Laman

Jumat, 27 Mei 2016

ZP THEART




Lahir pada 27 Mei 1975 di Clanwilliam, Weastern Cape Province, Afrika Selatan di Hazyview di Eastern Transvaal, di sebuah ladang pisang dan rambutan, dan dibesarkan oleh ibunya. Kakaknya juga tinggal dengan dia. Namanya “ZP”, bukan namanya, tapi huruf itu adalah inisial kakeknya (yang bernama Zachery Paul). Dia dikenal sebagai mantan penyanyi dari band power metal Inggris DragonForce.


Dia menyatakan bahwa menurut ibunya, pada usia tiga tahun, dia mulai memegang sebuah sendok meja ke mulutnya, seolah-olah itu adalah sebuah mikrofon, dan menyanyi pada apapun yang ada di radio. Dia menyatakan bahwa di masa anak-anaknya, dia mendengarkan para artis seperti Ge Korsten, Carika Keuzankamp dan Rina Hugo, tapi kakaknya mulai memperkenalkannya pada rekaman kaset lainnya yang didapat dari SMA, beberapa diantaranya adalah A-ha, Alphaville, Depeche Mode dan kemudian pada suatu hari, Slippery When Wet milik Bon Jovi, yang menjadi favorit Theart. “Saya suka dia melafalkan kata dan cara dia menulis”, dia berkata dalam sebuah wawancara. Dia kemudian mulai menemukan, dan band-band favorit seperti Motley Crue, Def Leppard, Iron Maiden, Metallica, dan Skid Row. Dia menyatakan bahwa dua favoritnya adalah Bon Jovi dan Skid Row. Selama masa remajanya, Theart menjadi vokalis dan bermain di banyak band. Tak satupun dari mereka menjadi terkenal, tapi salah satunya adalah band asal Pretoria bernama “Santaria”, yang aktif selama akhir 80an dan awal 90an. Tidak diketahui apakah mereka bisa ditemukan secara online, atau apapun. Beberapa anggotanya adalah “drummer saat ini Cold Hand Chemistry, Robert Fick dan mantan gitaris Strider Pierre Goosen dan Stefan Steyn”. Setelah Theart lulus dari SMA, dia pindah ke London, Inggris, mencari ketenaran global, daripada lokal. Pada akhir 1990an, Theart menjadi vokalis band garage/hard rock bernama “Easy Voodoo”. Mereka merilis sebuah demo pada 1999, tapi tidak lama setelah dirilis, Theart meninggalkan band.


Pada akhir 1999, Theart mulai membuat iklan di sebuah studio bernama “Thin Ice Studios”, dan iklannya ditemukan oleh mantan gitaris Demoniac Herman Li dan Sam Totman. Bersama, mereka membentuk sebuah band bernama “DragonHeart”, tapi nama itu kemudian dirubah menjadi “DragonForce”. Mereka merekam sebuah demo pada 2000, dan sebuah album berjudul Valley of the Damned, dirilis pada 2003 di Noise Records. Satu tahun kemudian, album berikutnya dengan band Sonic Firestorm dirilis di label yang sama, dan sebuah tur dunia mengikutinya. Pada 2005, mereka teken kontrak dengan Roadrunner Records, dan Inhuman Rampage dirilis pada 2006, yang akhirnya mendapatkan emas. Pada 2008, album keempat dan terakhir Theart dengan band Ultra Beatdown dirilis, dan pada 2009, tur dunia lainnya mengikuti. Pada 2010, Valley of the Damned dan Sonic Firestorm dirilis ulang dengan DVD bonus yang menampilkan cuplikan live, dan hal lainnya. Kemudian pada tahun itu, Theart meninggalkan band karena “insurmountable differences of musical option”. Dia menyatakan bahwa dia tidak menyesali keputusannya untuk pergi.


Setelah meninggalkan DragonForce, ZP mendirikan bandnya sendiri, I Am I, dimana dia menjadi vokalis utama. Band sejauh ini merilis satu album studio, Event Horizon, yang dirilis dalam format USB dan CD.

Theart juga menyanyi di Shadow Warriors, sebuah proyek sampingan oleh mantan rekan sebandnya di DragonForce Sam Totman selama akhir 90an. Sebelum DragonForce Theart juga secara singkat tergabung dengan band hard rock Easy Voodoo, dan merekam vokal untuk dua lagu album demo Power Quest.


Theart telah bekerja sama dengan band metal Tank sejak 2013, dan pada 2015, dia menjadi anggota resmi. Album pertamanyan dengan band “Valley of Tears”, awalnya direncanakan untuk dirilis pada 9 Juni 2015, tapi kemudian direncakan ulang pada 25 Sepetmber 2015, maka mereka dapat memberi album ini produksi yang lebih baik dan pengerjaan ekstra pada mixing.

Theart juga dipekerjakan oleh Riot Games untuk suara dari Karthus dalam lagu “Deathfire Gasp” dan “Last Whisper” oleh band metal Pentakill.

Pada 13 Februari 2016, Theart tampil sebagai vokalis utama untuk Skid Row.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...