Laman

Minggu, 29 Mei 2016

GARY BROOKER




Gary Brooker, MBE dilahirkan pada 29 Mei di Hackney, East London, Inggris, pindah ke peristirahatan pinggir laut dari Southend-on-Sea, Essex pada 1945. Saat masih anak-anak, dia belajar memainkan piano, cornet dan trombone. Dia bersekolah di Westcliff High School for Boys.

Brooker mendirikan The Paramounts pada 1962 dengan teman gitarisnya Robin Trower. Band mendapatkan pengakuan dalam pertumbuhan kancah R&B Inggris, yang memunculkan The Beatles, The Animals, The Spencer Davis Group, The Rolling Stones, dan banyak lagi. Rolling Stones, yang menonjol, adalah penggemar Paramounts, memberikan mereka penampilan tamu di beberapa pertunjukan yang mengesankan pada awal 1960an.

Brooker mendirikan Procol Harum dengan temannya Keith Reid. "A Whiter Shade of Pale" adalah hit dunia yang membuat Procol Harum dikenal, tapi vokal melankolis Brooker dan permainan piano yang eklektik dan emosional merupakan bagian dari musik Procol Harum yang menjadi kekuatan keseluruhan karir band. Di tahun-tahun awal, Brooker pemain organ Matthew Fisher dan Trower adalah kekuatan penuntun musik di belakang band, tapi setelah setelha perubahan gaya dan Fisher dan Trower pergi, Brooker adalah pimpinan tunggal hingga band bubar pada 1977. Brooker memulai karir solo dan merilis album No More Fear of Flying pada 1979.


Di tahun yang sama, Brooker bergabung dengan teman dan tetangga band Eric Clapton. Dengan Brooker dalam lineup, mereka merilis album studio Another Ticket. Clapton memecat seluruh anggota band pada 1981, tapi dia dan Brooker tetap menjadi teman baik sejak itu. Brooker bergabung dengan Clapton untuk beberapa gig amal beberapa tahun. Mereka tetap menjadi tetangga di Ewhurst, Surrey. Brooker menyanyikan vokal utama di lagu Alan Parsons Project "Limelight", di album 1985 mereka, Stereotomy. Brooker menyanyikan vokal utama pada lagu "No News from the Western Frontier", sebuah single yang diambil dari album "Hi-Tec Heroes" oleh penampil Belanda Ad Visser.

Sebuah inkarnasi baru dari Procol Harum, dipimpin oleh Brooker, terus melakukan tur dunia, merayakan ulang tahun ke 40 band pada Juli 2007  denga dua hari pertunjukan musik di John's Smith Square di London. Brooker juga melakukan tur dengan Ringo Starr's All-Starr Band pada 1997 dan 1999, dan dia juga anggota dari Bill Wyman's Rhythm Kings untuk beberapa tahun, muncul di tiga album mereka dan melakukan tur dengan band. Pada 28 September 1996, sebagai Gary Brooker Ensemble, dia mengadakan sebuah konser amal untuk mengumpulkan dana untuk gereja lokalnya, St. Mary and All Saints, di Surrey. CD live yang dihasilkan dari konser itu, Within Our House, awalnya dirilis di CD klub penggemar dalam jumlah terbatas 100 buah, sejak itu menjadi rekaman yang dikoleksi. Para artis tamu dan pendukungnya termasuk Dave Bronze, Michael Bywater, Mark Brzezicki dan Robbie McIntosh.


Juga pada 1996, Brooker muncul di film adaptasi Alan Parker dari Evita milik Andrew Lloyd Webbers yang dibintangi Madonna, Jonathan Pryce dan Antonio Banderas. Memainkan bagian JUan Atilio Bramuglia, dia menyanyikan lagu "Rainbow Tour" dengan Peter Polycarpou dan Antonio Banderas.

Pada 29 Nopember 2002, dia adalah salah satu musisi dan penyanyi yang berpartisipasi di konser penghormatan Goerge Harrison, Concert for George, dimana dia menyanyikan "Old Brown Shoe". Brooker berkontribusi untuk album Harrison All Things Must Pass, Gone Troppo dan Somewhere in England.

Pada April 2005, sebagai Gary Brooker Ensemble, dia memainkan konser amal di Guildford Cathedral untuk membantu korban Tsunami, memainkan campuran dari lagu Procol Harum dan solo dan mengaransemen lagu klasik dan spiritual. Dia menjadi tamu dengan mendukung para artis Andy Fairweather-Low dan Paul Jones (mantan Manfred Mann).


Pada Mei 2012, Procol Harum terpaksa untuk membatalkan sisa jadwal di Afrika Selatan setelah Brooker mengalami retak tengkorak setelah jatuh di kamar hotelnya. Jatuh itu terjadi di ulang tahun ke 67 Brooker. Band adalah bagian dari British Invasion Tour of South Afrika bersama dengan Moody Blues dam 10cc. Dia pulih kembali untuk band dan menjalankan tur AS secara luas dengan Yes dan memainkan konser di Eropa pada 2013, beberapa dengan orkes simfoni.

Brooker adalah pendukung dari Ciuntryside Alliance dan telah memainkan konser untuk menggalng dana untuk organisasi itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...