Laman

Minggu, 29 Mei 2016

BLAZE BAYLEY




Lahir pada tanggal 29 Mei 1963 di Birmingham, Inggris dengan nama Bayley Alexander Cooke.


Bayley memulai karir musiknya sebagai vokalis utama dari Wolfsbane, pada formasi mereka di 1984. Album pertama, Live Fast, Die Fast, dirilis pada 1989.

Sebelumnya, mereke merekam tiga demo berjudul Wolfsbane (1985), Dancin' Dirty (1987) dan Wasted but Dangerous (1988). Yang terakhir direkam di Square Dance Studios, Derby, UK.. Mereka adalah band pendukung untuk divisi UK dari Iron Maiden dari tur No Prayer For the Dying Mereka pada 1990. Rilisan kedua Wolfsbane, sebuah EP berjudul All Hell's Breaking Loose Down at Little Kathy Wilson's Place, dirilis pada tahun yang sama. Album studio penuh kedua band Down Fall the Good Guys, dirilis pada 1991, memberikan mereka satu-satunya lagu yang masuk UK chart dengan single mereka "Ezy" yang ada di No. 68.

Def American mencoret Wolfsbane karena mereka merasa band tidak mendapatkan penjualan yang cukup. Hal ini tidak membuat band berhenti dari pemilihan sebagai band terbaik yang tidak dikontrak pada 1993. Pada tahun yang sama, band merilis sebuah album live, Massive Noise Injection, melalui label Bronze Company.


Band merilis album studio ketiga mereka, self-title Wolfsbane, pada 1994, lagi melalui label Bronze Company. Edisi terbatas dari album ini menyertakan EP Everything Else. Saat Bruce Dickinson meninggalkan Iron Maiden pada 1993, Bayley dipilih diantara ratusan peserta audisi. Wolfsbane dibubarkan tdak lama kemudian.

Pada 2007, Wolfsbane dibentuk kembali untuk satu kali penampilan, dengan Bayley kembali mengambil peran frontman. Mereka mendukung The Wildhearts di tur singkat UK pada Desember 2007. Tur mereka selanjutnya datang pada Desember 2009 mendukung the Quireboys di 'A Little Bit of What You Fancy 20th Anniversary Tour' mereka. Wolfsbane memainkan sebuah pertunjukan penampilan utama di Borderline di London pada 9 April 2011. Ini diikuti oleh sebuah tur mendukung Saxon pada April 2011. Sebuah album baru, Wolfsbane Save the World) menyusul sebuah EP berjudul "Did it for the Money" dan sebuah tur UK yang sukses pada 2011.

Bayley terpilih sebagai pengganti Bruce Dickinson dari ratusan peserta audisi. Kepergiannya dari Wolfsbane membawa pembubaran mereka kemudian pada tahun itu. Setelah kecelakaan sepeda motor yang serius yang membuatnya beristirahat selama 1 tahun, Bayley mampu merekam vokal untuk The X Factor milik Iron Maiden, dirilis pada 1995. Bayley melakukan tur dengan band untuk mendukung album itu. Album Iron Maiden lain denga Bayley pada vokal, Virtual X dirilis pada 1998.


Dua album Iron Maiden yang dirilis selama jabatan Bayley tidak masuk chart dengan baik seperti yang diharapkan band. The X Factor mencapai No. 8 di UK Albums chart dan Virtual X hanya mencapai No. 16, keduanya adalah album studio Iron Maiden dengan posisi chart terendah sejak Killers yang dirilis pada 1981, yang mencapai No. 12.

Setelah mendengar pada Februari 1999 bahwa vokalis Bruce Dickinson kembali ke Iron Maiden, Bayley memutuskan untuk pergi dari grup dan kembali ke Wolfsbane. Dia tetap menjalin hubungan baik dengan mantan rekan sebandnya. Iron Maiden terkadang membawakan lagu-lagu dari dua album yang menampilkan Bayley, termasuk "Man on the Edge" dan "Futureal", yang ikut dia tulis, walau tidak ada lagu era Bayley masuk daftar lagu panggung band sejak 2004. Demikian pula, Bayley membawakan lagu-lagu Iron Maiden yang aslinya direkam oleh lineup Bruce Dickinson dan Paul Di'Anno di beberapa konser.

Menyusul kepergian Bayley dari Iron Maiden pada 1999, dia membentuk bandnya sendiri, Blaze, pada Maret tahun yang sama. Bayley merekrut gitaris Steve Wray dan John Slater, bassis Rob Naylor, dan drumer Jeff Singer, dan teken kontrak dengan label Jerman SPV, merilis album studio debut band pada 2000, Silicon Messiah. Album ini disusul oleh Tenth Dimension pada 2002 dan album live pertama band pada 2003, As Live As It Gets. Semua album itu mendapatkan ulasan yang positif. Tapi masalah keuangan dan beberapa kesulitan dengan perushaan rekaman kemudian membawa perubahan dalam band.

Setelah rekaman album live, Jeff Singer mengumumkan bahwa dia pergi. Tiga bulan kemudian, Rob Naylor juga pergi. Drumer sesi Phil Greenhouse dan bassis Wayne Banks dipekerjakan untuk sia tur Tenth Dimension hingga pengganti permanen dapat ditemukan. Gitaris Jason Banks ditarik untuk beberapa gig pada akhir 2003 untuk membantu John Slater.

Pada akhir 2003, Blaze mulai menulis materi untuk album studio ketiga mereka, Blood & Belief. Phil Greenhouse digantikan pada drum oleh Jason Bowld untuk rekaman dan Dave Knight untuk tur. Band mulai melakukan tur untuk album tidak lama setelah dirilis pada 2004, tapi dijadwalkan ulang lagi dengan berita bahwa John Slater tidak dapat tampil untuk sebgaian besar tur. Meskipun bergabung kembali dengan band kemudian pada tahun itu, Slater akhirnya meningalkan band pada September dengan Steve Wray untuk membentuk Rise to Addiction. Bassis Wayner Banks dan drumer Dave Knight meninggalkan band untuk bergabung dengan band Robin Gibb pada September 2004.


Bayley menampilkan sejumlah pertunjukan pada 2004 dan 2005 dengan lineup dari Bayley, gitaris Oliver Palotai, gitaris Luca Princiotta, bassis Nick Douglas, dan drumer Daniel Loble. Dua gitaris akhirnya bertahan sebagai anggota penuh. Lineup band berubah sekali lagi saat Loble pergi untuk bergabung dengan Helloween pada awal 2005 dan saat Douglas kembali kembali ke Doro. Keduanya masing-masing digantikan oleh musisi Jerman tidak terkenal Daniel Schild dan Christian Ammann. Dengan lineup baru, Blaze mulai mengerjakan album keempat untuk dirilis pada 2007, tapi pada Januari tahun itu diumumkan bahwa lineup keseluruhan harus berpisah dari Bayley karena masalah keuangan yang serius. Menyusul perubahan lineup, Bayley memilih untuk merubah nama band dibawah namanya, Blaze Bayley.

Pada Februari 2007, Blaze Bayley Band (juga dikenal sebagai BBB) menambahkan gitaris Nicolas Bermudez dan Rich Newport, bassis Dave Bermudez, dan drumer Rico Banderra dan merekam album DVD live Alive in Portland, dirilis pada tahun yang sama. Bayley mengumumkan bahwa Rich Newport meninggalkan band untuk menjalani karir sebagai guru gitar pada tahun itu, dan Jay Walsh menggantikannya di panggung untuk sisa tur. Jay menjadi anggota penuh band pada November 2007. Bayley juga mengumumkan penambahan drumer Lawrence Paterson, mantan band metal Inggris Chokehold dan Shadowkeep di saat yang sama.

Pada Juli 2008, BBB merilis album studio debut mereka, The Man Who Would Not Die. Album ini juga berisi single pertama band, "Robot", meskipun hanya tersedia secara digital. Ini terkadang dianggap sebagai kompilasi mini yang menyertakan banyak lagu bonus. Pada September Debbie Hartlands, istri Blaze dan manajer band, meninggal karena stroke setelah beberapa minggu pulih. Blaze dan band, walaupun terganggu oleh kehilangan ini, dengan berani melanjutkan untuk tampil sebagai penhargaan cintanya dan komitmen kerjanya. Band merekam DVD live lainnya di Z7, The Night That Will Not Die, yang dirilis pada Maret 2009. Bayley mengumumkan bahwa band memulai rekaman untuk album baru mereka pada 28 September 2009. Sebuah kontes dilakukan di forum band: dua orang pertama yang dengan benar menebak judul album baru akan menerima sebuah salinan gratis. Judul album akhirnya terungkap adalah Promise and Terror beberapa hari kemudian.

Album kedua Promise and Terror dirilis pada 1 Februari 2010. Ulasan profesional secara umum memberikan nilai positif pada album ini. Album ini diproduseri oleh Jason Edwards.

Pada 6 Februari 2010 BBB memulai tur dunia 2010 mereka di Dudley, UK. Mereka menghabiskan bulan-bulan berikut bermain di UK, Perancis, Italia, Jerman sebelum pergi ke Amerika Selatan untuk melanjutkan tur. Mereka kemudian kembali ke Eropa pada tahun itu.

Pada Mei 2010 Lawrence Paterson, drumer band pergi karena ketidakpuasan pribadi dan alasan profesional. Paterson juga penulis buku "At the End of the Day", sebuah biografi dari Blaze Bayley Band. Juga manajer mereka Anna, menhumumkan kepergiannya dari band. Dia mengklaim bahwa ide band tentang arah band dan dirinya tidak di arah yang sama. Mengikuti kepergian Lawrence Paterson BBB mengambil drumer Italia Claudio Tirincanti untuk meneruskan tur Promise and Terror. Pada Juli 2010 Bayley mengklaim saat live di panggung bahwa bandnya saat ini adalah yang terbaik sebagai artis solo meskipun mengalami perubahan di lineup dan manajemennya.

BBB melakukan tur Eropa singkat pada awal 2011 dan melanjutkannya pada Mei 2011 dengan jadwal yang lebih di UK. Tapi secara mengejutkan, pada 29 Maret via saluran resminya, Bayley menyatakan bahwa dia harus berpisah dengan band karena masalah kesehatan dan keuangan. Kemudian mendapatkan masalah besar dengan fakta bahwa Bermudez bersaudara harus sering kembali ke rumahnya di Colombia untuk memperbarui visa mereka. Masalah ini berat tidak hanya dari sudut pandang keuangan dan birotikal, tapi juga secara musik: BBB sering mencari pengganti di menit akhir, seperti Luke dan Chris Appleton dari band UK, Fury atau Dave Matthews yang kemudian masuk ke band live sebagai penyanyi.

Pada 31 Maret 2011, Blaze mengumumkan bahwa dia akan berlanjut bekerja sebagai penampil solo dengan musisi yang berbeda.

Disamping reuni dan rekaman baru dengan Wolfsbane, Bayley memainkan tur solo akustik 2 minggu pada September 2011 dengan sesama gitaris Wolfsbane Jase Edwards plus beberapa gig unplugged di Italia dengan Andrea Neri pada gitar. Cuplikan dari pertunjukan akustik dengan Jase Edwards dapat dilihat di lama YouTube resmi Blaze Bayley.


Pada 2011 Blaze mempersembahkan lagu baru pertama dengan lineup baru, berjudul "Black Country". Pada Februari 2012 Bayley tur Rusia dengan Paul Di'Anno, memulai sebuah rekanan antara dua mantan penyanyi Iron Maiden yang tur sebagai "Blaze vs Paul dan "Double Trouble Tour" pada 2012 dan 2013.

Pada 2012 Bayley merilis album The King of Metal dan pada 2016 merilis Infinite Entangled. "Human" adalah single pertama dan videoklip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...