Laman

Sabtu, 28 Mei 2016

PAPA JOHN CREACH




Lahir pada 28 Mei 1917 di Beaver Falls, Pennsylvania, AS, adalah pemain violin blues Amerika, yang juga memainkan musik "classical, jazz, be-bop, R&B, pop dan acid rock". Pada awal karirnya dia bermain dengan Louis Armstrong, Fats Waller, Stuff Smith, dan Charlie Christian juga Big Joe Turner, T-Bone Walker, Nat King Cole dan Roy Milton.



Kemudian, dia bermain untuk Jefferson Airplane (1970-1972), Hot Tuna, Jefferson Starship - The Next Generation, the San Fransisco All-Star (1979-1984), The Dinosaurs (1982-1989) dan Steve Taylor. Creach merekam sejumlah album asolo dan sering menjadi tamu di konser Grateful Dead dan Charlie Daniels Band. Dia adalah tamu rutin di acara tahunan awal Volunteer Jams, dibawakan oleh Charlie Daniels, yang mengeksposnya ke khalayak baru yang menerima pemain fiddle.

Saat masih kecil, dia diperkenalkan violin oleh seorang pamannya, dan menrima pengarahan dalam alat musik dan pelatihan konservatori. Dia mulai memainkan violin di bar-bar Chicago setelah keluarganya pindah ke sana pada 1935, dan juga melakukan kerja simfoni pada awal usia 20an-nya, yang tidak biasa untuk musisi berkulit hitam pada saat itu. Pada satu titik, dia bergabung dengan sebuah trio kabaret lokal bernama Chocolate Music Bars, dan tur Midswest dengan mereka.


Menurut Creach, mengetahu cara bermain dalam berbagai gaya adalah diperlukan untuk dapat bertahan sebagai seorang musisi pada saat itu:

"Karena semua suku bangsa yang ada disana, saya harus mempelajari semuanya. Pada beberapa pekerjaan itu adalah musik Jerman, atau Polandia. Kini, mereka biasanya menari dan menghentakan kaki di lantai."

Dia mendapatkan beberapa kesulitan untuk mempelajari violin jazz, untuk menyesuaikan teknik bermainnya, tapi tertolong saat dia membeli sebuah violin listrik pada 1943.

Pindah ke Los Angeles pada 1945, dia bermain di Chi Chi Club, bekerja pada sebuah ocean liner selama lima tahun, muncul di beberapa film, termasuk dengan Nat King Cole di The Blue Gardenia milik Fritz Lang, dan tampil sebagai duo dengan Nina Russell.


Pada 1967, Creach bertemu dan berteman dengan drummer Joey Covington. Saat Covington bergabung dengan Jefferson Airplane pada 1970, dia memperkenalkan Creach padanya, dan dia diundang untuk bergabung dengan Hot Tuna, band sampingan Jorma Kaukonen dan Jack Casady. Walau dianggap sebagai musisi sesi, dia bertahan dengan band untuk empat tahun, sebelum pergi pada 1974 untuk bergabung dengan Jefferson Starship dan rekaman pada album pertama mereka, Dragon Fly. Creach melakukan tur dengan Jefferson Starship dan bermain di album hit band Red Octopus pada 1975. Sekitar 1976, Creach pergi untuk menjalani karir solo. Meskipun demikian, dia adalah musisi tamu di tur Jefferson Starship pada musim semi 1978.

Satu tahun kemudian, Creach memperbarui hubungan kerjanya dengan Covington sebagai anggota dari San Fransisco All-Stars, juga penerus Airplane milik Covington, Spencer Dryden, juga anggota dari The Dinosaurs. Dia juga melanjutkan pemunculan tamu dengan Hot Tuna, dan di panggung di Fillmore Auditorium pada 1988 saat Jack Casady dan Jorma Kaukonen dari Hot Tuna bereuni dengan Paul Kantner dan Grace Slick untuk pertama kali sejak Jefferson Airplane dibubarkan.

Pada 1992, dia menjadi salah satu anggota asli dari Jefferson Starship - The Next Generation dan tampil dengan mereka hingga dia mendapatkan serangan jantung mendadak pada 22 Februari 1994. Kondisi jantung ini disebabkan serangan pneumonia dari cairan yang keluar terus-menerus di paru-parunya. Dia berusia 76 tahun pada saat itu.

Jefferson Starship menampilkan konser amal untuk mendapatkan dana untuk keluarganya setelah kematiannya, dan merilis lagu dari penampilan mereka sebagai album Deep Space/Virgin Sky.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...