Laman

Jumat, 20 Mei 2016

JANE WIEDLIN




Lahir pada 20 Mei 1958 di Oconomowoc, Waukesha County, Wisconsin, sebuah bagian dari Milwaukee dengan nama lengkap Jane Marie Genevieve Wiedlin, merupakan musisi, penyanyi-penulis lagu, dan aktris Amerika yang dikenal sebagai gitaris ritem dan vokalis kedua dari band punk rock dan new wave yang beranggota wanita, The Go-Go's. Dia juga melakukan karir solo.


Ayahnya, Robert Wiedlin, Sr., seorang ahli bedah mulut, lahir di Chicago, Illinois, dari keturunan Jerman dan Jerman-Swiss. Ibunya, Betty Jane (nee Herro), adalah keturunan Lebanon, dari Oconomowoc, dimana banyak imigran, dari Lebanon, berdiam sekitar Milwaukee. Orang tua Wiedlin bertemu saat masih menjadi murid di Marquette Universiry dan kemudian menikah. Jane menghabiskan masa kecilnya tumbuh di West Allis, bagian lain dari Milwaukee, Wisconsin. Dia adalah anak sulung dari lima anak, dengan satu adik perempuan dan  adik laki-laki, tumbuh salam sebuah keluarga Katolik. Saat Jane berusia 6 tahun, ayahnya melakukan pekerjaan dengan United States Department of Veterans Affairs, di sebuah VA Hospital di Los Angeles dan keluarganya ikut serta.

Saat masih kecil, Jane mendengarkan musik pop 1960-an, terutama lagu milik The Beatles dan the Monkees. Saat remaja dia merupakan penggemar dari Sparks, sebuah band glam rock. Beberapa tahun kemudian, dia merekam singel "Cool Places" dengan mereka. Jane menyatakan, “Saya ingat masa anak-anak saya sebagai pengidola berat.” Jane juga mengatakan masa remajanya dengan kemarahan dan harapan dengan mengatakan, “Saya menjadi seorang remaja yang tertekan. Saya pokir hidup benar-benar tidak berguna saat saya di SMA, tapi beberapa tahun kemudian saya melakukan petualangan hidup dalam sebuah band rock yang sukses!” Jane bersekolah di William Howard Taft High School di Los Angeles dari 1972 hingga 1976.

Seperti yang dideskripsikan Jane, dia hadir “benar-benar dari awal” dari kancah punk Los Angeles. Saat menempuh pendidikan di wilayah Los Angeles, untuk desain busana, Jane bekerja di sebuah rumah desain busana dimana dia menciptakan lirik lagu, dengan mengambil ide pada pola pakaian. “Jane Drano,” kemudian dia dikenal, kemudian merancang pakain bergaya punk yang dia jual di Granny Takes a Trip, sebuah toko di Sunset Boulevard. Dia menjadi bagian dari kancah yang menelurkan band-band seperti X, the Germs, dan The Weirdos.


Jane dan Belinda Carlisle membentuk The Go-Go's sebagai band punk pada 1978, dengan Margot Olaverra pada bass, dan Elissa Bello pada drum. Pada 1981, Jane dan Terry Hall dari Fun Boy Three dan The Specials menulis bersama “Our Lips Our Sealed.” Lagu itu masuk ke tangga lagu Billboard di No. 20 dan bertahan disana hingga 1982. Hall juga merekam lagu dengan Fun Boy Three dan lagunya menjadi terkenal, berada di No. 7 di UK.

Musik pop punk The Go-Go’s belum terkenal hingga setelah Charlotte Caffey bergabung pada gitar utama dan kibord, dan Gina Schock menggantikan Bello pada drum. Setelah tur 1980 di Inggris, band menambahkan Kathy Valentine pada bass. Mereka teken kontrak dengan IRS Records pada April 1981. Jane tetap menjadi bagian dari The Go-Go’s hingga oktober 1984, saat dia pergi untuk menjalani karir solo. “Rush Hour” (1988) adalah single nya yang paling sukses – diterima dengan baik di tangga lagu Amerika dan Inggris. Lagu ini diambil dari album keduanya, Fur.

Setelah serangkaian reuni selama 1990an, Jane, Carlisle, Caffey, Schock, dan Valentine mereformasi band pada 2000 untuk merekam God Bless the Go-Go’s, album studio pertama mereka dalam 17 tahun. Album ini, awalnya berjudul Vision of Nowness, memiliki judul dan konsep berdasarkan ide dari Jane.

Pada 2010, the Go-Go’s mengumumkan Happily Ever After Farewell Tour mereka. Walaupun dijadwalkan untuk dimulai pada Juli, tur ini dibatalkan karena Jane menderita robek di kedua lutut setelah jatuh saat dia melakukan hiking malam hari. Dia pulih dan band menjadwalkan ulang tur untuk 2011, tidak lagi diberi nama farewell tour dan merubah nama menjadi “Ladies Gone Wild.”

Kredit akting awalnya termasuk penampilan singkat sebagai petugas yang terlihat di layar video Starfleet Command di Star Trek IV: The Voyage Home (1986), dia dikreditkan sebagai petugas komunikasi Alien tapi naskah mencantumkannya sebagai Officer Trillya), gadis petugas telegram yang menyanyi di Clue (1985), peri putih di Sleeping Beauty milik Golan-Globus (1987), dan sebagai Joan of Arc dalam Bill & Ted’s Excellent Adventure (1989).

Dalam sebuah wawancara online St. Petersburg Times, Jane mengatakan tentang karir aktingnya pada 1980an: “Hal itu menjadi lebih sulit dibandingkan kelihatannya, dan makin saya menikmati pengalaman itu, saya tidak berpikir saya sangat baik pada bidang ini.”

Pada 2000, dia menyanyi di kor dalam episode Frasier “They’re Playing Our Song”. Pada 2001, dia memiliki peran rutin di Spyder Games milik MTV, memainkan “ex-rock chick yang menjalankan kedai kopi lokal” dimana setiap orang berkumpul.

Pada 2005, dia muncul sebagai dirinya sendiri dimusim keempat dari The Surreal Life milik VH1, dimana dia membicarakan tentang ketertarikannya dalam BDSM.

Jane juga muncul sebagai wanita pekerja stasiun bus mengenakan dasi di drama kejahatan surealis milik Steve Balderon, Firecracker, sebuah film yang disebut Roger Ebert dalam daftarnya film terbaiknya tahun itu.

Pada April 2009, Jane berhubungan kembali dengan sutradara Steve Balderson untuk Stuck!, sebuah penghormaatan untuk film noir wanita dalam drama penjara. Ikut dibintangi oleh Karen Black, Pleasant Gehman, Susan Taylor, Starina Johnson dan ikon cult Mink Stole, Stuck! Difilmkan di Macon, Georgia dan dirilis pada 2010.

Pada Februari 2015, Jane secara resmi bergabung pemeran dari HoneyBee, sebuah film horror yang sedang dalam pengerjaan.

Jane juga mengisi vokal untuk beberapa karakter dalam televisi dan film. Kredit akting suaaranya termasuk salah satu pacar Bruce Wayne dalam sebuah episode dari The New Batman Adbentures, Gwen di Mission Hill, dan Dusk, karakter yang kembali dalam franchise Scooby-Doo.

Jane berkontribusi ungkapan pada Girls Agaist Girls oleh penulis Bonnie Burton. Pada April 2009, Jane difoto sebagai Bettie Page oleh fotografer Austin Young untuk pertunjukan seni “Heaven Bound”.

Jane telah lama menjadi aktifis hak binatang, dan telah berkerja dengan PETA sejak 1989 saat dia tampil sebagai bagian dari konser “Rock Against Fur”di New York City. Dia berteman dengan Dan Mathews dari PETA.

Jane memiliki apa yang dia sebut sebuah “singkat tapi romansa yang dramatis” dengan Terry Hall dari The Specials selama tur 1980 mereka di Inggris; Hall kemudian mengirimkan lirik padanya berdasarkan hubungan mereka, menginspirasi Jane untuk menulis “Our Lips Are Sealed”, sebuah lagu dimana Hall memiliki kredit penulisan.

Jane telah menikah dua kali; sekali dengan Ged Malone (dari 1987 hingga 1999) dan sekali dengan David Trotter (dari 2004 hingga 2005). Pernikahan pertamanya adalah subyek dari lagu 2000 miliknya “The Good Wife.”

Jane adalah seorang ateis dan seorang ordained minister dari Universal Life Church, sebuah organisai agama mail-oder yang memberika tawaran pada siapa saja ordinasi semi-cxepat sebagai ULC Minister, gratis, Jane mengidentifikasi dirinya sebagai “Reverend Sister Go-Go”, bertindak terutama dalam kapasitas resmi dalam pernikahan. Selam waktunya dalam episode dari acara surreal life dia mengungkapkan bahwa dia adalah dominatrix paruh waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...