Laman

Rabu, 18 Mei 2016

RICK WAKEMAN




Lahir pada 18 Mei 1949 di Perivale, Middlesex, Inggris dengan nama Richard Christopher Wakeman. Ketertarikan Wakeman dalam musik bermulai saat dia masih anak-anak, dan dari usia tujuh tahun dia mempelajari piano klasik. Pada usia 14 tahun, dia bergabung dengan sebuah band lokal, Atlantic Blues, pada tahun yang sama dia meninggalkan sekolah untuk mendaftar di Royal College of Music. Dia mulai menatap karirnya sebagai seorang seorang pianis konser, tapi Wakeman keluar dari kampus setelah semua menjadi jelas bahwa dia cenderung bermain dalam klub untuk mempelajari teknik.

Pada akhir usia remajanya, dia sudah mantap sebagai pemain sesi, bermain pada rekaman oleh band-band yang beragam seperti Black Sabbath, Brotherhood of Man, dan Edison Lighthouse. Pada akhir 60an, namanya juga mulai muncul dalam daftar album oleh para artis seperti Al Stewart dan David Bowie, dan satu rangkaian sesi dengan band folk-rock bernama the Strawbs membawanya pada bergabungnya dia dengan gup itu pada 1970. Setelah dua album dengan the Strawbs, Wakeman bergabung dengan Yes, sebuah band psychedelic hard rock yang mendapatkan perhatian besardengan tiga album pertama mereka. Wakeman memainkan piano elektrik dan akustik, synthesizer, dan Mellotron. Fragile adalah album hit, didorong oleh kesuksesan dalam chrat oleh single “Roundabout,” dan Wakeman dengan cepat mendapatkan status bintang.


Album Yes berikutnya, Close to the Edge, memperluas penonton da daya tariknya, untuk alat musiknya yang didengar hampir secara rutin pada rekaman. selama pembuatan Close to the Edge pada 1972, Wakeman juga mereka album solo pertamanya, sebuah karya instrumental berjudul The Six Wives of Henry VIII, yang berisi interprestasi musiknya dari kehidupan dan kepribadian dari enam keluarga kerajaan. Dirilis pada awal 1973 di A&M Records, album itu tampil secara terhormat di tangga album. Penerimaan umum pada album 1974 Yes, Tales from Topographic Oceans, beragam, dan kritikan tidak mengenal ampun menyerang rekaman mereka. Wakeman meninggalkan grup sebelum tur untuk mendukung album. Album solo barunya, Journey to the Center of the Earth, diadaptasi dari tulisan Jules Verne dan menampilkan sebuah band rock, narrator (David Hemmings), dan orchestra penuh dan paduan suara, dirilis dengan mendapatkan respon umum yang menakjubkan baik di Amerika dan Inggris, dimana album ini memuncaki tangga album. Pada 1975, album berikutnya, The Myths and the Legends of King Arthur and the Knights of the Round Table, memberikan tayangan perdana skala besar di Wembley’s Empire Pool, walaupun hal itu juga menghasilkan keuntungan bagi Wakeman untuk memanggungkan acara itu diatas es. Selama periode yang sama ini, Wakeman mulai mengerjakan musik film dengan musik untuk Lisztomania milik Ken Rissell, yang menjadi hit menengah.


Pada 1977, Wakeman kembali ke Yes, dengan siapa dia terus melakukan rekaman dan tur. Karir solonya berlanjut di A&M hingga akhir ‘70an, dengan Criminal Records dan Rhapsodies, yang mendapatkan kesuksesan yang lumayan. Namun, Wakeman menjadi berita media besar pada saat ini, datang melalui perannya dalam membuat the Sex Pistols dicoret oleh A&M Records tidak lama setelah dikontrak. Tidak satupun dari hal ini mengganggu penggemarnya, yang dengan cepat melupakan hal itu saat dia mulai mengerjakan karyanya degan penulis lirik Tim Rice pada sebuah adaptasi musik dri 1984 milik George Orwell, dan karya musik filmya yang bagus. 

Pada tahun 1980an, dia terkenal akan kontribusinya dalam seri komedi BBC Grumpy Old Men, acara radionya di Planet Rock bernama Rick's Place yang mengudara dari 2005 hingga 2010.


Pada tahun 1988, dia ikut mendirikan Anderson Bruford Wakeman Howe, yang membawanya kembali dengan Yes dari 1990 hingga 1992. Dia kembali ke Yes dua kali dari 1995 hingga 1997 dan 2002 hingga 2004.


Dia telah menjual lebih dari 100 album solo yang terjual sebanyak 50 juta kopi di seluruh dunia, dari musik pop, piano solo, musik filem, lagu rohani, ambient, dan new age. Dia telah muncul di radio dan televisi selama karirnya. Dia telah menulis 3 buku; sebuah otobiografi dan 2 memoir. 

Wakeman telah menikah empat kali dan memiliki enam anak. Pada 28 Maret 1970, pada usia 20 tahun, dia menikahi Rosaline Woolford, dan mereka memiliki dua putra, Oliver (lahir 16 Februari 1972) dan Adam (lahir 11 Maret 1974). Pasangan ini bercerai pada 1977. Dia menikahi sekretaris studio Danielle Corminboeuf pada Januari 1980, di West Indies, dan mereka memiliki seorang putra, Benjamin (lahir 1978). Dia memiliki seorang putri, Jemma Kiera (lahir 1983), dengan mantan model Page 3 Nina Carter; mereka menikah pada 1984 dan memiliki seorang putra, Oscar (lahir 1986).

Dia telah memperbarui agama Kristen-nya yang dimulai sekitar pernikahannya dengan Carter. Dia dan Carter bercerai pada Desember 2004. Dia memiliki seorang putri, Manda (lahir 9 Mei 1986), dengan teman lamanya, perancang Denise Gandrup, yang dia jumpai pertama pada 1972. Gandrup merancang banyak kostum panggung Wakeman, termasuk jubahnya yang terkenal. Pada 2011, Wakeman menikahi Rachel Kaufman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...