Laman

Jumat, 20 Mei 2016

JOE COCKER




Lahir pada 20 Mei 1944 dengan nama lengkap John Robert Cocker di Sheffield, West Riding of Yorkshire, Inggris. Dia menyebut Ray Charles dan Lonnie Donegan sebagai sebagian kecil pengaruh awalnya. Dia membuat debut menyanyinya dengan band skiffle kakaknya Victor saat dia baru berusia 12 tahun. Beberapa tahun kemudian Cocker menjadi seorang pemain drum dan harmonica untuk sebuah band bernama the Cavaliers. Namun, tidak berlama-lama, Cocker mengambil posisinya yang tepat di depan panggung sebagai seorang penyanyi, bekerja harian sebagai pegawai pengurus gas untuk the East Midlands Gas Board saat dia mencoba untuk menjadi seorang penampil.


Cocker mencoba dalam musik pop, tampil sebagai Vance Arnold dan merilis sebuah single di Decca Records pada 1964. Saat lagu itu gagal, Decca mencoret Cocker dan dia melepaskan nama panggungnya, tampil secara singkat dengan sebuah grup baru sebelum beristirahat dari dunia musik. Dia kembali pada 1966 dengan membentuk the Grease band, akhirnya membuat sebuah hit minor di AS dengan lagu “Marjorine.”

Cocker membuat single nomor satu pertamanya di negara asalnya Inggris pada 1968 dengan rendisinya dari “With a Little Help from My Friends” milik The Beatles. Cover-nya pada lagu ikonik ini kemudian ditampilkan sebagai lagu tema untuk seri televisi The Wonder Years. Albumnya dengan judul sama menampilkan para tamu seperti Jimmy Page dan Steve Winwood. Pada 1969, Cocker menembus chart Inggris lagi dengan “Delta Lady.” Penyanyi ini juga melakukan tur AS di tahun yang sama. Waktunya di Amerika termasuk penampilan yang mendongkrak karirnya di festival terkenal Woodstock. Cocker mulai menarik perhatian banyak penggemar dengan musik bluesy rock miliknya. Dia juga dikenal untuk cara menarinya yang tidak bisa ditebak di panggung.


Dengan album live 1970 Mad Dogs & Englishmen, Cocker masuk ke top 10 dari tangga lagu pop Amerika dengan “The Letter”. Album ini membuktikan menjadi sebuah kesuksesan besar dan juga menyertakan beberapa single hit lainnya, seperti “Cry Me a River.” Pada beberapa tahun berikutnya, dia masuk ke tangga lagu lagi dengan lagu-lagu seperti “High Time We Went” dan “Feeling Alright.” Namun, saat 1970an berkembang, penyalahgunaan zat Cocker mulai berakibat pada penampilannya, walau pada 1975 dia mampu kembali ke chart dengan hit “You Are So Beautiful.”

Pada 1980an Cocker memiliki sebuah karir yang mulai meningkat lagi. Duetnya dengan Jennifer Warner, “Up Where We Belong,” adalah trek judul untuk drama Richard Gere-Debra Winger, An Officer and a Gentleman. Balada ini menjadi sebuah hit nomor satu dan memberikan pasangan ini sebuah Grammy Award yang menang untuk best pop performance by a duo or group with vocal pada 1982 dan the Academy Award for Best Original Song pada 1983. Pada penutupan dekade, Cocker kembali ke tangga lagu pop lagi dengan “When the Night Comes.”

Pada tahun 1993 dia dinominasikan untuk Brit Award untuk Best British Male, pada tahun 2007 dia dianugerahi sebuah Sheffield Legends di kota asalnya, dan pada tahun 2008 dia menerima sebuah gelar OBE di Buckingham Palace untuk jasanya dalam bidang musik. Dia berada di rangking 97 dalam daftar 100 gratest singers oleh majalah Rolling Stones.

Saat tampil pada sebuah konser di Madison Square Garden pada tanggal 17 September 2014, rekan sesama musisi Billy Joel menyatakan bahwa Cocker tidak merasa sehat saat ini dan mendukung Cocker untuk dinobatkan ke dalam Rock N Roll Hall Of Fame.

Pada tahun 1963, Joe mulai berkencan dengan Eileen Webster, juga warga Sheffield. Keduanya bersama selama 13 tahun ke depan, dan berpisah pada tahun 1976.

Pada tahun 1978, Joe pindah ke ranch yang dimilik oleh Jane Fonda di Santa Barbara, California. Pam Baker, seorang pengurus kemah musim panas dan penggemar musik Joe, memohon kepada sang aktris untuk meminjamkan rumahnya kepada Joe. Pam dan Joe mulai berkencan dan mereka menikah pada tanggal 11 Oktober 1987. Pasangan tersebut tinggal di Mad Dog Ranch di Crawford, Colorado.

Pada tahun-tahun terakhirnya, Cocker tetap aktif di kancah musik. Dia tetap melakukan rekaman, merilis Have a Little Faith (1994), Hymn for My Soul (2007) dan Hard Knocks (2010). Pada 2012, Cocker merilis albumnya yang ke 23, Fire It Up, yang terbukti sebagai album terakhirnya.

Dia meninggal karena kanker paru-paru pada tanggal 22 Desember 2014 di Crawford, Colorado. Penyanyi legendaris ini meninggalkan istrinya, Pam, putri tirinya Zoey dan dua cucu. 

Banyak anggota dunia musik berduka atas kematian Cocker. Dua anggota The Beatles yang tersisa, Paul McCartney dan Ringo Starr, ada diantara para hadirin yang memberikan penghormatan kepada sang penyanyi. Starr adalah salah satu yang menulis di Twitter mengekspresikan kesedihannya, menulis “Goodbye and God bless to Joe Cocker from one of his friends.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...