Laman

Sabtu, 21 Mei 2016

TONY SHERIDAN




Lahir di Norwich, Norfolk, Inggris dengan nama Anthony Esmond Sheridan McGinnity pada 21 Mei 1940, dia menyanyikan lagu di musik yang dirilis pertama secara komersil oleh The Beatles.


Terinspirasi oleh kecintaan orangtunya pada musik klasik, Sheridan belajar memainkan violin saat masih anak-anak, dan kemudian beralih ke gitar mengikuti ketenaran dari skifle dan kemudian rock n' roll.

Dia membentuk band pertamanya pada 1956, dan dua tahun kemudian dia muncul untuk pertama kali di acara tv BBC Oh Boy, dimana dia memainkan gitar listrik.

Pada 1960 Sheridan diberi tawaran kontrak untuk bermain di Bruno Koschmider's Kaiserkeller Club di Hamburg, Jerman, dimana dia terbukti terkenal dengan penonton lokal. Pada Nopember tahun itu dia pindah ke Top Ten, sebuah klub yang dijalankan oleh promotor saingan Peter Eckhorn. Sheridan bermain di Top Ten dari 1960 hingga 1963, bekerja secara asli dengan grup pendukungnya The Jets, dan terkadang menggunakan beragam musisi lainnya.

The Beatles bertemu Tony Sheridan selama perjalanan Hamburg pertama mereka pada 1960, walaupun mereka tidak tampil bersama. Namun, tahun berikutnya, terlihat mereka bermain dengan  band Sheridan, dan terkadang mendukung dia. Mengikuti salah satu penampilan ini, seorang teman dari pimpinan orkestra Bert Kaempfert - juga seorang agen untuk label Polydor - merekomendasikan mereka untuk sesi rekaman.


Sesi berlangsung pada 22-23 Juni 1961 di sebuah panggung di Friedrich-Ebert-Halle school Hamburg, dan pada 24 Juni 1961 di Studio Rahlstedt. Honor The Beatles adalah 300 marks.

Sejumlah lagu direkam, termasuk My Bonnie, dimana Polydor memilih untuk merilisnya sebagai single di Jerman. Sisi B adalah The Saints, sebuat versi beat dari When The Saints Go Marching In.

Single-nya, dikreditkan pada Tony Sheridan dan The Beat Brothers, dirilis pada Oktober 1961, dan mencapai nomor 5 di tangga lagu Jerman.

Dengan basis penggemar The Beatles meningkat di Liverpool, permintaan meningkat untuk salinan impor dari My Bonnie. Kehebohan pada single itu menginspirasi Brian Epstein untuk mencari grup ini, dimana dia akan menjadi manajer.

Pada 24 Juni 1962 rekaman hari keempat dan terakhir dengan The Beatles terjadi lagi, lagi di Studio Rahlstedt, dimana versi Sweet Georgia Brown dan Swanee River direkam. Swanee River kemudian hilang, tapi direkam ulang oleh Sheridan dan grup lain dalam gaya The Beatles. Sheridan juga merekam ulang vokalnya pada Sweet Georgia Brown pada 1964 merujuk pada makin terkenalnya The Beatles.

Delapan lagu The Beatles yang direkam dengan Tony Sheridan dirilis pada album 1964 berjudul The Beatles' First. Tiga lagu dari sesi ini, My Bonnie, Ain't She Sweet dan Cry For a Shadow - terakhir adalah instrumental Harrison-Lennon, dirilis pada 1995 pada album Anthology 1, Cry for a Shadow dan Ain't She Sweet, walaupun direkam pada hari sesi My Bonnie, tidak menampilkan Sheridan.


Pada tahun-tahun berikutnya Sheridan tetap di Jerman, tinggal di desa Seestermuhe dan secara rutin tampil di Hamburg. Dia meninggal di Jerman pada 16 Januari 2013 pada usia 72 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...