Laman

Jumat, 13 Mei 2016

CHUCK SCHULDINER "The Godfather of Death Metal"




Charles Michael Schuldiner ( 13 Mei 1967 – 13 Desember 2001) adalah seorang penyanyi , penulis lagu dan gitaris dari band DEATH, yang dibentuk pada tahun 1983. Dia juga dikenal didunia sebagai “ Bapak Death Metal” tahun 2002 Majalah Kerrang ! dari inggris memberikan statement “ Chuck scchuldiner adalah salah satu figure significant dalam sejarah metal dunia” Sedang chuck sendiri yang merubah peta death metal sendiri mengatakan "I don’t think I should take the credits for this death metal stuff. I’m just a guy from a band, and I think Death is a metal band." Di tahun 2009 schuldiner mendapat rangking 10 di buku Joel Mclver "The 100 Greatest Metal Guitarists

Lahir dengan nama Charles Michael Schuldiner pada 13 mei 1967 di Long Island, New York, dari ayah Yahudi berketuruan Austria dan ibu dari Amerika Selatan, yang beralih ke Yudaisme. Kedua orangtuanya adalah guru. Pada 1968, keluarganya pindah ke Florida. Schuldiner adalah anak bungus dari tiga anak. Dia memiliki seorang kakak lelaki bernama Frank dan seorang kakak perempuan bernama Bethann.


Schuldiner mulai bermain gitar pada umur 9 tahun. Setelah kematian kakak lelakinya yang berusia 16 tahun mengalami kecelakaan, orang tuanya kemudian membelikan dia gitar dengan harapan dia bisa melupakan duka citanya. Kemudian dia mengambil kelas gitar klasik yang mana hampir setahun lebih dia diajari gurunya "Mary had a Little Lamb" akibatnya dia ngambek dan hampir berhenti bermain gitar hingga selanjutnya dia dibelikan gitar listrik oleh orang tuanya dan langsung belajar memainkan alat musik ini dengan segera. Dia tak pernah berhenti belajar sendiri dan mulai menulis lagu, setiap akhir pekan dia menghabiskan waktu bermain gitar di garasi atau dikamarnya dan bermain gitar, tapi pada saat hari biasa itu terbatas hanya 3 jam setelah pulang sekolah. Schuldiner pertama kali bermain gitar di depan public di awal masa remajanya.


Yang menginspirasi dia dalam bermain musik adalah Metallica, Iron Maiden, Kiss dan Billy Idol dan jazz klasik. Dia sangat tertarik dalam gerkana metal yang dikenal sebagai NWOBHM – New Wave of British Heavy Metal – dan menyebut band-band dari genre itu sebagai favoritnya. Dia seringkali menyebut band Perancis Sortilege sebagai grup metal favorit pribadinya. Slayer, Celtic Frost, Possessed, Mercyful Fate/King Diamond dan Metallica adalah pengaruh berikut yang dia terapkan pada bandnya sendiri. Kemudian dalam karirnya, Schuldiner sering menyebut band-band metal progresif seperti Watchtower, Cotoner dan Queensryche sebagai pengaruh. Situs resmi Schuldiner, Empty Words, menyebutkan ibu Schuldiner mengklaim bahwa dia bisa menikmati semua bentuk musik kecuali country dan rap. Dia juga menyukai jazz dan musik klasik selain metal dan band alternative Inggris seperti Lush.


Schuldiner tampil dengan baik di sekolah sebelum menjadi bosan dengan pendidikan, dan akhirnya keluar. Dia kemudian menyesali keputusan ini. Dia menyatakan jika dia tidak menjadi seorang musisi, dia akan menjadi seorang pengusaha rumah makan atau seorang koki.


Schuldiner membentuk Death sebagai Mantas pada 1983 saat dia berusia 16 tahun. Para anggota asli adalah Schuldiner (gitar), Rick Rozz (gitar) dan Kam Lee (drum dan vokal). Pada Januari 1986, Schuldiner pindah ke Toronto dan untuk sementara bergabung dengan band Kanada Slaughter. Namun, dia dengan cepat kembali meneruskan formasi Death.


Death mengalami banyak perubahan barisan. Dengan Chris Reifert, Schuldiner kemudian merilis album Death pertama, berjudul Scream Bloody Gore, pada 1987. Dia meneruskan dengan Leprosy pada 1988 dengan barisan dari mantan gitaris Mantas Rick Rozz dan seksi ritem Terry Butler pada bass dan Bill Andrews pada drum, dan Spiritual Healing pada 1999, dimana gitaris James Murphy menggantikan Rozz yang dipecat pada 1989.


Setelah Spiritual Healing, Schuldiner berhenti bekerja dengan para anggota band penuh waktu, cenderung bekerja dengan musisi studio dan live, karena hubungan yang jelek dengan seksi ritem dan gitaris terdahulu Death. Hal ini memberi Schuldiner sebuah reputasi ‘perfectionist’ di komunitas metal. Schuldiner juga memecat manajernya Eric Greif tapi mempekerjakannya kembali sebelum rekaman dari rilsan berikutnya yang berpengaruh.


Album terobosan Death, Human memperlihatkan band beralih ke gaya yang lebih teknikal dan progresif, dimana Schuldiner memperlihakan kemapuan bermain gitarnya secara lebih dibandingkan sebelumnya. Dia meneruskan gaya ini (dan melanjutkan kesuksesan band) dengan Individual Thought Patterns pada 1993, Symbolic pada 1995, dan akhirnya The Sound of Perseverance pada 1998. Selama karirnya, Schuldiner tidak takut mengambil subyek lirik yang controversial, mengambil tema anti-narkoba di “Living Monstrosity” dan menulis tentang aborsi “Altering the Future”.


Dia mengistirahatkan Death setelah ini untuk meneruskan Control Denied, dimana telah dia bentuk sebelum perilisan dari The Sound of Perseverance, dan merilis The Fragile Art of Existence pada 1999. Control Denied juga juga memiliki pemain lain dari album Death terbaru tapi menampilkan vokalis melodic metal. Schuldiner juga bermain gitar di “supergrup” Voodoo Cult di album Jesus Killing Machine pada 1994 dan memainkan sebuah solo tamu di rilisan 1995 Naphobia, Of Hell pada lagu “As Ancient Evolve” sebagai bantuan bagi bassis band pada saat itu yang merupakan teman Schuldiner. Schuldiner juga diminta untuk menjadi salah satu dari banyak vokalis tamu di Probot pada 2001 milik Dave Grohl. Grohl, Napalm Death, Ozzy Osbourne, dan Anthrax semuanya memberikan bantuan untuk mengumpilkan dana untuk biaya pengobatan Schuldiner dengan Grohl mencoba untuk terlibat pada album yang sedang dikerjakan. Pada sebuah wawancara 1999 Chuck berbicara tentang mengapa dia tidak menyanyi di album The Fragile Art of Existence “…vokal ini adalah semua yang ingin saya lakukan di Death tapi tidak bisa. Saya memiliki impian dari rekaman ini seperti itu selama bertahun-tahun, dan hal ini serasa sebuah mimpi yang menjadi nyata. Tim Aymar adalah seorang penyanyi yang hebat dan ini adalah perbedaan utama. Saya berpikir orang-orang akan terkejut pada kekerasan dan kekuatan dari album ini. Banyak orang berharap sesuatu seperti Iron Maiden tapi, meskipun, menjadi salah satu band favorit saya, saya tidak ingin membuat sebuah album seperti Iron Maiden. Saya ingin membuat sebuah album yang tidak terduga, seperti yang saya lakukan di Death, saya rasa. Saya tidak suka membuat album yang bisa ditebak.


Diawal hari Death, Schuldiner menggunakan death growls saat menampilkan vokal. Saat karirnya berkembang, vokalnya menjadi naik. Pada albu terakhir Death, The Sound of Perseverance, dia menggunakan suara yang lebih tinggi mirip dengan jeritan konvensional. Gaya vokalnya adalah sebuah pengaruh pada banyak band death metal.

Pada Mei 1999, Schuldiner merasa kesakitan di leher atasnya, dimana waktu itu dia mengira sarafnya kejepit. Dia berkonsultasi dengan ahli syaraf dan terapis pijat/akunpunkturist yang merekomendasikan pelaksanaan MRI, diketahui kalau penyebab saraf kejepitnya adalah tumor. Pada ulang tahunnya yang ke 32, 13 Mei 1999, Schuldiner didiagnosa dengan pontine glioma tingkat tinggi (tipe ganas dari kanker otaka yang menyerang syaraf otak), dan segera menjalani terapi radiasi.

Pada Oktober 1999, keluarga Schuldiner mengumumkan bahwa tumor mulai mengehilang dan dia mulai pulih. Pada Januari 2000, Schuldiner menjalani operasi untuk menghilangkan bekas tumornya. Operasi itu sukses. Namun, keluarga Schuldiner mengalami kesulitan keuangan. Total biaya operasi adalah US$70.000, dimana keluarga Schuldiner tidak bisa memenihi. Banyak pengumpul dana, lelang dan konser amal dilakukan untuk menutup biaya. Uang mulai masuk saat komunitas metal menyadari bahwa hidup Schuldiner dalam bahaya.

Schuldiner terus mengerjakan musiknya, meneruskan kerjanya dengan Control Denied. Dua tahun setelah diagnose awalnya, Mei 2001, kanker itu kembali dan Schuldiner sakit lagi. Waktu itu Schuldiner sempat menolak pembedahan, karena masalah finansial. Sebuah rilisan pers untuk mendapatkan dukungan dari semua orang dilakukan, termasuk sesama artis. Jane Schuldiner meminta semua yang membaca pernyataan tentang Schuldiner dan penyakitnya mencarikan asuransi, menyatakan rasa frustasinya di sistem perawatan kesehatan AS. Schuldiner mendapatkan ausransi medis setelah operasi pertamanya, tapi pihak asuransi menolak untuk membayar karena ausransi pra tumor sudah diambil. Banyak artis, antaranya Kid Rock, Korn dan Red Hot Chili Peppers, berkumpul selama musim panas 2001 untuk melelang barang pribadi mereka, untuk membantu sana biaya medis Schuldiner, sebuah usaha yang diliput oleh MTV. Matt Heafy, vokalis dan gitaris Trivium juga menyatakanb bahwa band telah memainkan pertunjukan amal untuk Schuldiner saat dia ada di rumah sakit di hari-hari mereka sebagai band lokal. Schuldiner menerima kemoterapi dengan vincristine. Seperti sebagian besar penggunaan obat p[ada perawatan kanker, efek samping sangat jelek dan sangat membuatnya lemah. Pada akhir Oktober/awal Nopember, kondisi Schuldiner memburuk saat dia sakit pneumonia.

Schuldiner meninggal pada 13 Desember 2011, sekitar 4 p.m Eastern Standard Time dan dikremasikan. MTV melaporkan bahwa para artis rekaman termasuk Mike Patton, Max Cavalera, King Diamond, Ville Valo, Trey Azagthoth, Glen Benton, dan semua mantan anggota dan anggota aktif dari Death, menghadiri pemakamannya.

Schuldiner sering dianggap sebagai “The Godfather of Death Metal”, di obituarinya pada 5 Januari 2002 yang diedarkan oleh majalah Kerrang! Inggris mengatakan bahwa “Chuck Schuldiner adalah salah satu sosok paling signifikan dalam sejarah metal.” Schuldiner sendiri merasa biasa saja tentang bagiannya dalam sejarah death metal, menulis, “Saya tidak berpikir saya harus mengambil kredit untuk masalah death metal ini. Saya hanya seorang pria dari sebuah band, dan saya pikir Death adalah sebuah band metal.” Schuldiner ada di peringkat No. 10 di buku Joel McIver, The 100 Greatest Metal Guitarists pada 2009 dan No. 20 pada Guitar World Maret 2004 “The 100 Greatest Metal Guitarists”. Schuldiner mendirikan perusahaan penerbitan Mutilation Music pada 1987, berafiliasi dengan organisasi hak penampilan BMI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...