Laman

Minggu, 15 Mei 2016

GARY THAIN




Lahir dengan nama Gary Mervin Thain pada 15 Mei 1948 di Christchurch, Selandia Baru, adalah seorang bassis rock, terkenal karena karyanya dengan band Inggris, Uriah Heep.

Thain adalah bagian dari trio rock The New Nadir, dan dengan drummer Peter Dawkins, ia melakukan perjalanan dari Selandia Baru ke London, dan sekali nge-jam dengan Jimi Hendrix sebelum perpecahan trio itu pada tahun 1969.


Thain bergabung dengan Keef Hartley Band dan, pada tahun 1971, mereka melakukan tur dengan Uriah Heep; mereka memintanya untuk bergabung dengan mereka (menggantikan Mark Clarke) pada Februari 1972, dan ia bersama band hingga Februari 1975. Ia bermain pada empat album studio: Demons & Wizards, The Magician's Birthday, Sweet Freedom dan Wonderworld serta album live mereka, berjudul Uriah Heep Live.



Selama tur terakhirnya dengan Uriah Heep, Thain menderita sengatan listrik di Moody Coliseum di Dallas, Texas pada tanggal 15 September 1974, dan terluka parah. Karena kecanduan narkoba, ia tidak mampu tampil dengan benar, dan dipecat oleh band pada awal tahun 1975 dan digantikan oleh mantan vokalis/basis King Crimson, John Wetton. Thain meninggal karena gagal pernafasan karena overdosis heroin, pada tanggal 8 Desember 1975, berusia 27, di flat miliknya di Norwood Green di London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...