Laman

Selasa, 31 Mei 2016

JORN LANDE




Lahir pada tanggal 31 Mei 1968 di Rjukan, Norwegia. Lande telah tampil dengan berbagai band sebelum mendapatkan karir solo yang solid.


Band pertama dengan siapa dia meneima kesuksesan minor adalah Vagabond, yang juga menampilkan Ronniu Le Tekro, Morty Black dan anggota lain dari band hard rock Norwegia TNT. Album self titled, dirilis pada 1994, terjual 10.000 buah di Norwegia, tapi jumlah itu dicoret oleh EMI. Pada saat ini, Jorn mengisi vokal utama untuk lagu tema sepakbola nasional Norwegia untuk Piala Dunia 1994, “Alt for Norge” (All for Norway). Album keduau Vagabond, A Huge fan of Life, dirilis di Eropa di label rekaman milik band. Akhir dari Vagabond datang dengan reformasi dari TNT pada 1996, dan akhirnya anggota band berjalan sendiri-sendiri, dengan Jorn bergabung dengan sebuah band yang dibentuk oleh mantan anggota Whitsnake Bernie Marsden dan Micky Moody bernama The Snakes. Setelah sebuah tur dengan The Snakes memainkan sebagian besar cover Whitesnake dan merekam sebuah album yang hanya dirilis di Jepang dengan judul Once Bitten, Jorn dipecat dari band dan bergabung dengan proyek lain, termauk band symphonic metal Mundanus Imperium, yang menghasilkan album The Spectral Spheres Coronation.


Kemudian, Jorn bersama dengan gitaris Tore Ostby (mantan Conception) dan drummer John Macaluso membentuk band progressive metal Ark dan merekam album self title pertama mereka pada 1999. Tepat setelah 2000, dia juga menjadi bagian dari band hard rock Amerika Millennium, dipimpin oleh gitaris Ralph Santolla, dan merekam vokal untuk album mereka Hourglass. Tahun yang sama, John Macaluso dari Ark, yang juga bermain dengan band Yngwie Malmsteen, membuat kontak dengan gitaris itu untuk menyertakan Jorn di tur mini di Eropa, saat mereka memerlukan seorang vokalis untuk band. Kolaborasi antara Lande dan Malmsteen tidak bertahan dan Jorn meninggalkan band di pertengahan tur. Juga di tahun yang sama, Jorn merekam album solo pertamanya berjudul Starfire, yang menampilkan sebagian besar lagu cover dan beberapa anggota band dari bandnya di masa lampau dan sekarang sebagai musisi di album ini.


Album Ark kedua Burn the Sun dirilis pada 2001 dan salah satu karya paling diakui yang menampilkan Jorn. Juga pada 2001, dia bergabung denga kibordis Finn Zierler dan membentuk proyek Beyond Twilight yang menghasilkan album The Devil’s Hall of Fame, karya lain yang diakui oleh publik dan media. Masih di tahun yang sama, Jorn merilis album solo keduanya Worldchanger.


Pada 2002, Jorn akhirnya bergabung dengan kancah metal global menjadi vokalis band melodic power metal Masterplan, dibentuk oleh Roland Grapow dan Uli Kusch setelah keduanya dipecat dari Helloween. Jorn merilis dua album sukses dengan Masterplan, bermain di festival besar dan tur dunia dari 2003 hingga 2006 hingga dia meninggalkan band pada 11 Mei 2006, karena perbedaan kreatif. Jorn ingin membawa band ke arah yang lebih bergaya melodic metal, sedangkan anggota lainnya ingin ke arah suara yang lebih berat. Mulai saat ini, Jorn berkonsetrasi lebih pada band solonya dan merilis beberapa album seperti Out to Every Nation (2004) dan The Duke (2006).


Pada 2005, Jorn bergabung dengan vokalis Symphony X Russell Allen dalam sebuah kolaborasi duet-penyanyi di album The Battle, dan album susulannya, The Revenge, dirilis 11 Mei 2007. Proyek ini diberi nama Allen-Lande dan dibentuk oleh presiden dari Frontiers Records, dengan tugas penulisan lagu dan sebagian alat musik dikerjakan oleh gitaris Swedia Magnus Karlsson.


Album live pertama Jorn, Live in America, dirilis pada 21 September 2007, berisi dua disk dengan lagu-lagu yang diambil dari penampilannya pada 16 September 2006, di festival rock ProgPower VII di Atlanta, Georgia.


Pada 2008, Jorn menyumbangkan suaranya untuk band rock opera Ayreon di album 01011001 dan Avantasia di album The Scarecrow, keduanya dirilis pada Januari 2008. Dia juga adalah tamu utama di tur dunia Avantasia pertama. Kemudian, dia tampil di lebih dari 10 lagu di dua album Avantasia bersama-sama, The Wicked Symphony dan Angel of Babylon dan sekali lagi ambil bagian di tur dunia pada Desember 2010.

Jorn merilis dua album penuh lagi dengan bandnya sendiri, Lonely Are the Brave pada 2008, yang menjadi album dengan penjualan tercepat dalam karirnya, dan Spirit, tepat satu tahun kemudian.

Pada 25 Juli 2009, Masterplan mengumumkan bahwa Jorn kembali ke band. Album ketiga Masterplan dengan Jorn Lande berjudul Time to Be King dan dirilis pada 21 Mei 2010.

Pada akhir Mei, sebuah video musik Jorn untuk menghormati penyanyi heavy metal legendaris Ronnie James Dio, yang meninggal karena kanker perut hanya lima hari sebelumnya, dirilis di YouTube. Tidak lama diumumkan bahwa Jorn akan merilis sebuah album penghormatan Dio pada Juli. Kemudian, diumumkan bahwa Jorn termasuk dalam lineup dari Heaven & Hell, saat anggota yang tersisa memainkan satu kali penghormatan untuk Ronnie James Dio di the 2010 High Voltage festival. Dia adalah salah satu vokalis bersama dengan Glenn Hughes.

Album ketiga Allen/Lande berjudul The Showdown diumumkan untuk dirilis pada September 2010. Untuk mempromosikan album, Frontiers Records merilis sebuah videoclip dari lagu Judgement Day menampilkan Jorn menyanyi, via YouTube.

Pada 2011, Jorn merilis album live keduanya dengan cuplikan dari konser the 2010 Sweden Rock Festival, albumnya berjudul Live in Black. Juga pada 2011, dia menjadi tamu di proyek metal pertama penyanyi wanita Amanda Somerville Trilium menyanyikan lagu duet vokal ‘Scream It’.

Sebuah album baru Jorn berjudul Bring Heavy Rock To The Land dirilis pada 1 Juni 2012 di Eropa dan 5 Juni 2012 di Amerika Utara via Frontiers Records. Album ini memiliki sebuah single untuk trek judul dirilis pada 14 Mei 2012.

Pada November 2012, perusahaan rekaman AFM Records mengumumkan produksi dari album Masterplan baru dengan lineup baru, termasuk Rick Altzi (At Vance) menggantikan Jorn Lande sebagai vokalis.

Rilisan pertama Jorn untuk 2013 berjudul Symphonic, sebuah kompilasi dari rekaman terdahulu dengan aransemen musik klasik.

Pada 15 April 2013, juga diumumkan sebuah album penuh Jorn baru berjudul Traveller, yang dirilis pada 11 Juni di Amerika Utara dan 14 Juni di Eropa.


Jorn Lande juga mengumumkan dalam sebuah wawancara bahwa sebuah album Allen/Lande baru dalam pengerjaan tapi kali ini dengan penulisan lagu dan produksei dibuat oleh mantan gitaris Stratovarius Timo Tolkki, menggantikan Magnus Karlsson. Pada 24 Juli 2013, Timo Tolkki juga menegaskan peran dalam proyek via laman Facebooknya. Albumnya dirilis pada 17 Oktober di Eropa dan 21 Oktober di Amerika Utara. Kali ini, Lande juga berkontribusi dengan beberapa melodi vokal dan lirik untuk album.

Pada 2014, Lande mengisi vokal untuk lagu Lightbringer dan Thornmail untuk band League of Legends fiksi, Pentakill (namanya diambil dari keadaan langka dari seorang pemain mengalahkan lima tim musuh secara berurutan) mengambil peran Karthus, yang berperan sebagai satu karakter yang bisa dimainkan di game itu. Single pertama, Lightbringer, dirilis pada 27 Mei, dan album penuh, Smite and Ignite, dirilis pada 3 Juni 2014.


Di tahun yang sama, diumumkan sebuah proyek yang diciptakan oleh Lande bersama gitaris baru bandnya Trond Holter (mantan Wig Wam), sebuah album opera rock bercerita tentang Dracula milik Bram Stoker. Albumnya dirilis pada 23 Januari di Eropa dan 27 Januari 2015 di Amerika Utara dan berjudul Swing of Death. Mereka membawakan keseluruhan album live pada 1 Mei 2015 di the karmoygeddon Festival di Norwegia.

Pada 2015, Jorn tampil live dengan band fiksi League of Legends, Pentakill di Sao Paolo, Brasil selama grand final CBLOL (League of Legends Brazilian Championship). Dia menyanyi duet dengan karakter Karthus (diperankan oleh penyanyi Brasil, mantan Hangar, Nando Fernandes).

Tahun yang sama juga diumumkan sebagai salah satu tamu dari album baru dari mantan produser/instrumentalis Allen/Lande Magnus Karlsson, Kingdom of Rock, dari proyeknya Free Fall. Jorn menyanyikan trek pertama dan self titled.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...