Laman

Kamis, 26 Mei 2016

MICK RONSON




Lahir pada tanggal 26 Mei 1946 di Kingston upon Hull, Inggris dengan nama Michael Ronson. Dia adalah gitaris, penulis lagu, muliti instrumentalis, penata musik dan produser Inggris. Dia menerima kesuksesan kritis dan komersil saat bekerja dengan David Bowie sebagai salah satu the Spiders from Mars.


Dia adalah putra pertama dari George dan Minnie Ronson dan memiliki dua orang adik, Maggi dan David. Saat masih anak-anak dia berlatih secara kalsik untuk bermain piano, recorder, violin, dan (kemudian) harmonium. Dia awalnya ingin menjadi seorang pemain cello, tapi beralih ke gitar setelah menemukan musik dari Duane Eddy, yang memililki suara bass di notasinya mirip dengan gitar yang menurut Ronson mirip dengan cello. Dia bergabung dengan band pertamanya, The Mariner, pada Noevmebr 1963, saat dia berusia 17 tahun. Debut panggungnya dengan The Mariners adalah untuk mendukung Keith Herd Band di Brough Village Hall, sebuah gig dimana band harus menempuh 35 mil dan mendapat bayaran 10 shillings (50p). Saat Ronson bekerja dengan The Mariners, grup Hull lokal lainnya – The Crestas – merekrurnya atas saran dari bassis The Mariners John Griffiths. Dengan Rondon sebagai anggota the Crestas mendapatkan reputasi yang bagus, membuat menjadi penampil rutin di gedung-gedung lokal: Senin di the Halfway di Hull, selasa di the Ferryboat Hotel, Jumat di Regal Ballroom di Beverley, dan minggu di the Duke of Cumberland di North Ferriby.

Pada 1965, Ronson meninggalkan The Crestas, pindah ke London untuk mencari pekerjaan. Dia mengambil perkerjaan paruh waktu sebagai seorang mekanik, dan bergabung dengan band bernama The Voice, menggantikan Miller Anderson. Tidak lama kemudian, drummer Crestas Dave Bradfield pergi ke London, menggantikan drummer Voice sebelumnya. Setelah memainkan beberapa jadwal dengan grup, Ronson dan Bradfield kembali dari akhir pekan di Hull untuk menemukan peralatan mereka di flat mereka dan sebuah catatan menjelaskan bahwa anggota yang lain pergi ke The Bahamas. Ronson bertahan di London dan bergabung secara singkat dengan sebuah band soul bernama The Wanted, sebelum akhirnya kembali ke Hull. Pada 1966, dia bergabung dengan band lokal terkenal Hull, The Rats, bergabung dengan penyanyi Benny Marshall, bassis Geoff Appleby, dan drummer Jim Sipmson (yang nantinya digantikan oleh Clive Taylor dan kemudian John Cambridge. Grup bermain di sirkuit lokal, dan membuat beberapa perjalanan tidak sukses ke London dan Paris.

Pada 1967 The Rats merekam lagu psychedelic, “the Rise and Fall of Bernie Gripplestone” di Fairview Studios di Willerby, East Riding of Yorkshire dan dapat didengar di rilisan 2008, Front Room Masters – Fairview Studios 1966-1973. 1968 nampak band merubah nama mereka secara singkat menjadi Treacle dan memesan sesi rekaman lainnya di Fairview Studios pada 1969, sebelum kembali ke nama asli mereka. Sekitar waktu ini, Ronson direkomedasikan oleh Rick Kemp untuk bermain gitar di album Fully Qualified Survivor milik Michael Chapman.

Pada 1968 Keith “Ched” Cheesman bergabung dengan The Rats menggantikan Geoff Appleby pada bass dan lineup dari Ronson, Marshall, Cheesman dan Cambridge masuk Fairview Studio untuk merekam “Guitar Boogie”, “Stop and Get A Hold of Myself” dan “Morning Dew”.

Saat John Cambridge meninggalkan The Rats untuk bergabung dengan mantan rekan sebandya Hullabaloos Mick Wayne di Junior’s Eyes, dia digantikan oleh Mick “Woody” Woodmansey. Pada Nomeber 1969, band merekam sesi terakhir di Fairview, dengan lagu “Telephone Blues” dan “Early in Spring.

Pada Maret 1970, selama sesi rekaman untuk album Elton John Tumbleweed Connection, Ronson memainkan gitar pada lagu “Madman Across the Water”. Namun, lagu ini tidak disertakan di rilisan asli. Rekaman yang menampilkan Ronson dirilis pada album kompilasi 1992, Rare Masters, dan edaran ulang 1995 dari Tumbleweed Connection.


Awal 1970, John Cambridge kembali ke Hull untuk mencari Ronson, berniat untuk merekrutnya untuk band pendukung baru David Bowie dengan nama The Hype. Dia menemukan Ronson di sebuah lapangan rugby, salah satu tugasbya sebagai perawat kebun Parks Department untuk Hull City Council. Telah gagal di awal usahnya di London, Ronson menolak, tapo setuju untuk menemani Cambridge pada sebuah pertemuan dengan Bowie. Dua hari kemudian, Ronson membuat debutnya dengan Bowie di acara nasional BBC Radio 1 milik John Peel.


Setelah meniggalkan Bowie setelah “Farewell Concert” pada 1973, dia merilis tiga buah album solo, yang paling sukses adalah Slaughter on 10th Avenue, yang mencapai peringkat 9 di UK Album chart. Mick telah tampil dengan berbagai band setelah David Bowie. Dia berada di peringkat 64 dalam daftar geatest guitarists of all time oleh majalah Rolling Stones pada tahun 2003 dan di peringkat 41 pada tahun 2012 di majalah yang sama.

Dia juga seorang musisi sesi yang melaukan rekaman dengan Bowie dan Morrisey, juga musisi pendamping dalam band tur dengan Van Morrison dan Bob Dylan.

Ronson menikah dengan Suzanne Fusey; mereka memiliki seorang putri, Lisa, seorang mantan vokalis The Secret History. Ronson memiliki dua putra, Nicholas (lahir 1971) dengan pacarnya Enise, juga putra lain, Joakim (lahir 1990) dengan Carola Westerlund.


Mick meninggal karena kanker liver pada tanggal 29 April 1993 pada usia 46 tahun. Karena dia dibesarkan di The Church of jesus Christ of Latter-day Saints, pemakamannya dilakukan di sebuah kapel Mormon pada 6 Mei. Untuk mengenangnya, the Mick Ronson Memorial Stage diadakan di Queen’s Gardens, Hull.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...