada hubungan kelurga dengan Young bersaudara dari AC/DC). Rudd meminta bassi Buster Brown Geordie Leach untuk menemaninya ke audisi itu, tapi Leach menolak karena komitmen lain. Rudd diaudisi dan segera dipekerjakan. Gaya permainan drum Rudd cocok dengan gaya musik band dan menjadi bagian integral dari musik AC/DC dari 1975 hingga 1983. Band pindah ke UK pada 1976 dan mengikuti jadwal padat dari tur dan rekaman internasional.


Pada 1980, vokalis AC/DC Bon Scott meningal. Band tetap berlanjut, merekrut vokalis baru Brian Johnson dan segera merekam album paling sukses mereka, Back In Black tahun 1980. Berteman baik, Rudd terpukul dengan kematian Scott, tapi tetap dengan AC/DC hingga dia meninggalkan band selama rekaman dari album Flick of the Switch pada 1983. Rudd menyelesaikan kontribusinya pada album itu, dan walaupun drummer sesi B.J. Wilson direkrut untuk membantu menyelesaikan rekaman, bagian drum Wilson akhirnya tidak digunakan. Simon Wright segera dipekerjakan sebagai pengganti permanen Rudd, dan tampil di video yang menyertai single yang dirilis dari album itu.

Keluarnya Rudd pada 1983 dari AC/DC adalah bagiab dari akibat masalah pribadinya juga konflik dengan gitaris ritem dan pendiri band Malcolm Young, yang akhirnya meningkat menjadi pertikaian fisik. Mengikuti pemecatannya, Rudd pensiun ke Tauranga, Selandia Baru dimana dia membeli sebuah perusahaan helicopter. Kepergian Rudd dari AC/DC tidak diketahui secara luas hingga malam di tur Amerika Utara pada 1983. Di beberapa halaman terakhir dari Circus Magazine edisi Oktober 1983 dikatakan “Phil Rudd meninggalkan AC/DC… untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan mobil-mobilnya, tapi kami tidak saling bertengkar”. Vokalis Brian Johnson menambahkan dalam wawancara Hit Parader dari periode yang sama “Anda tidak bisa menemukan pribadi atau drummer yang solid daripada Phil Rudd. Tidak satupun dari kami tidak akan bekerja jika kami tidak ingin…Phil memilih opsi itu”.


Pada tahun-tahun kepergiannya dari AC/DC, Rudd mengatakan, “Saya balapan mobil, menerbangkan helicopter, menjadi seorang petani dan bercocok tanam. Saya tinggal di Selandia Baru yang hebat; nyaman dan tenang dengan tidak seorangpun mengganggu saya.” Rudd juga terus bermain drum, “saat saya ingin lebih dari yang harus saya kerjakan”, dan membangun studio rekaman miliknya.

Dia menikahi seorang wanita Selandia Baru bernama Lisa O’Brien, dengan siapa dia memiliki lima orang anak; pasangan ini berpisah pada 2006.

Saat AC/DC melakukan tur Selandia Baru pada 1991 dalam mendukung alum Razors Edge mereka, mereka memanggil Rudd untuk melihat jika dia tertarik untuk ikut mereka untuk sesi bermain biasa. Rudd menerima tawaran mereka. Walau tidak ada diskusi tentang bergabungnya dia kembali ke grup pada saat itu, Rudd diundang untuk bergabung kembali secara permanen dengan AC/DC pada akhir 1993 mengikuti rekaman single Big Gun untuk soundtrack film Last Action Hero.

AC/DC menyambut kembali Rudd mengikuti syarat Chris Slade sebagai drummer band. Band memuji Slade untuk penampilan dan kemampuan teknisnya, tapi beranggapan bahwa beberapa ciri hilang dari SC/DC sejak kepergian Rudd pada 1983. Sejak bergabung kembali ke band, dia tampil di 4 album studio AC/DC, Ballbreaker, Stiff Upper Lip, Black Ice, dan Rock or Bust, dengan Black Ice menjadi hit terbesar band di tangga album sejak For Those About To Rock We Salute You pada 1981.

Pada tahun 2003, dia dinobatkan ke dalam Rock N' Roll Hall Of Fame bersama dengan anggota lain AC/DC. 

Pada 29 Agustus 2014 dia merilis album solonya, Head Job melalui Universal Record.

Karena terkena kasus hukum, dia tidak bisa bergabung untuk tur Rock or Bust pada tahun 2015 dan digantikan oleh Chris Slade.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...