Laman

Sabtu, 21 Mei 2016

BILL CHAMPLIN




Lahir dengan nama William Bradford Champlin pada 21 Mei 1947 di Oakland, California, AS. Saat masih anak-anak, dia mendemonstrasikan bakat piano, dan akhirnya memainkan gitar setelah terinspirasi oleh Elvis Presley. Dia memulai sebuah band, The Opposite Six, saat masih di Tamalpais High School, di Mill Valley, California dan mempelajari musik di kampus, tapi didorong oleh seorang professor untuk keluar dari sekolah dan menjalani musik secara profesional.


The Opposite Sic, band Champlin dari SMA, merubah nama mereka menjadi the Sons of Champlin, dan akhirnya merekam sejumlah album yang diterima dengan baik namun tidak laku (termasuk Loosen Up Naturally dan Circle Filled With Love) pada 1977, saat Champlin yang berusia 30 tahun pindah ke Los Angeles.


Di LA dia memulai kerja sesi studio yang luas. Dia terutama diminta untuk menyanyi, muncul di ratusan rekaman selama 1970an dan 1980an. The National Association of Recording Arts and Sciences (NARAS) menganugerahi Champlin the Most valuable Player award untuk vokalis latar rpia pada 1980.

Champlin memenangkan sebuah Grammy Award untuk Best Rhythm and Blues Song pada 1980 untuk ikut menulis lagu hit "After the Love Has Gone" dengan Jay Graydon dan David Foster (yang dipopulerkan oleh Earth, Wind and Fire) dan sebuah Grammy Award kedua untuk Best Rhythm and Blues Song pada 1983 untuk ikut menulis lagu "Turn Your Love Around" dengan Jay Graydon dan Steve Lukather (yang dipopulerkan oleh George Benson).

Pada 1979, Champlin didekati oleh band yang sukses REO Speedwagon untuk menambahkan vokal latar pada beberapa lagu mereka, yang muncul di album Nine Lives; ini adalah album terakhir dimana REO Speedwagon mendominasi hard rock.


Hasil kerja ini membuat Champlin menjadi terikat dengan para pemain sesi seperti Jay Graydon, David Foster, Steve Lukather (dari Toto). Diantara para artis yang diajak kerja sama adalah Al Jarreau, Boz Scaggs, Elton John, The Tubes, Lee Ritenour, Amy Grant, dan Nicky Trebek. Dia juga muncul di EP 1982 Barry Manilow, Oh, Julie!.

Pada 1986, Champlin berdurt dengan Patti LaBelle pada Last Unbroken Heart untuk Miami Vice. Lagu ini dirilis pada tahun yang sama pada album Miami Vice II.

Pada 1991 dia mengisi vokal latar untuk album Kim Carnes, Checkin' Out the Ghots (dirilis hanya di Jepang).

Pada 1997, Champlin membangkitkan the Sons of Champlin, dengan siapa dia terus memainkan pertunjukan live di seleuruh West Coast di AS.

Sejak 2009 Champlin berkolaborasi juga dengan komposer, aranjer, dan produser Italia-Amerika Manuel De Peppe.

Pada musim gugur 2011, Champlin memainkan organ Hammond B3 pada algu "Moon Cry" dan "Mississippi Creek" oleh Curt Campbell and the Eclectic Beast Band.

Juga pada 2011, Champlin bersatu dengan konduktor lars Erik Gudim dan Norwegian Radio Orchestra (KORK) di Oslo, Norwegia untuk sebuah penampilan khusus yang diudarakan pada 27 Desember 2011 di NRK TV di Norwegia.

David Foster memproduseri dua album solo untuk Champlin: Single (1978) dan Runaway (1981). Kedua album ini kurang sukses karena kurangnya promosi dari perushaan rekamannya, walaupun album terakhir menyertakan sepasang hit minor di Billboard Hot 100 ("Sara" dan "Tonight, Tonight"). Pada 1990an, Champlin merilis lima album solo lagi: No Wasted Moments, Burn Down the Night, Through It All, He Started to Sing, dan Mayday. Yang terakhir adalah rekaman live dari lagu-lagu dari karirnya, dan menyertakan musisi Greg Mathieson, Jerry Lopez, Eddie Garcia, Tom Saviano, dan Rochon Westmoreland.

Pada September 2008, Champlin merilis sebuah album solo baru No Place Left To Fall dan sebuah DVD yang menyertai di Jepang melalui JVC/Victor. Rekaman ini diproduseri oleh Champlin dan Mark Eddinger, dan menampilkan para musisi Bruce Gaitsch, George Hawkins, Jr., Billy Ward, Tamara Champlin, Will Champlin, dan Eddinger, dengan pemunculan tamu oleh Steve Lukather, Peter Cetera, Michael English, Jerry Lopez dan mencantumkan penulisan lagu dari Jay Graydon, Andreas Carlsson, Diane Warren, Michael Caruso dan Dennis Matkosky. Rekaman ini dirilis di Eropa oleh Zinc Music pada Desember 2008 dan di AS oleh DreamMakers Music pada Agustus 2009.

Pada 1978 sehari setelah gitaris Chicago Terry Kath meninggal, Champlin menerima sebuah panggilan dari seseorang yang terhubung dengan grup, menyarankan bahwa dia ikut audisi untuk mengambil tempat Kath. Champlin menolak tawaran itu, mengatakan dia tidak bisa mengisi peran itu. Tapi pada 1981, dia berkolaborasi dengan drumer Chicago, Danny Seraphine, menyanyikan beberapa vokal latar degan Peter Cetera pada proyek non-Chicago.

Seraphine dan Champlin menulis bersama beberapa lagu, dan Champlin diundang untuk menyanyi satu lagu ("Sonny Think Twice") sebagai vokalis tamu yang akhirnya menjadi Chicago 16. Champlin menyarankan pada Seraphine bahwa David Foster adalah pilihan bagus sebagai produser untuk Chicago pada saat itu.

Seraphine memulai kampanye untuk mendapatkan Champlin ke grup, meskipun beberapa halangan, dan Kenny Loggins memanggil Champlin, mengatakan, "Apa yang kamu lakukan? Mereka sudah berlalu!". Pertama ragu-ragu, terutama setelah mendengar bahwa dia akan menyanyikan "Coloyr My World" ("saya tidak pernah sangat menyukainya"), Champlin akhirnya berkata, "Mengapa tidak? saya akan mencoba satu tahun", dan bergabung band pada 1981.

Untuk sementara, dia adalah penata musik untuk acara televisi Fridays dan tampil menyanyi beberapa lagu pada 16, termasuk "Bad Advice" dan "Follow Me."

Chicago 17 pada 1984 memantapkan keberadaan Champlin dalam grup, saat dia menulis beberapa lagu ("Please Hold On" dan "Remember the Feeling"), dan menyanyikan (dengan Cetera) single hit "Hard Habit to Break".

Pada 1988 suara Champlin sering muncul pada beberapa single hit besar: "Look Away", "I Don't Wanna Live Without Your Love", dan "You're Not Alone" Dari Chicago 19. Tahun itu dia juga menyanyikan tema acara televisi In The Heat of the Night.

Pada 1990 Champlin menulis, menjadi produser, dan menyanyikan vokal utama pada "Hearts in Trouble", sebuah lagu untuk soundtrack film Days of Thunder. Awalnya sebuah lagu solo, produser film memutuskan, untuk tujuan pemasaran, lagu itu akan dirilis dibawah nama Chicago; maka seksi alat tiup menambahkan aransemen alat tiup pada lagu itu dan kemudian dirilis sebagai sebuah single. Pada musim panas 1990, Chicago meluncurkan Hearts in Trouble Tour mereka.

Pada akhir 1990an, popularitas Chicago mulai menurun (Chicago Twenty 1, menampilkan hit yang dinyanyikan Champlin "Chasin' the Wind", terjual buruk), dan band merekam Stone of Sisyphus, sebuah pryek yang tidak dirilis hingga 17 Juni 2008, lima belas tahun setelah direkam. Champlin menyanyi pada lagu-lagu "Mah-Jong", "Cry For the Lost", "The Show Must Go On", dan "Plaid."

Champlin membuat kontribusi besar pada big-band penghormatan Chicago Night & day Big Band pada 1995, dan pada kedua album Natal mereka (Chicago XXV: The Christmas Album, dirilis ulang dengan lagu tambahan What's It Gonna Be, Santa?).

Pada 2008 satu minggu setelah perilisan AS dari album solo Champlin No Place Left to Fall, Chicago dan Champlin mengumumkan dia akan meninggalkan grup, dimana dia melakukan tur pertengahan saat Chicago berada di tur musim panas dengan Earth, Wind and Fire. Manajemen Chicago merilis sebuah pernyataan yang mengatakan "Bill Champlin tidak lagi di Chicago. Dia adalah anggota band lama dan kami mengharapkan dia yang terbaik saat dia melakukan proyek solo barunya, dimana dia mengerjakannya lama dan sulit." Sementara itu, penerbit Champlin merilis sebuah pernyataan yang mengatakan, "Setelah 28 tahun dengan Chicago, penyanyi-penulis lagu-kibordis Bill Champlin berpisah dengan band jazz/rock klasik untuk berfokus sekali lagi pada karir solonya."

Hingga 2010, Champlin tinggal di Nashville, Tennessee. Champlin telah menikah sejak 1982 dengan istri keduanya, penyanyi/penulis lagu Tamara Champlin, yang bersekolah di Friendswood High School pada 70an dan 80an, adalah penyanyi latar yang sukses di Houston dan di Los Angeles. Anak satu-satunya pasangan ini, Will Champlin, lulus dari Berklee College Music of Boston, Massachusetts dan menjalani karir sebagai musisi. Will muncul sebagai seorang kontestan pada musim 5 dari kompetisi menyanyi tv NBC, The Voice pada 1 Oktober 2013, memilih Adam Levine sebagai pelatihnya dan berkahir di tempat ketiga. Champlin adalah ayah dari dua anak lainnya, lahir sebelum pernikahan keduanya.

1 komentar:

  1. Jay Graydon - Roxann (feat. Bill Cantos)
    https://www.youtube.com/watch?v=LgoLqTIDkd4

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...