Laman

Sabtu, 14 Mei 2016

JACK BRUCE




Lahir pada 14 Mei 1943 dengan nama John Symon Asher Bruce di Bishopbriggs, Lanarkshire, Skotlandia. Orangtuanya miskin-ibunya mengerjakan dua pekerjaan untuk bisa membuatnya bersekolah SD-dan mereka sering berpindah tempat; Bruce bersekolah di 14 sekolah hingga dia masuk SMA. Dia mulai memainkan bass jazz di usia remajanya. Dan belajar di Royal Scottish Academy of Music dengan beasiswa cello. Dia keluar dari sekolah karena sekolah tidak mengijinkan dia memainkan jazz.

Setelah meninggalkan sekolah, Bruce berkeliling Inggris dan Italia. Dia bergabung dengan big band pertamanya, Alexis Korner’s Blues Incorporated, pada 1962, sebagai bassis. Satu tahun kemudian, dia pergi untuk bergabung dengan Graham Bond di band yang nantinya menjadi Graham Bond Organisation. Namun, dia dikeluarkan oleh drummer Ginger Baker karena konflik pribadi dan musikal.


Marvin Gaye memberi tawaran Bruce sebuah tempat untuk tur dengan band Amerika-nya, tapi Bruce menolaknya, dengan alasan pernikahannya. Hal itu menjadi sebuah keputusan hebat: dia malahan bergabung dengan John Mayall’s Blues Breakers, dimana dia bertemu Eric Clapton. Pada 1966, Bruce bergabung dengan Cream dengan Clapton dan mantan rekan seband Blues Incorporated Ginger Baker. Bruce menulis dan menyanyikan sebagian besar lagu band, termasuk “Sunshine of Your Love” dan “White Room,” dan album ganda 1968 mereka, Wheels of Fire, menjadi album ganda pertama yang mendapatkan platinum. Cream bubar pada 1968, dan Bruce bersolo karir.


Bahkan sebelum pembubaran Cream. Bruce mulai merekam materi miliknya. Setelah grup bubar, dia mulai berkolaborasi dengan para musisi lain, bermain dalam gaya dari klasik hingga rock hingga world music. Dia merilis album solo pertamanya pada 1969, dan yang kedua, sebuah album jazz, tidak lama kemudian. Dia melakukan tur ke Amerika dengan salah satu bandnya, dan juga bergabung dengan sejumlah band singkat, termasuk Lifetime, dengan John McLaughlin, Tony Williams dan Larry Young; dan band West, Bruce & Laing, dengan Leslie West dan Corky Laing.


Selama 1980an dan 90an, Bruce mengatur dan bergabung dengan musisi dunia lainnya, selain merekam materi solo. Dia melakukan kerja sesi dengan Lou Reed dan Frank Zappa; bermain di Guitar Legend festival dengan Bob Dylan, Keith Richards dan Steve Cropper; dan tur dengan beberapa versi dari Ringo Starr’s All-Starr Band. Pada 1993, Bruce dan para anggota lain dari Cream dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.


Pada 2005, Bruce, baker dan Clapton bereuni untuk sebuah tur Cream, dan Bruce menerima the Bass Player Lifetime Achievement Award. Tahun berikutnya, di the Grammy Awards, Bruce menerima sebuah Recording Academy Lifetime Achievement Award sebagai anggota Cream.
Bruce menikah empat kali. Dia menikahi istri keempatnya, Margrit Seyffer, pada 1979, dan Margrit menjadi manajernya pada 2003. Bruce menerbitkan otobiografinya, Composing Himself, pada 2010.


Pada 2003, Bruce didiagnosa dengan kanker hati. Dia menjalani transplantasi liver, dan walaupun tubuhnya awalnya menolah organ baru, dia akhirnya sembuh.

Bruce meninggal pada 25 Agustus 2014, di Suffolk, Inggris, pada usia 71. Publisisnya Claire Singers berkata: "Dia meninggal hari ini di rumahnya di Suffolk dengan dikelilingi oleh keluarganya. Dia meninggalkan seorang istri, Margrit, empat anak; Malcolm Bruce, Aruba Red, Kyla Simone Bruce, Corin Bruce dan cucu perempuan Maya Sage.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...